CAP CAY GORENG



Bismillah....
Apa jadinya kalau lagi kumat males masak tapi pengen makan enak? Pertama tentunya buka kulkas dan berharap menemukan "harta karun" yang bisa diolah disana. Selanjutnya adalah mengolah dalam waktu singkat tapi jadinya enak heheheh. Seperti kemarin nih, sebenarnya lagi malas banget masak, lagi capek dan banyak yang harus dikerjakan. Akhirnya diniatin deh untuk masak yang gampang-gampang aja, sekalian mau ngirimin buat Papa juga. Bikin cap cay aja deh ya. Bahan memang tidak begitu lengkap, tapi bisa lah diolah menjadi cap cay yang enak dan sesuai dengan selera keluarga.

Biasanya aku buat cap cay kuah. Kuahnya tentu saja tidak seperti sup, tapi lebih kental. Kali ini aku buat cap cay goreng. Kalau cap cay goreng ini lebih mirip tumisan sih menurutku. Tetap ada kuahnya tapi sedikit saja. Rasanya tidak kalah enak dibanding cap cay biasa. Bumbu dan bahannya sama aja dengan cap cay biasa, yang membedakan adalah pemakaian air kaldu yang lebih sedikit. Isiannya bisa disesuaikan dengan selera atau bahan-bahan yang ada ya. Kali ini aku pakai wortel, bunga kol, caisim (sawi hijau), jagung kecil, jamur champignons, udang kupas, fillet ayam dan sosis. Sebenarnya pengen juga pakai kapri atau kekian, tapi lagi gak punya. Males juga kalau harus keluar lagi untuk beli. Jadi pakai yang ada aja.




CAP CAY GORENG

Bahan :
3 buah wortel, iris serong
1 ikat caisim, potong-potong
1 kuntum kembang kol, potong per kuntum
5 buah jagung kecil, iris serong
100 gr udang kupas
100 gr fillet dada ayam, potong dadu kecil
10 buah jamur champignons, belah
5 buah sosis ayam, iris serong
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 buah bawang bombay, iris memanjang
1 helai daun bawang, potong
300 ml air kaldu
1/2 sdm tepung maizena / terigu, larutkan dengan sedikit air
3 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
2 sdm kecap manis
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu.
- Masukkan udang kupas dan fillet ayam. Aduk hingga berubah warna.
- Masukkan wortel, kembang kol dan jagung kecil. Masak sebentar sambil diaduk hingga agak lunak.
- Masukkan sosis dan jamur. Aduk rata.
- Masukkan saus tiram, kecap ikan dan kecap manis. Aduk rata dan tuang air kaldu.
- Bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan larutan maizena, aduk rata.
- Menjelang matang, masukkan caisim. Masak sebentar hingga layu kemudian masukkan daun bawang.
- Angkat dan siap disajikan.


Alhamdulillah...nikmat juga. Digadoin aja udah enak kok, dijadikan lauk nasi juga oke. Biar kata resep bahannya panjang, tapi bikinnya simpel dan mudah. 
Semoga bisa jadi salah satu inspirasi simple menu di rumah ya. Happy cooking


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »