PUDING MARMER ROTI TAWAR



Bismillahirrohmanirrohim
Kebetulan di rumah masih ada sisa roti tawar. Namanya juga sisa, jadi jumlahnya memang cuma 3 lembar. Biasanya kalau sisanya masih lumayan banyak, aku olah lagi menjadi bread pudding atau roti goreng isi. Karena ini sisanya cuma 3 lembar, males banget ya kalau mau bikin bread pudding atau roti goreng isi. Pengennya sih gak usah nyalain oven, gak usah nangkringin kukusan di kompor, gak usah ngeluarin wajan, tapi tau-tau udah jadi aja olahan roti tawarnya. Kalau ini sih karna pemalas kayanya huhuhu.

Karena pengennya yang praktis dan anti ribet, akhirnya aku bikin puding marmer roti tawar. Gampang banget, tinggal aduk-aduk seperti membuat puding biasa, dinginkan dan puding siap dinikmati. Terinspirasi oleh postingan Mbak Citra - Ummu Fatima, matur nuwun ya Umm. Resepnya kusesuaikan dengan bahan yang ada dan selera keluarga. 




PUDING MARMER ROTI TAWAR

Bahan :
1 bungkus agar-agar (7 gr), plain
3 lembar roti tawar, potong-potong
300 ml susu cair
400 ml air
130 gr gula pasir (atau sesuai selera)
1 sdt vanilla
1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas hingga membentuk pasta
(bisa juga pakai pasta coklat)

Cara Membuat :
1. Blender potongan roti tawar bersama susu dan air hingga lembut, kemudian tuang ke dalam panci.
2. Tambahkan agar-agar bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata.
3. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Adonan akan mengental.
4. Matikan api, biarkan uap panasnya hilang dan beri vanilla. Aduk rata.
5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri larutan coklat. Aduk rata.
6. Tuang 1/2 adonan putih ke cetakan yang sudah dibasahi air matang, beri 1/2 adonan coklat dan buat motif marmer dengan menggunakan sumpit. Tuang kembali sisa adonan putih dan beri sisa adonan coklat. Buat motif marmer kembali.
7. Diamkan puding hingga mengeras kemudian dinginkan di dalam lemari es. 






Nah... kemarin itu aku salah tuang, jadi adonan malah kutuang duluan hehehe. Gara-gara ngantuk nih, karena bikin pudingnya memang malem-malem. Jadi harap maklum kalau penampilannya jadi berantakan gini. 
Pudingnya lembut, mirip dengan puding kentang. Alhamdulillah anak-anak juga suka, jadilah puding ini cepat ludesnya. Recomended untuk dicoba...


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Wednesday, 14 January 2015 at 19:50:00 GMT+7 delete

Puding yang menggugah selera. Ngintip resepnya ya... btw mampir ke www.sampuru.blogspot.com yuuk...makasih.

Reply
avatar
iin
Monday, 9 March 2015 at 15:42:00 GMT+7 delete

walaupun salah tuang tapi tetep menarik mb,,, kalo susu di ganti santan gmn mb???

Reply
avatar
Wednesday, 11 March 2015 at 21:31:00 GMT+7 delete

kalau diganti santan, takutnya ada lapisan yang terpisah mbak Iin, eh..tapi saya belum pernah nyoba juga sih hehehe

Reply
avatar
Friday, 19 June 2015 at 14:19:00 GMT+7 delete

pke susu coklat bisa gk bund... cz gk ada susu pth

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 07:10:00 GMT+7 delete

bisa Jene, tapi ntar gak bisa dibuat motif yaa

Reply
avatar
Monday, 10 August 2015 at 13:06:00 GMT+7 delete

Dituangnya tunggu yg lapisan bawahnya agak mengeras gak? Takut warnanya kecampur jadi tak cantek lagi. Makasig
H

Reply
avatar
Monday, 10 August 2015 at 13:07:00 GMT+7 delete

Dituangnya tunggu lapisan bawahnya mengeras dulu gak? Kalo sama2 encer apa gak jadi tercampur warnanya jadi coklat muda...makasih

Reply
avatar
Thursday, 13 August 2015 at 21:27:00 GMT+7 delete

gak perlu mbak, karena adonannya cukup kental

Reply
avatar
Saturday, 15 August 2015 at 12:23:00 GMT+7 delete

Iya...udah kucoba, gak nyampur...enaakk....makasih yaa mbaakkk

Reply
avatar