SOTO UDANG



Bismillah...
Yang namanya olahan udang, kayanya selalu enak-enak ya. Udang goreng mentega, udang saus tiram, udang telur asin, sambalado udang, udang crispy, ebi furay, sup udang asam manis, udang masak tauco...duuh...enak semua hihihi. Kalau aku dan suami, makan udang secukupnya aja lah, maklum...biar enak tapi kolesterolnya kan lumayan juga tuh. Karena anak-anak selalu suka dengan olahan udang, tidak heran paling tidak seminggu sekali pasti mengolah udang. Yang paling sering adalah bikin udang saus tiram dan udang crispy kesukaan anak-anak.

Kali ini aku mengolah udang menjadi soto udang. Sengaja soto udangnya bening, tanpa santan sesuai request Naira yang lagi pengen maem soto bening. Jadi jangan disamain dengan soto Medan yang terkenal itu ya hihihi. Ini cuma soto udang ala bunda yang menyesuaikan selera keluarga. Kalau ingin membuat dengan memakai santan, enak juga lho karena kuahnya pasti akan terasa lebih gurih. Soto udang versi tanpa santan ini rasa kuahnya lebih ringan dan segar. Untuk pelengkapnya aku cuma memakai telur rebus, tauge, tomat segar, poyah, irisan seledri dan daun bawang serta perasan jeruk nipis. Kalau ingin yang lebih komplit bisa memakai emping dan juga soun. Poyah dibuat dari krupuk udang yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Gunakan krupuk udang yang enak ya, jadi poyahnya juga enak.




SOTO UDANG

Bahan :
500 gr udang yang sudah dibuang kepalanya
1500 ml kaldu udang
1 ruas lengkuas memarkan
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
3 lembar daun jeruk
1,5 sdm garam
2 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
3 cm kunyit bakar
3 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdm ebi

Pelengkap :
Telur rebus, belah 4
Tauge, siangi dan siram dengan air panas sebentar
Tomat, potong-potong
Daun bawang dan seledri, iris halus
Bubuk poyah / koyah (dibuat dari krupuk udang yang dihaluskan)
Jeruk nipis
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu udang, masak dengan api kecil. 
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, lengkuas dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu matang agar tidak langu.
3. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna kemudian masukkan ke dalam kuah kaldu.
4. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan tes rasa hingga sesuai selera.
5. Matikan api dan sajikan soto udang dengan pelengkapnya.

Notes :
Kaldu udang dibuat dari kepala dan kulit udang yang dicuci bersih kemudian direbus. Setelah mendidih, saring kaldu dan siap digunakan.

Alhamdulillah...sesuai dengan selera keluarga, anak-anak terutama kakak Naira lahap sekali maemnya. In shaa Allah nanti diposting lagi ya soto udang yang versi santan. Tapi entah kapan bikinnya heheheh

Selamat mencoba, semoga bisa menjadi inspirasi...





Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »