PUTU AYU LABU KUNING





Bismillah...
Kali ini aku buat putu ayu labu kuning untuk camilan keluarga. Menghabiskan sisa frozen pure labu kuning sekalian beres-beres kulkas nih ceritanya. Tadinya pengen bikin cake labu kuning, tapi pas liat cetakan-cetakan plastik yang bisa dibuat putu ayu, langsung deh ganti haluan hehehe. Setiap membuat putu ayu, aku selalu ingat dengan almarhum tanteku yang dulu suka banget bikinnya. Waktu aku kecil dulu, setiap mudik sering membantu beliau membuat putu ayu ini. Bantuinnya sebatas menata kelapa parut di dasar cetakan sih dan tentu saja bantuin ngabisin. 

Resep putu ayu labu kuning ini aku lihat di salah satu blog inspiratif, yaitu milik mbak Diah Didi. Terima kasih sharing resepnya ya mbak. Recomended untuk dicoba karena memang enak banget. 

PUTU AYU LABU KUNING

Bahan :
4 butir telur
100 gr gula pasir
1 sdt emulsifier (SP)
100 gr tepung terigu protein sedang
150 gr labu kuning kukus, haluskan
100 ml santan kental
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
1 butir kelapa parut dan kukus sebentar dengan sedikit garam

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak dan beri parutan kelapa didasarnya sambil dipadatkan. Sisihkan. Panaskan kukusan berisi air hingga mendidih.
2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental, masukkan garam dan vanili bubuk. Kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata. Bisa juga diaduk menggunakan spatula.
4. Masukkan santan dan labu kuning halus. Aduk rata menggunakan spatula.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 15 menit. 
6. Angkat dan keluarkan dari cetakan.






Putu ayunya lembut dan aku suka dengan warnanya yang cantik, kuning alami. Mungkin bisa menjadi salah satu alternatif isian snack box ya atau sekedar cemilan untuk keluarga. Pengennya sih bikin juga putu ayu ubi ungu dan putu ayu ketan hitam. In shaa Allah

Selamat mencoba ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »