SAMBALADO PARU



Bismillah...
Jangan bosen dulu ya kalau lagi-lagi postingan masakannya gak jauh-jauh dari yang berbahan daging dan kawan-kawannya. Maklum masih dalam rangka menghabiskan sisa stok daging di freezer, jadinya sering diolah menjadi masakan sehari-hari. Biar gak bosen, tiap hari gantian deh. Kalau sekarang bikin daging, besoknya mengolah jerohan, lusa mengolah iga atau balungan hehehe. Ntar kalau udah mentok, kembali lagi ke ikan atau ayam. Kalau tahu tempe dan sayur sih teteup tiap hari hihihi.

Kali ini aku mengolah paru menjadi sambalado paru. Tau kan yang namanya sambalado tuh enaak banget dan gampang dipadukan dengan aneka bahan, misalnya ikan, ayam, telur, terong, kentang, teri dan tentu saja jerohan. Bikinnya gampang dan cepat, tinggal ulek-ulek sebentar, tumis dan campur dengan bahan, jadi deh menu sambalado yang menggugah selera. Karena aku pakai paru, jadi harus direbus dahulu agar empuk. Biar gak kelamaan masaknya, dari semalam aku sudah rebus parunya jadi keesokan pagi tinggal mencampurkan dengan bumbu dan siap jadi menu makan siang.








SAMBALADO PARU

Bahan :
500 gr paru, iris tipis atau potong dadu kecil
---> rebus paru dengan sedikit garam dan merica bubuk hingga lunak, tiriskan.
2 helai daun salam
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
minyak goreng

Bumbu Tumbuk Kasar :
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
15 cabe merah atau cabe keriting
8 cabe rawit atau sesuai selera
2 ruas jahe

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, goreng paru yang sudah direbus hingga berubah warna. Jangan terlalu lama menggorengnya agar tidak kering. Angkat dan tiriskan.
2. Ambil sekitar 100 ml minyak bekas menggoreng paru, gunakan untuk menumis bumbu tumbuk kasar. Masukkan daun salam dan serai, tumis hingga matang dan harum serta berubah warna.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
4. Masukkan paru goreng, aduk rata dan nyalakan api kembali. Masak sebentar sambil diaduk perlahan agar bumbu meresap dan bumbu tercampur rata.
5. Angkat dan siap disajikan.

Notes :
- Bisa ditambahkan sedikit kecap manis untuk menambah cita rasa 
- Gunakan minyak yang agak banyak untuk menumis bumbu tumbuk kasar agar rasa sambalado lebih nikmat. Tumis hingga benar-benar matang agar rasanya tidak langu.




Dinikmati dengan nasi hangat, dilengkapi dengan rebusan daun singkong...Alhamdulillah nikmat sekali. Kalau mau dipadukan dengan sayur asem atau bening bayam juga enak kok.
Monggo dicoba...semoga sesuai dengan selera keluarga.

Happy cooking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
Saturday, 10 October 2015 at 06:05:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum Nina,

Resepi Nina nampaknya sangat sedap. Nanti saya cuba. Terima kasih.

Reply
avatar
Thursday, 30 March 2017 at 14:13:00 GMT+7 delete

mbak pas goreng parunya itu meletup-letup engga yaa??tips nya apa supaya engga meletup-letup?

Reply
avatar