EDAM CHEESE STICK



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...masih dalam suasana Lebaran ya, atau jangan-jangan masih mudik nih hehehe. Kaya aku nih, posting masih di tempat mudik. Naah..buat ngisi waktu, disempetin posting sebentar. Karena masih belum stay di rumah, jadinya ini pasti bikinnya udah lama, sebelum Lebaran hihihi. Kalau sekarang ini belum sempat bebikinan lagi karena masih mudik di rumah mertua.

Sebenarnya gak ada niat bikin cheese stick, tapi karena kebetulan ada yang pesan cheese stick, jadi bikin sekalian buat di rumah. Sekalian ngabisin stok keju edam, jadilah edam cheese stick. Bikinnya gampang dan yang pasti renyah jadinya. Pasti udah banyak juga yang udah tau dengan resep yang kusharing ini. Diadaptasi dari parmesan cheese stick NCC, karena memakai keju edam jadi namanya edam cheese stick. Bikin cheese stick ini gak harus dalam rangka Lebaran kaan, karena walau udah gak Lebaran, cheese stick ini tetap enak dijadikan cemilan.



EDAM CHEESE STICK

Bahan :

300 gr tepung terigu protein sedang
200 gr tepung sagu
1 sdt garam
125 gr keju edam parut halus
4 butir telur
30 gr mentega
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung terigu, tepung sagu dan garam halus.
- Masukkan keju edam, aduk hingga rata.
- Masukkan telur, aduk rata kemudian masukkan mentega.
- Uleni hingga rata kemudian bulatkan. Jangan takut teksturnya terlalu kering ya, terus uleni hingga lebih padat.
- Ambil sedikit adonan, giling tipis (aku memakai pasta maker) hingga halus, beri tepung sagu untuk taburan agar tidak lengket.
- Potong adonan sesuai selera dan cetak dengan menggunakan cetakan kwetiauw.
- Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna keemasan.
- Angkat dan tiriskan.

Notes :
- Untuk mendapatkan cheese stick yang panjang dan lurus, gunakan wajan yang besar untuk menggorengnya dan minyak yang banyak.
- Kalau tidak ada keju edam, bisa juga memakai keju cheddar. Tambahi takarannya hingga 150-200 gr agar terasa ngeju.
- Untuk mendapatkan keju edam yang halus, setelah diparut bisa dichopper sebentar ya.

Alhamdulillah...suka banget dengan hasilnya. Empuk dan renyah. Karena udah mulai bosen dengan cookies, gak heran kalau cheese stick ini laris manis deh. Monggo yang mau nyobain di rumah, bisa juga untuk jualan lho.

Selamat mencoba ya...



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

19 komentar

komentar
andrianykh
Friday, 1 August 2014 at 13:06:00 GMT+7 delete

slamat hari lebaran mbak nina ... mihon maaf lahir bathin.. kalau tep sagu diganti dg tep kanji bisa g mbak..

Reply
avatar
Monday, 4 August 2014 at 15:35:00 GMT+7 delete

hi mba nina...mw nanya bisa gak tepung sagu di ganti sama tep.kanji..tq

Reply
avatar
Monday, 4 August 2014 at 19:11:00 GMT+7 delete

mba nina bisa gak tep sagu di ganti sama tep kanji ?? klo bisa ukrn ttp sama ya??..

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 18 August 2014 at 19:53:00 GMT+7 delete

Kalau mau di panggang ngga di goreng bisa ngga ya mba nina?

Reply
avatar
Wednesday, 20 August 2014 at 22:48:00 GMT+7 delete

saya belum pernah nyoba dipanggang, setau saya cheese stick ya digoreng

Reply
avatar
Tuesday, 17 March 2015 at 08:22:00 GMT+7 delete

Mbak kalo mentega di ganti butter bisakah? Thanks before

Reply
avatar
Tuesday, 17 March 2015 at 08:22:00 GMT+7 delete

Mbak kalo mentega diganti butter bisakah? Thanks before

Reply
avatar
Wednesday, 18 March 2015 at 07:53:00 GMT+7 delete

halo mbak...mentega kan sama dengan butter hehehe.
Boleh pakai mentega / butter, boleh pakai margarin

Reply
avatar
Saturday, 28 March 2015 at 10:51:00 GMT+7 delete

Bisa digiling pake rolling pin ga sih, mbak? Hehe

Reply
avatar
Monday, 30 March 2015 at 22:25:00 GMT+7 delete

bisa aja mbak, asal ketebalannya sama ya, ntar dipotongnya pakai pisau dan dibantu penggaris

Reply
avatar
Wednesday, 16 September 2015 at 17:19:00 GMT+7 delete

mba sy d iraq tgl nya dan tdk ada kanji ato sagu bs di ganti mazena ga mba kira2 ato tepung beras thankx

Reply
avatar
Friday, 8 July 2016 at 10:10:00 GMT+7 delete

Mbak terimakasih banyak resepnya ya..aku coba bikin nih,dr rasa sih udah enak,tp teksturnya kenapa keras ya mbak? Apa aku nguleni terlalu semangat ya?

Reply
avatar