ASAM-ASAM IGA



Bismillah
Postingan tentang iga lagi !! Tadinya pengen bikin iga penyet lagi karena kebayang nikmatnya nasi hangat dengan iga penyet sambel terasi yang super pedes. Tapi bapak suami tadi request menu yang seger-seger, jadinya harus ganti haluan, iga penyetnya dipending dulu. Sempat mau bikin rawon iga aja, kan enak juga tuh dinikmati anget-anget pas musim hujan gini. Akhirnya aku putuskan bikin asam-asam iga aja. Pagi-pagi udah hunting belimbing wuluh ke tukang sayur, ternyata dari 3 tukang sayur yang aku samperin pada gak bawa belimbing wuluh. Yaa..udah deh, gak usah pakai belimbing wuluh, gantinya aku pakai air asam jawa dan tomat hijau aja. 

Asam-asam iga ini paling enak kalau dimasak super pedas. Tapi seperti biasanya, aku masak gak bisa terlalu pedas karena pasti anak-anak ikut makan juga. Mau bikin masakan yang beraneka ragam juga akunya udah malas dan itu bisa bikin aku umek di dapur seharian donk hihihi. Monggo kalau yang ingin mencoba bikin juga asam-asam iga di rumah. Resep diadaptasi dari Sajian Sedap dan disesuaikan dengan selera keluargaku.




ASAM-ASAM IGA

Bahan :
750 gr iga sapi
2 liter air
2 cm jahe, iris
2 batang serai, iris
1 helai daun salam
5 helai daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt gula merah, sisir halus
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
3 sdm air asam jawa
10 cabe rawit
3 buah tomat hijau, belah
1 batang daun bawang, potong-potong

Bumbu :
3 buah cabe merah, potong jadi 2
7 siung bawang putih, memarkan
5 butir bawang merah, memarkan
2 cm kunyit
---> bakar semua bahan atau bisa juga disangrai

Cara Membuat :
1. Didihkan air, masukkan iga sapi, jahe, serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Rebus di atas api kecil hingga harum.
2. Masukkan bumbu bakar, gula merah, garam, gula pasir dan merica bubuk. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga iga empuk.
3. Masukkan air asam jawa, cabe rawit dan tomat hijau, lanjutkan memasak hingga bumbu meresap.
4. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang.
5. Angkat dan sajikan hangat.

Alhamdulillah nikmat sekali disajikan ketika masih hangat. Rasanya gurih, asam dan pedas. Menu ini cocok sekali jadi hidangan di saat cuaca sering hujan seperti ini. Bagiku memang lebih mantap kalau memakai belimbing wuluh, tapi dengan memakai air asam jawa dan tomat hijau seperti ini juga enak kok.




Selamat mencoba...Happy cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »