SUP DAGING SAPI



Bismillahirrohmanirrohim
Kemarin aku masak sup daging untuk keluarga. Sebenarnya sih pengennya masak sup buntut, tapi malas kalau harus pergi ke pasar dulu untuk beli buntut sapi. Akhirnya memanfaatkan stok daging yang ada untuk dibuat sup daging sapi. Sup-nya dibuat ala-ala sup buntut gitu deh, cuma beda di daging dan buntutnya aja hihihi. Lumayan lah untuk "tombo pengen" akan aroma dan rasa sup buntut. 

Bikinnya sih simpel aja sebenarnya, cuma yang agak lama proses merebus dagingnya biar empuk karena aku memakai api kecil sehingga kuah kaldunya bening. Kalau mau cepat, bisa aja direbus sebentar pakai presto, paling 15 menit udah empuk tuh dagingnya. Tapi karena prestoku bermasalah dan karena pengen bikin sup daging yang baik dan benar, dibelain deh masak dagingnya agak lama dengan memakai api kecil tadi. Eh ya...ngomong-ngomong soal presto, ketika prestoku bermasalah, Alhamdulillah sudah dapat gantinya yaitu presto hadiah dari event NCC. Berkah sekali bagiku...Alhamdulillah. Prestonya sendiri belum dipake, masih harus belajar lagi karena ternyata berupa presto listrik. Tuh kan...ini dari sup daging malah ngomongin presto >_<




Sup daging yang kubuat ini bumbunya berbeda dengan sup ayam yang biasanya kubuat. Biasanya kalau membuat sup ayam biasa, aku cuma pakai bawang bombay, bawang putih, pala dan merica serta tentu saja garam dan gula. Kali ini karena pengen dibuat ala sup buntut, jadi aku memakai juga bawang merah dan cengkeh. Agar lebih mantap dan terasa, disarankan memakai merica butiran ya. Kalau pas gak ada merica butiran, oke lah pakai merica bubuk biasa. Pelengkapnya kali ini memakai wortel, kentang dan macaroni. Sebenarnya macaroni bisa diskip, tapi karena anak-anak suka sekali dengan sup yang memakai macaroni jadi aku tetap pakai. Biasanya potongan wortel dan kentang di sup daging atau sup buntut juga lebih besar dibandingnkan dengan di sup ayam. Tapi semua kembali kepada selera aja.

SUP DAGING SAPI

Bahan :
500 gr daging, potong dadu
1500 air
2 buah kentang, potong-potong
3 buah wortel, potong-potong
30 gr macaroni
7 buah cengkeh
2 buah tomat, potong jadi 6 bagian
1 helai daun bawang, potong-potong
2 batang seledri, diikat
garam dan gula pasir secukupnya
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
1 buah pala

Cara Membuat :
1. Rebus daging dengan air dengan api sedang hingga setengah empuk. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan ke dalam kuah. 
3. Masukkan cengkeh, wortel, kentang dan macaroni, kemudian bumbui dengan garam dan gula pasir. Lanjutkan memasak dengan api kecil hingga daging empuk dan sayuran matang. Test rasa hingga sesuai selera.
4. Menjelang diangkat, masukkan potongan tomat, seledri dan daun bawang.
5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Notes :
- Penggunaan api kecil bertujuan agar kuah kaldu sup tetap bening.
- Sayuran pelengkap bisa disesuaikan dengan selera ya, bisa ditambahkan buncis kalau suka






Alhamdulillah...terasa nikmat sekali. Lumayan sekali untuk pengganti sup buntut yang diidam-idamkan. Sebagai pelengkapnya, aku bikin juga perkedel dan juga ikan goreng. Kalau perkedelnya sih masih nyambung ya dengan sup daging, tapi kalau ikan goreng kayanya gak nyambung deh heheheh. Dimaklumi aja ya ^_^

Happy Cooking...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
Friday, 26 September 2014 at 16:16:00 GMT+7 delete

Foto2nya fantastis, dan tentunya masakannya pasti lezat!!! TWO THUMBS UP!

Reply
avatar
Tuesday, 4 August 2015 at 23:17:00 GMT+7 delete

Bismillah
Salam kenal ya mbak Nina
Ijin nyontek alias kopas buat posting diblogku ya...
Baarokallahufyk
Jazakumullah khoyron...
Seneng riwa riwi didapurcatt Nina nig
# senyum

Reply
avatar
Thursday, 15 September 2016 at 07:41:00 GMT+7 delete

Mb itu palanya 1 butir y..g kebanyakan y mb

Reply
avatar
Thursday, 15 September 2016 at 16:27:00 GMT+7 delete

saya pakai 1 butir silahkan disesuaikan dengan selera aja ya

Reply
avatar
Anonymous
Friday, 23 September 2016 at 09:56:00 GMT+7 delete

Alhamdulillah sll cocok sama resep-resepnya mbk nina, apalagi resep masakannya, insyaallah siang ini mau coba resep supnya,mkasih ya mbak nina
-tisa-

Reply
avatar