TERONG TERI PEDAS



Bismillahirrohmanirrohim
Postingan tentang menu sederhana, tapi katanya enaak banget. Dinikmati dengan nasi hangat, lauknya tahu tempe goreng aja, itu udah kerasa nikmatnya. Seperti biasa, tentu saja terong teri pedas ini gampang dan cepat. Bisa jadi salah satu menu andalan kalau kita lagi males masak hehehe. Kali ini aku memakai teri medan, bisa juga memakai ikan asin yang kecil-kecil itu...entah ikan asin apa namanya tuh. Kalau punya jambal roti bisa juga dipakai, goreng dahulu ikan jambalnya kemudian disuwir-suwir. Duuh...yummy banget.
Resep berikut ini untuk porsi kecil aja ya, cukup untuk sekali makan porsi berdua.




TERONG TERI PEDAS

Bahan : 
2 buah terong ungu, potong-potong dan goreng 
50 gr teri medan (bisa pakai ikan asin kecil)
3 cabe merah, iris serong
5 cabe rawit, iris halus
5 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
1 helai daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
1/2 sdm terasi bakar, haluskan
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam, cabe merah, cabe rawit dan terasi. Aduk hingga rata.
2. Masukkan terong dan teri. Aduk hingga rata.
3. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Bila memakai teri yang asin, hati-hati penggunaan garamnya ya, biar gak keasinan.
4. Test rasa agar sesuai selera. Angkat dan siap dihidangkan.




Terong teri pedas ini bisa jadi alternatif selain kita mengolah terong menjadi sambalado terong atau terong penyet. Rasanya nikmat juga kok, semakin pedas kayanya semakin nikmat. Selamat mencoba ya..




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »