ALMOND BROWNIE COOKIES



Postingan tentang cookies lagi ya, kali ini aku membuat almond brownie cookies yang merupakan salah satu varian dari bar cookies. Bar cookies adalah satu jenis cookies yang adonannya dituang ke dalam loyang besar dan dioven sebentar untuk kemudian dipotong-potong dan dioven kembali hingga kering. Adonan dari bar cookies ini teksturnya lembek sehingga tidak dapat dibentuk ataupun dicetak langsung di loyang kue kering. 

Ceritanya anak-anak kayanya udah mulai bosen liat Bundanya ngerjain cookies tiap hari. Walaupun tahun ini tidak menerima pesanan cookies, tapi tetap aja Bundanya harus bikin cookies untuk sahabat dan kerabat yang memang tiap tahun minta dibuatkan. Jadilah anak-anak mulai ribut, yang 1 minta dibuatin biscotti, yang lainnya minta dibuatin brownies. Akhirnya bikin bar cookies aja deh yang mirip-mirip dengan biscotti dan dibuat coklat seperti brownies hehehe. Bikinnya malem-malem, sambil ngantuk setelah ngerjain kastengel. Maksudnya sih sekalian ovennya nyala gitu. Akhirnya mulailah segala kekacaun, mulai dari ngambil loyang yang kekecilan sampai motong cookiesnya gak karuan. Aaah....namanya udah capek dan ngantuk ya, tapi tetap dipaksain aja, hasilnya gak bisa bagus deh. Untung aja gak salah ngambil bahan sehingga rasanya gak ikut kacau hihihi. Ntar deh lain kali pingin buat lagi yang penampilannya lebih bagus daripada yang ini ^^







ALMOND BROWNIE COOKIES

Bahan :
150 gr butter (boleh mix margarin)
100 gr gula pasir halus
50 gr DCC leleh
50 gr chocolate spread (aku pakai Nutella)
1 kuning telur
200 gr tepung terigu
10 gr maizena
20 gr coklat bubuk
75 gr almond sangrai, cincang kasar
50 gr chocochips


Cara Membuat :
- Siapkan loyang 24x24x4 cm, oles margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali (aku kemarin ngambilnya loyang 20 cm dan hasil cookiesnya terlalu tebal)
- Kocok butter dan gula pasir halus kurang lebih 1 menit, asal tercampur rata.
- Masukkan DCC leleh, chocolate spread. Kocok hingga rata.
- Masukkan kuning telur, kocok rata.
- Masukkan tepung terigu, maizena dan coklat bubuk dengan cara diayak sambil diaduk rata menggunakan spatula / sendok kayu.
- Tambahkan almond cincang dan chocochips. Aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang dan panggang dengan suhu 180'C selama 20 menit.
- Potong-potong dan tata di loyang kue kering. Panggang kembali dengan suhu 130'C selama kurang lebh 40 menit atau hingga kering.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

Selain menggunakan almond, bisa juga digunakan kacang-kacangan yang lain, misalnya kenari atau mede. Bisa juga menggunakan cereal sebagai bahan tambahannya. Untuk variasi lain, bisa juga dikombinasikan dengan oatmeal, jadi nanti namanya jadi brownie oatmeal cookies ya ^^
Kembali ke anak-anak yang minta biscotti dan brownies, akhirnya kubilang kalau Bunda bikin biscotti brownies nih hihihi. Adek yang senang sekali, bolak balik ngambil di toples sementara kakaknya cuma bisa ngeliatin aja karena harus nunggu saat berbuka puasa untuk makannya. 




Masih penasaran banget pengen bikin bar cookies yang rapi dan cantik. Moga-moga ada kesempatan untuk bikin lagi yaa. 
Selamat menunaikan ibadah puasa. Keep baking and cooking ya ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
Saturday, 19 July 2014 at 11:33:00 GMT+7 delete

Fotonya bagus banget mbak,, cookiesnya juga kelihatannya enak bgt... Boleh tau pake kamera sama lensa apa nggak mbak? oya saya baru didunia perbloggingan, kalo ada waktu cek ya blog saya foodandspoon.blogspot.com
Thank you

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 21:04:00 GMT+7 delete

Thank you Eka.
Sekarang saya pakai DSLR Canon, lensa 50 mm 1/8.
Awal ngeblog dulu, saya cuma pakai kamera hape aja. Terus berlatih dan berkreasi Eka, nanti hasilnya akan semakin bagus. Sukses yaa

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 3 December 2014 at 08:37:00 GMT+7 delete

Halo mba nina, boleh tny..chocolate spread tuh apa ya mba?... Saya blum prnh tau ni mba. Makasih.

Reply
avatar