TELUR & TAHU BUMBU BALI



Halo...kali ini mau posting tentang salah satu menu yang sebenarnya sudah sangat familiar, yaitu telur dan tahu bumbu bali. Entah kenapa menu ini disebut sebagai bumbu bali, padahal sebenarnya mirip atau bahkan sama dengan masakan bumbu merah. Di daerahku menu ini biasanya disajikan sebagai salah satu menu di nasi kotak. Selain menggunakan telur dan tahu, biasanya menggunakan ayam atau daging. Kalau kali ini aku hanya memakai telur dan tahu karena memang lagi masakin teman yang request menunya telur dan tahu hehehe.

Ada beberapa versi resep bumbu bali. Ada yang memakai santan seperti yang dulu pernah kuposting disini ada juga yang hanya memakai kemiri dan tanpa santan. Ada pula yang menggunakan terasi pada bumbu halus ada juga yang tidak. Resep yang kuposting berikut lebih simpel dibanding resep yang dulu karena tanpa santan dan tanpa terasi. Menurutku semakin pedas rasanya semakin mantap deh ya, tapi monggo disesuaikan saja dengan selera keluarga. Berikut resep dengan porsi yang lumayan banyak, bila ingin membuat sedikit tinggal menyesuaikan takaran bumbunya aja.

TELUR & TAHU BUMBU BALI

Bahan :
10 butir telur rebus, goreng sebentar hingga berkulit
10 potong tahu, goreng
2 cm lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
5 helai daun jeruk
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
500 ml air
2 sdm gula merah, sisir halus
2-3 sdm kecap manis
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
15 butir bawang merah
8 siung bawang putih
10 cabe merah
5 cabe rawit (atau sesuai selera)
2 cm jahe
5 butir kemiri sangrai

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Aduk rata dan masak hingga matang agar tidak langu.
- Masukkan gula merah, kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata. 
- Masukkan telur dan tahu. Aduk perlahan hingga bumbu rata.
- Tuang air dan lanjutkan memasak hingga air menyusut. Test rasa hingga sesuai selera.
- Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.






Mau yang lebih lengkap? Bisa dengan memakai 3 bahan utama sekaligus, yaitu ayam, telur dan tahu atau tempe. Bagiku menu bumbu bali ini enak sekali dinikmati dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng yang melimpah. Mantap deh...

Happy Cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »