BIKA AMBON MINI



Bismilllahirrohmanirrohim
Halo...apa kabar? Akhirnya bisa meluangkan waktu sejenak untuk posting blog lagi. Seperti yang sudah aku ceritakan, kalau akhir-akhir ini memang masih agak repot dengan urusan keluarga jadi acara belajar resep-resep baru sementara libur dulu. Demikian juga dengan Dapur Nays, sementara off sampai waktuku sudah agak longgar. Nah kalau gitu berarti gak masak donk. Alhamdulillah tetap masak yang simpel dan gampang-gampang, tapi udah gak sempat lagi buat foto-fotoin. Selesai masak kan langsung keluar rumah. Jadi ceritanya pergi pagi pulang malam nih hihihi. Alhamdulillah...masih diberi kesehatan ya Aamiin.

Masih dalam rangka penasaran dengan bika ambon, kali ini aku buat yang versi mini. Ceritanya nih terpesona oleh bika ambon buatan teman-teman di grup LBT. Ada beberapa yang membuat dengan memakai cetakan kue lumpur dan hasil seratnya cantik sekali. Penasaran juga kan pengen bisa dan akhirnya aku juga buat. Ternyata membuat bika ambon memakai cetakan kue lumpur tuh harus lebih sabar. Kalau memakai loyang dan dioven, kan kita tinggal menuang adonan di loyang dan mengatur suhu pada oven kita. Kuncinya tentunya mengenali karakter oven kita masing-masing. Kalau memakai cetakan kue lumpur, kita harus sabar menunggu adonannya matang dan dimasak dengan api keciiil. Api yang terlalu besar akan membuat bika ambon mini ini cepat gosong kulitnya tetapi bagian dalam masih belum matang. 




Untuk membuat bika ambon mini, aku memakai resep dari NCC. Untuk 1 resep di bawah ini jadi kurang lebih 28 pcs. Aku membuatnya memakai 2 cetakan kue lumpur, jadi masing-masing hanya memasak 2x saja. Kalau hanya memakai 1 cetakan bisa dibayangkan lamanya berdiri di depan kompor hehehe. Resep bika ambon ini tidak menggunakan mixer, jadi adonan hanya diaduk-aduk saja menggunakan whisker. Untuk waktu fermentasi, minimal selama 2 jam ya, katanya sih semakin lama bisa bagus seratnya. Tadinya sih au pengen membuat yang versi pandan. Udah kebayang bika ambon warna hijau cantik yang harum aroma pandan. Pasta pandannya udah disiapin juga sih tapi ternyata lupa dimasukin...hadeeeh. Resep asli dari NCC bisa dilihat disini

BIKA AMBON MINI

Bahan A :
100 gr tepung terigu protein sedang
200 gr air kelapa segar
11 gr (1 sachet) ragi instan

Bahan B :
16 butir kuning telur
400 gr gula pasir
300 gr tepung sagu tani / tapioka
600 ml santan kental matang
1 sdt garam
1 sdt vanilli bubuk

Cara Membuat :
1. Campur dan aduk rata bahan A. Diamkan selama 15 menit
2. Aduk rata telur, gula pasir, garam dan vanilli. Masukkan bahan A bergantian dengan tepung sagu. Aduk hingga rata.
3. Tuang santan kental matang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Saring dan fermentasikan adonan selama minimal 2 jam.
4. Siapkan cetakan kue lumpur, panaskan dengan api sedang hingga cetakan benar-benar panas, kemudian kecilkan api.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan, biarkan sampai berlubang-lubang baru kemudian tutup. Masak dengan api kecil hingga matang. 
6. Angkat dan siap disajikan

Notes :
- Selain menggunakan cetakan kue lumpur bisa juga menggunakan cetakan muffin atau cetakan oval kecil dan dipanggang dalam oven.
- Jangan menutup cetakan sebelum lubang-lubang kecil terbentuk.
- Adonan yang sudah siap, jangan diaduk-aduk lagi ya cukup buang busa-busa yang ada di permukaan atas adonan.





Tuh liat bika ambonnya sudah berserat tapi memang belum heboh seratnya. Seratnya belum bisa rapat-rapat dan karena kuenya mungil jadi tidak bisa tinggi seratnya. Sepertinya aku kurang lama fermentasinya, karena cuma 2 jam dan suhu udara waktu itu memang agak dingin. Masih penasaran deh aku, ingin membuat bika ambon lagi yang rasa pandan hehehe. 




Selamat mencoba....berkreasi dengan bika ambon yuuk.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
rose
Wednesday, 28 January 2015 at 16:39:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Thursday, 29 January 2015 at 01:07:00 GMT+7 delete

Hai..mbak Rose, maafkan komennya ke klik,tidak sengaja kehapus. Mohon maaf ya mbak.
Untuk bika ambon versi menggunakan oven, bisa dilihat di http://www.catatan-nina.blogspot.com/2014/11/lbt-35-bika-ambon.html ya mbak.
Terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

Reply
avatar
Friday, 5 February 2016 at 21:43:00 GMT+7 delete

air kelapanya bisa pake yg kemasan nggak? seperti minuman air kelapa gitu..

Reply
avatar
Saturday, 6 February 2016 at 04:54:00 GMT+7 delete

Saya kurang tau mba Nunik, selama ini selalu pakai air kelapa asli

Reply
avatar