SEMUR BOLA DAGING DAN TELUR PUYUH



Bismillahirrohmanirrohim
Panjang banget ya nama menunya hehehe. Ini menu kami kemarin, seperti biasa masih bikin yang simpel dan cepat saja untuk hidangan keluarga. Alhamdulillah setelah Lebaran ini kesibukan terus bertambah, masih terus beradaptasi dan mencoba mengatur waktu lebih baik lagi jadi semua bisa "kepegang" dengan baik. Salah satu yang berubah adalah acara di dapur. Sekarang tidak sempat lagi mencoba resep yang rumit-rumit dan lama. Kalaupun bisa ya dikerjakan malam hari setelah anak-anak tidur, tapi biasanya aku juga udah ngantuk dan capek hehehe. Acara belajar foto-foto juga berkurang banyak waktunya, semoga ntar diberi kesempatan untuk belajar lebih serius lagi ya. Mohon maaf juga ya untuk yang komennya di blog agak lama balasnya. In shaa Allah semua akan direply, kebetulan akhir-akhir ini gak bisa on line lama-lama dan juga inetnya sering error.

Aiih...panjang banget ya curcol gak jelas ini. Kembali lagi ke menu semur bola daging dan telur puyuh. Semur merupakan salah satu menu yang cukup sering dibuat, maklum selain mudah dan cepat, anak-anak juga suka. Kalau ingin semur dengan rasa yang light, bisa dicoba semur peranakan Bogor. Sedangkan yang ingin mencoba semur pedas ala Pekalongan, mungkin bisa dicoba dendeng kecap. Semur bola daging biasanya disukai anak-anak, karena tidak perlu susah-susah mengunyah dagingnya ya hehehe. 




Untuk semur bola daging yang kubuat kali ini, sengaja warnanya tidak terlalu hitam. Kuahnya juga aku buat agak kental dan tidak terlalu banyak. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja ya. Isiannya pun bisa memakai daging biasa, ayam atau bahkan telur dan tahu.

SEMUR BOLA DAGING DAN TELUR PUYUH

Bahan :
300 gr daging giling
1 putih telur
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

2 buah kentang, potong-potong dan goreng
15 telur puyuh rebus
6 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
1 sdm gula merah, sisir halus
1/2 butir pala, parut (bisa juga pakai yang bubuk)
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
600 ml air kaldu
2 buah tomat, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
1. Campurkan daging giling, putih telur, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata dan bentuk bola-bola.
2. Rebus hingga matang dan tiriskan.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
3. Tuang air kaldu, beri parutan pala, kecap manis, gula merah, garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih.
4. Masukkan kentang, telur puyuh dan bola daging. Lanjutkan memasak hingga meresap dan kuah menyusut. Kalau ingin kuah yang banyak, bisa ditambah lagi air kaldunya ya. Test rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan potongan tomat, masak sebentar.
6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng

Note :
- Selain direbus, bola-bola daging bisa juga digoreng terlebih dahulu. Kalau aku lebih suka yang direbus karena teksturnya lebih lembut.
- Bisa ditambahkan irisan cabe bila ingin ada cita rasa pedasnya.






Alhamdulillah...semur dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk tuh enak banget ya. Kemarin aku bikin bening bayam juga dan jadinya digadoin setelah makan nasi plus semur. Menunya sederhana dan rumahan banget deh, tapi Alhamdulillah sangat nikmat bagi kami. Mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi menu sehari-hari untuk keluarga di rumah. Happy Cooking...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Saturday, 29 November 2014 at 08:36:00 GMT+7 delete

hmm yummy semur bola daging telur puyuhnya :9 bikin ngiler wkwk
itu bola dagingnya dibikin pakai mesin pembuat bakso bisa kali ya wkwkwk biar fokus sama semurnya *alesan *padahal ga pengen capek* wkwkwk makasih infonya sist ^^

Reply
avatar