PUTRI SALJU MEDE



Bismillahirrohmanirrohim
Pastinya udah familiar banget kan dengan cookies yang satu ini. Yuup...putri salju adalah salah satu jenis classic cookies yang biasanya selalu tersedia di Hari Raya. Biasanya putri salju ini ditemani dengan nastar dan juga kastengel. Kaya apa aja ya pakai istilah ditemani hihihi. Pastinya udah pada punya resep andalan untuk membuat putri salju yang enak kan. Atau bahkan putri salju untuk sajian Lebarannya sudah siap nih di lemari hehehe. Kalau dulu aku pernah posting resep putri salju tanpa kacang-kacangan, kali ini aku posting yang memakai mede. Bila tidak ada mede bisa diganti dengan jenis kacang-kacangan yang lain ya. Kalau memang lagi gak punya kacang-kacangan atau bahkan kurang suka, bisa memakai resep yang dulu pernah kuposting disini.

Putri salju mede ini teksturnya lembut dan crunchy. Untuk mendapatkan tekstur yang melted in the mount, gunakan full butter dan jangan dimix dengan margarin. Tapi semua kembali kepada selera ya, silahkan kalau suka dimix dengan margarin. 






PUTRI SALJU MEDE

Bahan :
200 gr butter
100 gr gula pasir yang dihaluskan
250 gr kacang mede sangrai dan haluskan
200 gr tepung terigu
1 sdm susu bubuk full cream

Bahan Taburan :
gula halus secukupnya (kurang lebih 200 gr)
gula donat secukupnya

Cara Membuat :
- Kocok butter dan gula halus kurang lebih selama 2 menit, asal adonan tercampur rata.
- Masukkan mede halus, aduk rata menggunakan sendok kayu.
- Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak sambil diaduk hingga rata.
- Bulatkan adonan, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit kemudian bisa dicetak / dibentuk sesuai selera.
- Panggang dalam oven 140'C selama kurang lebih 20 menit hingga matang. 
- Panas-panas gulingkan di gula halus hingga terbalut rata kemudian gulingkan di atas gula donat.

Tips :
- Memanggang putri salju tidak perlu sampai permukaannya terlihat kecoklatan, cukup hingga permukaannya kering dan kokoh. Apabila loyang diketukkan dan putri salju bisa terlepas berarti putri salju sudah matang.
- Agar putri salju bisa terlihat cantik di toples, tata putri salju di dasar toples kemudian taburi gula donat baru ditata lagi diatasnya dan taburi kembali dengan gula donat. Demikian seterusnya hingga toples penuh.






Suamiku memang kurang suka dengan putri salju karena beliau lebih senang dengan cookies yang gurih dan ngeju seperti kastengel. Kalau anak-anak dan yang "tukang bebikinan" ...hmmm...suka banget dengan putri salju. Mau bikin yang pakai atau tanpa kacang-kacangan, tetep aja suka. Adek bilangnya ini kue bulan putih, karena memang bundanya gak pernah bikin putri salju dengan bentuk selain bulan sabit ini hehehe. 
Yang belum bikin putri salju untuk sajian keluarga dan kerabat....mungkin bisa dicoba resep ini ya.

Happy Baking dan selamat menunaikan ibadah puasa ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

komentar
Anonymous
Monday, 4 August 2014 at 22:42:00 GMT+7 delete

koq ga pk kuning telur yaa...

Reply
avatar
Saturday, 4 July 2015 at 14:43:00 GMT+7 delete

Mba Nina mau tanya terigu protein sedang atau terigu protein rendah ya mba? enak kan mana mba dgn yg ngak pake kacang2 an?

Reply
avatar
Saturday, 4 July 2015 at 20:29:00 GMT+7 delete

Sama enaknya mbak fina hihihi. Cobain aja mbak, karna saya suka semua. Boleh pakai protein sedang atau rendah

Reply
avatar
Wednesday, 8 July 2015 at 03:07:00 GMT+7 delete

Mbak misal anak2 pengen coklat, apa bisa di resep ditambahkan coklat bubuk aja?
Makasih

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 14 July 2015 at 18:27:00 GMT+7 delete

Mbak adonan dimasukkan ke dalam kulkas fungsinya untuk apa
Makasih

Reply
avatar
Wednesday, 15 June 2016 at 20:26:00 GMT+7 delete

Mba ini resepnya memang gk pake telur ya? Mohon jawabannya,terimakasih

Reply
avatar
Monday, 22 May 2017 at 20:23:00 GMT+7 delete

Asslmwrwb mbk nina
salam kenal...saya nadia
Itu kacang mede-nya di haluskan pake blender bisa gak?

Reply
avatar
Thursday, 25 May 2017 at 19:21:00 GMT+7 delete

Waalaykumsalam warahmatullah
pakai blender yang kecil itu bisa mbak, namanya grinder

Reply
avatar
Wednesday, 7 June 2017 at 19:22:00 GMT+7 delete

Ass...mba Nina salam kenal..mba klo.kacang medenya di kurangi apakah terigu harus di tambah...terima kasih sebelumnya

Reply
avatar