PIE BROWNIES



Bismillahirrohmanirrohim
Bikin brownies lagi !! Kayanya kalau kupikir-pikir, postingan di blog ini semakin gak kreatif aja deh huhuhu. Baru kemarin posting snickers brownies eeeh....sekarang udah muncul lagi cerita tentang brownies. Sama tuh kaya cerita tentang daging sapi dan teman-temannya itu ya hiiks. Tapi ya memang ini yang lagi terjadi di dapurku akhir-akhir ini, list resep yang pengen dicobain boleh menumpuk tapi ternyata eksekusinya entah kapan. Akhirnya balik lagi deh ke eksekusi resep yang sekiranya paling simpel tapi disukai keluarga. Harap maklum yaaa...semoga belum bosen mampir disini hehehe. 

Kebetulan beberapa waktu yang lalu mengerjakan pesanan pie susu. Untuk crust pie-nya sengaja aku lebihkan karena ingin membuat pie brownies ini. Resep crust pie sudah beberapa kali juga aku sharing, bisa dilihat di postinganku tentang "Pie". Ada resep crust pie yang menggunakan telur dan ada juga yang hanya menggunakan air es. Aku lebih sering memakai resep yang hanya memakai air es. Eh...ada lagi resep crust pie yang menggunakan metode ala sus, tapi itu belum aku posting sih. Ntar yaa....harus ngubek-ngubek foto di memory card dulu karena belum diedit hihihi...biasaa...pemalas banget deh. Untuk membuat pie brownies ini, bisa menggunakan resep brownies favorit. Kali ini aku menggunakan resep brownies yang beberapa waktu lalu sempat happenin' di grup, yaitu brownies 1/2 kilo milik teh Nicke DKania Hoesein. Udah pada tau kan resepnya. Aku baru kali ini nyobain, karena penasaran dengan tekstur browniesnya. Dinamakan brownies 1/2 kg karena memang di resepnya serba 500 gr. Aku hanya membuat 1/2 dari resep aslinya. Pie browniesku ini tidak muncul lapisan shiny crustnya ya. Sepertinya karena suhu yang kupakai kurang tinggi. Maklum aja, ngovennya bareng pie susu hihihi. Kagak mau rugi gas ini ceritanya >_<

PIE BROWNIES

Bahan Crust Pie :
500 gr tepung terigu protein sedang
300 gr margarin
2 sdm gula pasir halus
1/2 sdt garam
10-12 sdm air es

Cara Membuat Crust Pie :
1. Siapkan cetakan pie, oles tipis dengan minyak atau margarin. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, gula pasir halus, garam dan margarin. Aduk rata dengan menggunakan pisau pastry atau garpu hingga berbulir-bulir.
3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, sambil diaduk memakai sendok kayu. Hentikan penambahan air apabila adonan sudah bisa dipulung dan tambahkan lagi apabila adonan dirasa masih kering.
4. Cetak adonan di cetakan pie dan siap digunakan.

Bahan Brownies :
4 butir telur
250 gr gula pasir halus
250 gr DCC (dark cooking chocolate), lelehkan
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr coklat bubuk
125 gr butter, lelehkan 
125 gr minyak 

Cara Membuat Brownies :
1. Kocok telur dan gula hingga gula larut.
2. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak. Aduk rata.
3. Masukkan DCC leleh, butter leleh dan minyak. Aduk rata dan jangan overmix ya, cukup hingga adonan tercampur rata.
4. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Panaskan oven 180'C. Tuang adonan brownies ke atas crust pie.
2. Panggang hingga matang, waktu pemanggangan tergantung dari ukuran pie ya.
3. Angkat dan dinginkan baru dikeluarkan dari cetakan.






Pie browniesnya polosan aja yah, tanpa topping sama sekali. Lebih oke kalau pakai topping pastinya, misalnya saja almond slice, chocochips, oreo atau chocolate button. Dipadukan dengan cream cheese ala cheese cake brownies kayanya enak banget. Aku belum pernah bikin juga sih, next project yaa. 

Brownies 1/2 kg yang kubuat ini teksturnya lebih cakey, enak juga kok. Tekstur aslinya seperti apa aku juga belum tau, btar deh nanya-nanya testimoni teman-teman yang sudah pernah nyoba bikin. 
Menurutku ini salah satu resep brownies yang recomended untuk dicoba. Ternyata cocok banget dipadukan dengan pie. Renyah dan gurihnya kulit pie dipadukan dengan brownies yang nyoklat...yummy.

Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

17 komentar

komentar
Anonymous
Wednesday, 29 October 2014 at 10:41:00 GMT+7 delete

aduh mba, yg snicker brownies aja blm di eksekusi, yg ini udah ada lagi pie brownies.... jadi biking ngiler... slurp...

Reply
avatar
Wednesday, 19 November 2014 at 16:31:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum mba, saya Nurul dari Batam.. mau nanya ini hhe, untuk ukuran pie yg mba pakai itu waktu mengovennya brp lama ya mba? Terimakasih sebelumnya mba Nina :)

Reply
avatar
Thursday, 20 November 2014 at 10:34:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak Nurul...kurang lebih 30-40 menit ya mbak, tergantung dari masing-masing oven yang dipakai.

Reply
avatar
Thursday, 20 November 2014 at 11:46:00 GMT+7 delete

ok terimakasih banyak ya mba atas jawabannya, mau langsung coba saya, semoga hasilnya cantik seperti punya mba ^_^

Reply
avatar
Friday, 21 November 2014 at 10:14:00 GMT+7 delete

Mbak Nina thanks banget resep resepnya ....aku dah coba bikin beberapa resep dari blog mbak....dan ...enyaaaak....sekali thanks..

Reply
avatar
Tuesday, 25 November 2014 at 21:26:00 GMT+7 delete

saya belinya sih di pasar mbak Darrell, di toko alat rumah tangga. Di TBK biasanya juga ada kok

Reply
avatar
Tuesday, 25 November 2014 at 21:27:00 GMT+7 delete

Terima kasih mbak Hanif sudah berkunjung ke blog saya dan mencoba resepnya. Sukses terus ya mbak...Barakallah

Reply
avatar
Wednesday, 18 March 2015 at 20:20:00 GMT+7 delete

Assalammualaikum mba nina
mba ini pie crustnya dimasak duluan,baru dicampur adonan brownies atai dimasak barengan ya? Tks

Reply
avatar
Wednesday, 18 March 2015 at 21:33:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak Irste
kalau memakai cetakan pie yang kecil seperti yang saya pakai ini, pie crustnya langsung dituang adonan brownies dan langsung dipanggang barengan.
Tapi kalau memakai cetakan brownies yang besar, misal diameter 18 atau 20 cm, crust pie harus dipanggang dulu hingga setengah matang, baru dituang adonan brownies dan lanjutkan memanggang hingga matang.

Reply
avatar
Saturday, 28 March 2015 at 02:08:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum.. mba nina, knp yaa setiap kali sy bikin kulit pie, pas dipanggang pasti turun (gak sesuai sama cetakan/bantet) padahal sdh sesuai resep dan cara membuat..

Reply
avatar
Monday, 30 March 2015 at 22:26:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak Hesty
kulit melorot bisa jadi karena ketika mengoles cetakan dengan minyak / margarin terlalu tebal. Kulit pie kan banyak mengandung minyak juga dari margarin atau butter yang dipakai, jadinya melorot deh

Reply
avatar
Sunday, 11 October 2015 at 23:15:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum mba .. aku udah coba pie brownies nya 3x lhoo , hihihi .. tp percobaan 2x terakhir ini kok kulit pie nya kayak ada endapan minyak ya .. bisa tolong bantu gak mba .. sebelumnya makasih yaa resep nya endeeess

Reply
avatar
Wednesday, 3 February 2016 at 18:40:00 GMT+7 delete

mbak nina, jadi kalau nggak shiny itu berarti kurang panas ya hi hi hi, kemarin coba pie brownies mini resep mbak nina yang satu lagi berhasil shiny lohh, lah kok pake yang ini tiba2 ndak shiny hikssss. aku juga coba setengah resep tadi

Reply
avatar
Tuesday, 27 September 2016 at 09:28:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Nina. Saya mau tanya kalau cetakan yang saya miliki terbatas, apakah adonan brownies bisa didiamkan sambil menunggu kue yang dipanggang matang? Terimakasih.

Reply
avatar
Tuesday, 27 September 2016 at 22:29:00 GMT+7 delete

Bisa banget mbak, karena brownies kan memang aslinya kue bantat hehehe

Reply
avatar
Thursday, 3 November 2016 at 23:36:00 GMT+7 delete

Aslm. Malam mba...
Salam kenal mba...
Baru kelar ni mba eksekusi resep pie brownisnya mba... Waahh ternyata 1/2kg jadi buanyak buanget.. Sampe pegel nyetaknya hehehehehhe... Tapi saya lupa gak masukin minyak ke adonan brownisnya jadinya lengket dan padet banget, trz adonan brownisnya kyk mau mengeras gt, ap krn aku pake coklat compound y? Dcc itu kan sama dg coklat compound ato beda?
Tp emang nyoklat bgt,,, mantap mba..

Reply
avatar