KRENGSENGAN DAGING SAPI



Bismillahirrohmanirrohim
Masih postingan tentang olahan daging ya, kali ini aku membuat krengsengan. Krengsengan adalah salah satu masakan yang berasal dari Jawa Timur. Biasanya krengsengan dibuat dari daging kambing, namun sekarang ini banyak juga dijumpai krengsengan yang menggunakan daging sapi. Selain itu krengsengan bisa juga berbahan jerohan atau bahkan iga. Krengsengan ini paling enak kalau dimasak super pedas, jadi dinikmati dengan nasi hangat aja wuiih...mantap banget. Tapi seperti biasa, aku gak bisa masak dengan pedas yang heboh karena anak-anak juga ikut makan. 

Krengsengan ini biasanya memakai petis udang sebagai salah satu bumbunya, tapi kalau kurang suka petis atau tidak punya petis, gak pakai juga gak apa-apa. Mamaku kalau memasak krengsengan ini lebih suka tanpa petis dan hasilnya tetap enak-enak aja kok. Aku lebih suka memasak krengsengan dengan bumbu melimpah, jadi gak heran kalau penampilan krengsengan buatanku ini tertutup oleh bumbu hehehe. Bagiku bumbunya enak banget lho. Untuk membuat krengsengan yang memakai 500 gr daging sapi, aku bisa membuat bumbu 2x lipat dari resep yang kuposting di bawah ini. Jadi silahkan disesuaikan aja dengan selera ya. Resep berikut ala-ala aku aja, ada juga resep yang memakai tomat dan bumbunya dibuat lebih sedikit dan kuahnya encer.







KRENGSENGAN DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging sapi, potong dadu
2 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
1 serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
7 sdm kecap manis
1/2 sdm petis udang
air secukupnya
garam, gula pasir, merica bubuk secukupnya

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri bakar
2 cm jahe
5 cabe merah
5 cabe rawit

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Sambil diaduk-aduk yaa, biar tidak gosong.
2. Masukkan potongan daging sapi, aduk rata hingga mulai berubah warna. 
3. Masukkan kecap manis, petis udang, garam, gula pasir dan merica. Aduk rata dan tambahkan air.
4. Masak hingga air menyusut dan daging empuk. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Notes :
Daging bisa diempukkan dengan cara mencampurkan dengan parutan nanas. Caranya adalah daging dipotong-potong tanpa dicuci terlebih dahulu kemudian masukkan parutan nanas secukupnya dan aduk hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit dan cuci bersih daging sebelum dimasak.

Krengsengan buatanku yang ini mirip rendang?? Harap maklum....kan emang bumbunya sengaja dibuat banyak, 2x lipat dari resep di atas hehehe.

Selamat mencoba... Happy cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Saturday, 24 January 2015 at 13:18:00 GMT+7 delete

Sudah sya recook yg pastinya dgn cabe yg banyak krna sya &suami penyuka makan pedas. Resep di blog anda memang recommended #2thumbup for Bunda Nina :)

Reply
avatar
Tuesday, 2 August 2016 at 19:06:00 GMT+7 delete

Hmmm kaya nya gurih banget bun olahan daging nya. mungkin resep yang satu ini wajib cobain bun Resep Masakan Lezaatku

Reply
avatar