CAKE KUKUS PISANG BERBINTIK



Bismillahirrohmanirrohim
Cukup banyak yang menanyakan kepadaku baik melalui inbox, WA, SMS ataupun komen langsung di blog ini apakah bisa beberapa resep banana cake yang pernah kuposting itu dibuat dengan cara dikukus. Menurutku jawabnya adalah "bisa" tetapi untuk gimana hasil jadinya, aku gak bisa kasih review karena memang biasanya untuk cake yang dipanggang ya aku tidak mencobanya untuk mengukus. Untuk membuat cake kukus, aku memakai resep yang lain lagi. Kebetulan memang keluargaku lebih suka dengan cake yang dipanggang, jadi memang aku jarang juga bikin cake kukus kecuali brownies kukus hehehe.

Kebetulan ada banyak 1 buah pisang ambon di rumah, sisa dari rumah sakit. Pisangnya sudah menghitam kulitnya, tidak menarik hati. Nah...kebetulan banget, bisa diolah menjadi cake pisang. Kali ini aku buat yang versi kukus ya, jadi buat yang ingin membuat cake pisang tapi tidak mempunyai oven bisa mencoba resep yang ini. Resep asli diambil dari Sajian Sedap dan sudah dimodifikasi lagi menyesuaikan selera. Kenapa dinamakan berbintik, karena aku memakai meises yang dicampur di adonan. Meises itu yang bikin berbintik di kuenya. Resep ini ekonomis bahannya, tapi rasanya juga oke.






CAKE KUKUS PISANG BERBINTIK

Bahan :
3 butir telur
50 gr gula pasir
25 gr gula palem
1/2 sdt emulsifier
90 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt kayu manis bubuk
1 buah (100 gr) pisang ambon, lumatkan
60 gr santan kental (aku pakai instan)
50 gr meises

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan, bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi cetakan dengan minyak goreng atau bila memakai loyang, olesi minyak dan alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan kayu manis bubuk. Sisihkan.
3. Kocok gula pasir, gula pasir, gula palem dan emulsifier hingga mengembang.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
5. Masukkan pisang bergantian dengan santan instan. Aduk rata.
6. Masukkan meises, aduk rata.
7. Tuang ke dalam cetakan atau loyang hingga penuh. Kukus dengan api sedang hingga matang.
8. Angkat, biarkan hangat dan keluarkan dari cetakan.




Rasanya enak juga, apalagi ada harum aroma kayu manis dan gula palem. Untuk membuat cake pisang memang aku paling senang menambahkan kayu manis dan memakai campuran gula palem. Kalau lebih suka memakai bumbu spekuk juga bisa kok. Bila tidak suka dengan motif bintik-bintiknya, meises bisa diskip atau bahkan diganti memakai chocochips. Kalau pakai chochocips, taburi chocochips dengan tepung terigu agar tidak tenggelam di dasar loyang dan bisa menyebar cantik di seluruh cake. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja.

Selamat mencoba ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »