SAMBEL BAWANG ALA BU RUDY



Bismillahirrohmanirrohim
Udah pada tau kan tentang dasyatnya sambel bawang bu Rudy? Sambel bawang ini terkenal karena pedasnya yang bikin nangis dan nagih hihihi. Lha gimana gak nangis, wong sambelnya pedes banget. Tapi biar pedes banget, sambel bawang bu Rudy emang bikin nagih karena sedeep banget. Bu Rudy ini membuka sebuah toko oleh-oleh sekaligus resto di daerah Dharmahusada Surabaya. Yang paling nge-hits tentu saja sambel bawang dan udang crispy-nya. Sambel bawangnya bisa dibeli terpisah, bisa juga dibeli per paket dengan udang crispy. Selain sambel bawang, tersedia juga sambel ijo dan sambel terasi, walau tetap aja yang paling beken sambel bawangnya ya. Selain udang crispy, tersedia juga aneka lauk lainnya, misalnya ikan crispy, bandeng presto, bandeng asap dan lain-lain. Banyak banget deh varian oleh-oleh disana.
Di bagian belakang dari toko tersebut, kita bisa menikmati aneka menu rumahan ala bu Rudy. Harganya juga cukup terjangkau dan pilihan menunya juga lumayan banyak. Buat yang penasaran dan belum pernah ke bu Rudy...jangan lupa kalau ke Surabaya mampir yaa. 

Beberapa waktu yang lalu, mbak Rina Rinso posting tentang resep sambel bawang ala bu Rudy. Udah banyak yang nyobain dan testi-nya miriip banget dengan versi aslinya. Penasaran juga donk pingin bikin, apalagi bahan-bahannya gampang banget kok. Ternyata menurut mbak Rina, kuncinya adalah perbandingan pemakaian bawang dan cabe rawit adalah 1:1. Bahan lainnya yaitu garam, gula pasir, kaldu dan tentu saja minyak goreng, menyesuaikan dengan selera.





SAMBEL BAWANG ALA BU RUDY

Bahan :
250 gr bawang merah
250 gr cabe rawit 
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdm kaldu bubuk (pakai yang non MSG)
200 ml minyak goreng

Cara Membuat :
1. Cuci bersih cabe rawit dan bawang merah yang telah dikupas.
2. Panaskan minyak, goreng bawang merah dan cabe rawit. Bawang dan cabenya diutuhin ya, jangan dipotong-potong. Goreng hingga harum.
3. Uleg kasar bawang dan cabe, tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk rata.
4. Goreng sekali lagi hingga minyak berwarna coklat kemerahan. 
5. Angkat dan dinginkan.

Notes :
- Gunakan cabe rawit warna merah, hijau dan orange. Banyakin warna hijau dan orange-nya ya.
- Jangan menguleg terlalu halus, cukup uleg kasar.
- Setelah dingin, sambel bisa disimpan dalam wadah kedap udara. 




Beneran pedees banget sambelnya. Udah mirip lah sama sambel bu Rudy dan itu yang bikin suamiku sempat nyuruh aku untuk jualan sambel aja huhuhu. Kaya akunya udah kebanyakan bengong aja ya disuruh jualan sambel.
Nasi putih hangat, ikan wader crispy, lalapan plus sambel bawang....masya Allah...nikmatnya.

Selamat mencoba ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

15 komentar

komentar
yani
Friday, 31 October 2014 at 08:54:00 GMT+7 delete

Hai mba... bikin laper ni liat sambalnya.. pingin nyoba.. makasih..

Reply
avatar
Friday, 31 October 2014 at 10:24:00 GMT+7 delete

Saya juga mau coba bikin ah, soalnya saya suka bgt sambel Bu Rudy dan sambel Bhek dari Surabaya. Lumayan kalau bisa bikin sendiri, nggak harus import dari kotanya ^_*.
Terima kasih sharingnya

Reply
avatar
Wednesday, 5 November 2014 at 07:54:00 GMT+7 delete

Bunda nina, saya sudah eksekusi sambalnya. Awalnya sebelum digoreng ke 2 warnanya kok puyeh gitu, terus digoreng lama2 keluar warna seperti punya Bunda itu, karena saya tambahi gula merah alhasil Jadi kehitaman,saya tambahin rebon juga. Rasanya mantap! Cuma ini terlalu kering,tidak seperti punya Bunda yg berminyak.anyway..makasih resepnya ya Bunda.sehat dan sukses selalu.

Reply
avatar
Sunday, 9 November 2014 at 21:20:00 GMT+7 delete

monggo dicobain mbak Yani, mbak Rina. Lumayan banget bisa buat tombo kangen ama sambel bu Rudy

Reply
avatar
Sunday, 9 November 2014 at 21:21:00 GMT+7 delete

Hmm....tambah rebon pasti enak tuh mbak, tambah gurih. Bisa juga ditambahkan ebi. Mantap deh.
Aamiin ya Rabb untuk doanya, makasih ya mbak Ina

Reply
avatar
Sunday, 14 December 2014 at 04:19:00 GMT+7 delete

Manteps nih resepnya. Aku belum pernah buat sambel selama bisa masak. Gak tau kebayang repotnya ngulek, lebih praktis beli yang udah jadi (ya iya lah...)

Kalo disimpen di wadah kedap bisa tahan berapa lama mbak? Mesti di kulkas kah?

Reply
avatar
Wednesday, 17 December 2014 at 21:53:00 GMT+7 delete

bisa sih gak disimpan di kulkas, tapi saya gak tau bisa sampai berapa lama. Apalagi ini tanpa pengawet, lebih baik disimpan di kulkas dalam wadah tertutup

Reply
avatar
Sunday, 4 January 2015 at 14:30:00 GMT+7 delete

hai mbak..saya tertarik dengan salah satu bahan yang mbak pakai. Kaldu tanpa msg. Maksudnya kaldu yang dibuat sendiri kah? Atau memang ada jenis kaldu yang dijual tanpa msg?
Terima kasih.

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 20:08:00 GMT+7 delete

Goreng cabai Dan rawitnya yang pertama Kali minyaknya banyak atau sedikit? Apinya?
Dan ketika goreng yang kedua kalinya, minyaknya seberapa banyak? Apinya besar atau kecil?

Reply
avatar
Sunday, 12 April 2015 at 20:47:00 GMT+7 delete

mbak nina...
makasii resepnya uda ike duplikasi niiii :)

kalo ike suka ditambahi trasi dan petis ikan khas Tuban-jawa Timur

ini nii hasil punya ike http://bundaavail.com/resep-sambel-bu-rudy-kuliner-surabaya-by-bundaavail-com/

Reply
avatar
Friday, 21 August 2015 at 06:54:00 GMT+7 delete

Mba nina, punyaq kok digoreng yg kedua malah kering ya? Pdhl minyaknya uda banyak. Biar ga kering gimana ya?

Reply
avatar
Wednesday, 7 October 2015 at 11:24:00 GMT+7 delete

Makasih resepnya ya mba nina.. Bsk mau coba bikin temannya sayur lodeh pasti puolll mantap 😄😉

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 8 December 2015 at 11:29:00 GMT+7 delete

Seumur2 gak pernah bkin sambel mba.. soalnya gak kuat makan pedes nih perutnya.. tp karna dirumah ada tukang lg renov rumah, jadi mau gak mau bikin sendiri deh.. mo mnta tlg mama gak bisa krn jauh.. Untung ada resepnya mba nina, 1st sambel nih hehehhe... smoga nanti makan siang pd suka..
Makasih ya mba resepnya, sukses dan sehat selalu :)

Bella

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 24 October 2016 at 16:51:00 GMT+7 delete

Kok sambal bawang nya hitam y...setahu saya sambel bawang bu rudi gak sehitam itu, maaf

Reply
avatar
Monday, 24 October 2016 at 20:38:00 GMT+7 delete

pastinya gak bisa seperti bu rudi dear, saya mah apa lah masih belajaran. Warna lebih gelap karena memang saya pakai cabe yang warnanya lebih banyak merah tua, harusnya pakai yang warna orange ^^

Reply
avatar