BOLA-BOLA COKLAT (MONTHLY EVENT PI #36)



Bismillahirrohmanirrohim
Halo...pasti udah pada tau kan sama bola-bola coklat atau bahasa kerennya choco balls? Kayanya sejak jaman aku kecil dulu, cemilan yang 1 ini udah favorit banget apalagi buat penggemar coklat. Bikinnya juga gampang, tak heran kalau anak-anak juga bisa membantu kita membuatnya. Bola-bola coklat ini bisa dibuat dari biskuit atau cake yang dihancurkan. Apabila dibuat dari cake, jadinya mirip-mirip cake pops ya, cuma bedanya tidak memakai stick.

Biasanya aku membuat bola-bola coklat setelah membuat orderan cake potong. Maklum memanfaatkan sisa trim cake karena anak-anak juga udah bosen makan cake. Daripada "gak laku" atau bahkan mubazir, mending dibuat bola-bola coklat aja. Anak-anak jadi doyan lagi deh. 
Pastinya udah pada bisa kan membuatnya, gampang banget kok dan takarannya juga kira-kira aja. Sebagai "perekat" gunakan susu kental manis, bisa yang putih atau coklat apabila cake atau biskuitnya coklat. Untuk pelapisnya bisa menggunakan white cooking chocolate atau dark cooking chocolate. Taburannya juga suka-suka aja, sesuai selera anak-anak atau menyesuaikan bahan yang kita punya. Paling sering aku pakai meises, karena memang selalu sedia di rumah. Alternatif lainnya bisa memakai sprinkle warna warni atau kacang cincang.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu ada orderan brownies kukus potong dalam jumlah lumayan banyak. Liat sisa potongannya juga udah gak pengen makannya, diniatin deh memang harus menyempatkan diri untuk menyulapnya jadi bola-bola coklat. 

BOLA-BOLA COKLAT 

Bahan :
Cake atau biskuit
Susu kental manis
Dark cooking chocolate (DCC) atau white cooking chocolate (WCC)
meises / sprinkle / kacang cincang atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Hancurkan cake atau biskuit kemudian tuang susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga adonan bisa dipulung / dibentuk.
2. Bulat-bulatkan adonan, lakukan hingga habis. Paling oke kalau bisa bikin bulatan yang kecil-kecil, tapi aku suka males, jadi bikinnya gede-gede biar cepet selesai hehehe.
3. Lelehkan DCC atau WCC, celupkan bola-bola ke dalamnya hingga permukaannya tertutup rata. Gulingkan ke dalam bahan taburan.
4. Biarkan set kemudian bekukan di dalam lemari es.

Selain memakai DCC atau WCC sebagai pelapis, bisa juga pakai coklat masak warna-warni itu. Hasilnya bisa cantik juga, apalagi kalau meisesnya juga warna-warni. Ketika menuang susu kental manis, lakukan sedikit demi sedikit ya, apalagi kalau kita memakai cake sebagai base-nya karena cake biasanya sudah cukup moist.






Karena memakai brownies kukus, gak heran kalau terasa banget nyoklatnya. Teksturnya juga tetap moist dan lembut. Pas banget waktu selesai bikin bola coklat, ada teman-teman kakak Naira main ke rumah. Ambil sedikit buat iseng-iseng difotoin dan...sisanya langsung ludes. Alhamdulillah...




Bola-bola coklat ini spesial untuk Monthly Even Pawon Ibu  yang bertemakan Coooklat Cerrriaaa....


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Wednesday, 10 December 2014 at 09:11:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Wednesday, 10 December 2014 at 09:12:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Wednesday, 10 December 2014 at 09:12:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Wednesday, 10 December 2014 at 09:13:00 GMT+7 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar