LBT #34 LAMINGTON CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
LBT #34 ini temanya adalah Lamington Cake. Udah telat banget ngumpulin PR LBT kali ini, tapi tetap maksa ngumpulin hehehe. Sebenarnya bulan lalu sudah pernah bikin lamington cake, jadi akunya santai-santai aja. Ternyata...oh ternyata..memory card yang ada foto lamington cake rusak. Sama sekali gak bisa kebuka dan banyak sekali foto yang hilang. Sedih banget karena di memory card itu banyak juga foto keluarga yang belum sempat aku pindah ke laptop huhuhu. Akhirnya...aku harus bikin lamington cake lagi untuk tema PR LBT bulan ini.

Lamington cake adalah adalah salah satu kue populer yang berasal dari Australia. Kue ini biasanya berukuran kecil, dilapisi dengan coklat coating dan ditaburi dengan kelapa parut. Lamington cake menggunakan spongecake atau buttercake yang lembut sebagai base cakenya. Ada juga lamington cake yang disajikan dengan ditumpuk dan dioleskan cream atau selai sebagai fillingnya. Pada perkembangannya, lamington cake ada juga yang berbentuk bola-bola, potongan kue besar, finger dan aneka bentuk lainnya. 

Konon lamington cake ini ditemukan secara tidak sengaja yaitu ketika salah seorang chef yang melayani Lord Lamington dari Queensland membuat kesalahan di dapur. Ketika itu, chef tersebut secara tidak sengaja menjatuhkan potongan kue ke dalam lelehan coklat. Agar kue yang terkena coklat leleh tersebut tidak mengotori tangan, maka kue tersebut diberi taburan kelapa parut. Ternyata Lord Lamington sangat menyukai   kue tersebut. Pada akhirnya lamington cake tidak hanya populer di Queensland, tapi sudah menjadi salah satu ikon kuliner Australia yang sangat terkenal. Di Amerika, Afrika Selatan serta New Zealand, lamington cake juga sangat digemari. 




Awalnya aku ingin membuat red velvet lamington cake tapi ternyata stok coklat bubuk yang aku punya terlalu pekat warnanya. Seharusnya untuk membuat red velvet, menggunakan coklat bubuk yang berwarna coklat kemerahan agar warnanya cantik. Akhirnya ganti haluan, aku memakai basecake lapis surabaya ekonomis yang menggunakan metode all in one. Untuk coating coklatnya, aku memakai resep ganache ekonomis. Sebenarnya gak bisa disebut ganache juga sih, bisa diprotes orang Prancis yang menemukan ganache hehehe. Ganache sebenarnya wajib menggunakan whipcream dan cooking chocolate sebagai bahan utamanya. Sebagai bahan tambahan bisa menggunakan madu atau unsalted butter. Nah...yang disebut ganache ekonomis ini tidak memakai whipcream baik whipcream bubuk atau cair tetapi menggunakan susu cair. Ganache ekonomis ini mirip sekali dengan coklat coating dan bisa digunakan juga sebagai filling.
Eehh...kok malah panjang lebar ngomongin ganache ya heuheuheu. Nulis resep lamington cake dulu aja deh...




LAMINGTON CAKE

Bahan :
8 butir kuning telur
6 butir putih telur
165 gr tepung terigu protein rendah
20 gr susu bubuk full cream
10 gr maizena
125 gr gula pasir
75 ml susu cair
1/2 sdt vanilla susu bubuk
150 gr butter leleh
1 sdt coklat bubuk
--> beri sedikit air panas dan aduk rata hingga berbentuk pasta, dinginkan.
atau bisa juga memakai pasta coklat siap pakai 

Lapisan Coklat :
100 ml susu cair
200 gr dark cooking chocolate, cincang
2 sdm unsalted butter atau bisa diganti madu

Taburan :
100 gr kelapa kering siap pakai

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan 2 loyang ukuran 20x20 cm. Oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali sisihkan. 
2. Kocok semua bahan cake kecuali butter hingga mengembang dan kental berjejak.
3. Masukkan butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian, beri satu bagian dengan coklat. Aduk rata.
5. Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Angkat dan dinginkan.
6. Lapisan coklat : panaskan susu cair, tidak usah sampai mendidih cukup hingga terlihat gelembung-gelembung kecil. Matikan api dan masukkan coklat cincang. Aduk rata hingga coklat leleh dan teksturnya lembut. Masukkan unsalted butter, aduk rata. Siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Potong-potong cake, rekatkan bagian kuning dan coklat dengan mengoleskan lapisan coklat tipis saja. Bisa juga menggunakan selai atau buttercream.
2. Celupkan potongan cake ke dalam lapisan coklat hingga rata kemudian beri taburan kelapa parut. Lakukan hingga habis.





Ternyata lamington cake itu enak banget ya. Cake dengan lapisan coklat dipadukan dengan kelapa kering yang gurih membuat rasanya menjadi unik. Lamington cake ini nikmat sekali bila disajikan dalam keadaan dingin. Mantaap




Ayoo membuat lamington cake versi lain. 
Selamat mencoba...Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »