BANANA CHOCOCHIPS CRUMBLE CAKE



Bismillahirrohmanirrohim
Pas lagi pengen banget maem banana cake, pas lagi ada 3 buah pisang yang sudah mulai menghitam kulitnya di rumah Mama. Langsung aja bilang ke Mama, kalau pingin buat banana cake dan jadilah 3 buah pisang itu kubawa pulang. Tadinya pengen bikin banana cake resep favorit yaitu "soft and moist banana cake", tapi inget kalau ada resep banana cake yang udah lama pengen kucoba. Ngubek-ngubek bookmark dan ketemu deh resep yang aku mau, yaitu resep dari salah satu blog favoritku Sallys Baking Addiction. Jadilah aku baking banana choco crumble cake.






Ini pertama kalinya aku mencoba resep banana choco crumble cake dan percaya apa gak, baru baca resepnya aja aku udah ngiler duluan hihihi. Bayangin aja, harumnya pisang dipadukan dengan kayu manis dan masih ditambah dengan crumble-nya yang terbuat dari gula palem, kayu manis, chocochip dan almond cincang. Dan ternyata memang bener, cake ini enak bangeet. Waktu masih di oven, aromanya aja udah sedap banget, harum dan asli bikin laper hahaha. Maklum....ini sih emang bakingnya dalam keadaan laper kali ya. Berikut ini resep yang sudah sedikit aku modif.




BANANA CHOCOCHIPS CRUMBLE CAKE

Bahan :
190 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
75 gr butter, suhu ruang
100 gr gula pasir halus
1 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla
3 buah pisang yang dihaluskan (aku pakai pisang cavendish)
60 gr yoghurt (bisa diganti buttermilk atau susu cair)

Bahan Streusel (Crumble) :
1 sdt kayu manis bubuk
50 gr gula palem
100 gr chocochips
70 gr almond cincang
---> aduk rata semua bahan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang (aku pakai loyang bulat 18 cm), oles margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, kayu manis bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
3. Kocok butter dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 1 menit hingga lembut. Turunkan kecepatan mixer, masukkan gula pasir halus. Kocok hingga rata.
4. Masukkan vanila dan telur sambil terus dikocok hingga rata kemudian masukkan pisang serta yoghurt. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan rata selama kurang lebih 1 menit. 
5. Turunkan kecepatan mixer, masukkan campuran tepung dan kocok hingga rata sebentar saja. Jangan overmix ya. Matikan mixer
6. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, taburi dengan 1/2 bagian streusel. Tuang sisa adonan dan taburi kembali dengan streusel.
7. Panggang selama kurang lebih 40-50 menit (tergantung masing-masing oven ya). Setelah waktu pemanggangan 25 menit, tutup bagian atas loyang menggunakan alumunium foil agar permukaan atasnya tidak cepat gosong.
8. Angkat dan biarkan hangat baru dikeluarkan dari loyang.

Notes :
- Kalau bisa kayu manis serta gula palem di streusel jangan disubstitusi dengan bahan lain, karena itu yang bikin enak. 
- Almond cincang bisa diganti dengan kacang-kacangan yang lain, misalnya kenari, mede, kacang atau pecan. 






Testi dariku tentang cake ini adalah...nyesel banget kenapa baru sekarang bikin hehehe. Beneran ini enak banget, recomended untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba...Happy Baking ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Friday, 23 January 2015 at 08:56:00 GMT+7 delete

Halo Blogger / Admin :)

Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Terima kasih.


Salam.
dewi

Reply
avatar
Monday, 4 January 2016 at 17:28:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mbak.. yogurt nya kalo diganti susu cair takaran susu cairnya seberapa banyak ya kira2? mohon jawabannya ya, terima kasih :)

Reply
avatar
Tuesday, 1 November 2016 at 21:11:00 GMT+7 delete

Assalamualaikum Mbak Nina. Beberapa hari lalu aku coba bikin tapi kok ga ngembang seperti punya Mbak Nina ya? Terus teksturnya basah gitu. Itu kenapa ya Mbak?
Tapi rasanya tetap enak Mbak

Reply
avatar