SOTO DAGING



Bismillah...
Haloo...maafkan ya kalau postingan kali ini masih seputar daging dan kawan-kawannya. Kebetulan pas masak foto daging beberapa waktu yang lalu, iseng-iseng difoto nih sotonya. Jadi walau fotonya masih standar banget, gak apa-apa ya dijadikan postingan sekalian. Siapa tau bisa jadi salah satu inspirasi memasak di rumah.
Sebenarnya ini soto daging biasa, sepertinya udah banyak juga yang sering bikin soto daging di rumah, ya kaan. Soto daging sendiri ada yang versi bening dan bersantan. Kalau yang versi bening, yang ditonjolkan adalah kuah kaldunya yang gurih. Untuk membuat kuah kaldu yang enak dan gurih, tentunya dibutuhkan daging yang lumayan juga jumlahnya. Sedangkan soto daging bersantan, rasa gurihnya selain didapat dari kaldu juga didapatkan dari santannya donk. Mana yang lebih enak? Kalau aku sih suka keduanya hehehe...apalagi kalau tinggal makan aja tanpa harus masak dulu >_<

Kali ini aku bikin soto daging yang bersantan aja. Biasanya soto daging juga dipadukan dengan jerohan sapi, misalnya paru, babat, iso ataupun usus. Aku sih bikinnya dari full daging aja, karena memang kurang suka dengan soto yang isiannya jerohan. Setiap membuat soto daging ada tambahan rempah yang biasa aku masukkan, yaitu cengkeh dan kayu manis. Beneran lho...ini bikin tambah sedap. Jangan dibayangkan ada aroma kayu manis di kuah sotonya, tapi tetap kerasa beda dengan yang tanpa kayu manis dan cengkeh. Cobain deh...siapa tau sesuai dengan selera. Aku masaknya juga tidak memakai terlalu banyak santan, jadi kuahnya juga masih terlihat agak encer. Biasanya kalau bikin soto daging, aku tambahkan juga sedikit kecap manis selama proses memasak. Menurutku ini juga bikin tambah enak lho. Kecap manisnya gak usah banyak-banyak, karena nanti juga biasanya ditambahkan lagi kecap ketika akan menikmati soto daging ini. 







SOTO DAGING

Bahan :
500 gr daging sapi has dan tetelan (bisa memakai jerohan)
2 liter air
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
5 helai daun jeruk, buang tulang daunnya
2 ruas lengkuas, memarkan
5 cengkeh
1 batang kayumanis (kurang lebih 5 cm)
2 sdm kecap manis 
200 ml santan
garam dan gula pasir secukupnya
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kunyit, bakar
1/2 sdt ketumbar, sangrai
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt merica butiran

Pelengkap :
seledri, iris halus
tauge pendek
jeruk nipis
emping atau kerupuk udang
kecap manis
telur rebus (aku pakai telur asin)
sambal
bawang goreng

Cara Membuat :
1. Rebus daging dalam air hingga mendidih dan daging setengah empuk, buang kotoran kaldunya dan saring hingga sebanyak 1500 ml. Potong-potong daging, dan rebus kembali bersama air kaldu.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas dan daun jeruk. Tumis hingga harum dan matang.
3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Masukkan cengkeh, kayu manis dan bumbui dengan garam serta gula pasir.
4. Masak hingga daging empuk kemudian tuang santan. Masak kembali sambil diaduk-aduk hingga meresap.
5. Tambahkan kecap manis dan koreksi rasa.
6. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang.
7. Matikan api dan siap disajikan hangat beserta pelengkap

Notes :
- Ada pula yang menambahkan potongan tomat sesaat sebelum diangkat, atau bisa juga disajikan potongan tomat sebagai pelengkap. Kalau tadi aku gak pakai karena tomatnya habis dibuat smoothies heheheh.
- Sambal untuk soto biasanya dibuat dari cabe rawit yang direbus kemudian dihaluskan dengan sedikit garam. 





Aneka soto memang selalu jadi favorit keluargaku, termasuk soto daging ini tentunya.
Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »