VANILLA CUPCAKES



Bismillahirrohmanirrohim
Apa kabar blog-ku, lama banget ya gak update blog. Kebetulan masih ada kesibukan di luar kegiatan dapur yang tidak bisa ditinggalkan, jadi sementara off dulu kemarin itu. Selain off nge-blog, acara di dapur juga sedikit berkurang. Jangankan bisa mencoba resep-resep baru dan belajar foto, bisa masak dan bebikinan yang simpel aja kayanya udah berharga banget deh hihihi. Sejak minggu lalu, masih sering mondar mandir keluar kota dan In shaa Allah masih akan berlanjut hingga minggu depan. Jadi mohon dimaklumi kalau kurang lebih selama 3 minggu, blog-nya sepi postingan hehehe.
Karena itu juga maka tahun ini Dapur Nays tidak produksi cookies lebaran dulu yaa. Tetap bikin sih, tapi hanya untuk konsumsi keluarga aja. Masih kesulitan untuk membagi waktu antara kerjaan di luar dan kerjaan dapur. Semoga tahun depan sudah mulai bisa produksi lagi. In shaa Allah. Panjang banget yaa curcolnya heheh.

Postingan kali ini tentang vanilla cup cake. Jelas bukan fresh from the oven ya, entah kapan bikinnya juga udah lupa hihihi. Aku lebih sering bikin cup cake coklat dibandingkan dengan yang vanilla, karena memang biasanya customer lebih memilih yang rasa coklat atau bahkan browkus sebagai base cupcake-nya. Untuk vanilla cup cake biasanya aku memakai resep dari Joy of Baking atau duluu banget pernah pakai resep dari mbak Mae yang pernah kuposting disini. Kali ini aku tertarik dengan vanilla cupcake yang diposting Mbak Hesti. Pertama tentu saja tertarik dengan foto-foto beliau yang selalu cantik. Kedua tertarik dengan review bahwa vanilla cup cake ini enaak banget. Dan yang terakhir aku tertarik dengan metode pembuatannya. Resep asli berasal dari Cup Cake Project




Aku sudah bikin menggunakan resep ini 2x. Yang pertama bikin aku mengganti sour cream dengan yoghurt seperti yang dilakukan mbak Hesti. Yang kedua aku mengganti sour cream dengan whipcream bubuk yang dicairkan. Hasilnya...tetap enak kok. Tapi yang memakai whipcream bubuk ini aku rada-rada overbake kayanya, karna warnanya jadi kecoklatan dan bukannya kuning. Foto-foto yang ada disini adalah yang memakai whipcream bubuk ya, karena yang memakai yoghurt gak sempat kefoto karena keburu diangkut hehehe.

VANILLA CUP CAKES

Bahan :

225 gr gula kastor (atau gula pasir yang diblender halus)
1 batang vanilla bean, keruk bagian dalamnya yang berwarna kehitaman
175 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
60 gr butter
2 butir telur
75 gr full fat sour cream (aku pakai yoghurt atau 30 gr whipcream bubuk ditambahkan air hingga berat 75 gr)
60 ml minyak canola (aku pakai minyak sayur biasa)
1 sdt vanilla bubuk
160 ml susu cair

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang cupcake yang dialas paper cup
- Campur dan ayak, tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Dalam mangkok, campur gula kastor dan isi vanilla bean. Tekan-tekan vanilla agar tidak menggumpal.
- Masukkan campuran gula dan vanilla ke dalam tepung, tambahkan garam. Aduk hingga rata.
- Tambahkan butter, kocok sebentar dengan mixer kecepatan sedang selama kurang lebih 3 menit. Tekstur adonan akan terhambur seperti pasir.
- Dalam wadah lain, campur telur, yoghurt, minyak dan vanilla bubuk. Aduk rata.
- Tuang ke adonan tepung lalu mixer kecepatan sedang, asal tercampur saja.
- Tambahkan susu cair kemudian mixer dengan kecepatan rendah asal rata. Adonan akan cair ya.
- Tuang adonan ke dalam paper cup hingga 2/3 tinggi cup.
- Panggang selama 14 menit atau sampai tidak lengket ketika test tusuk. Cup cake akan berwarna kuning, jangan menunggu hingga cupcake berwarna keemasan ya dan apabila masih kurang tambahkan waktu memanggang hingga 2-3 menit lagi.
- Setelah matang, angkat dan dinginkan





Tekstur adonan yang cair membuat cupcake ini tidak bisa nge-dome ya permukaannya. Jadi kalau pengen bikin cupcake yang nge-dome tidak disarankan memakai resep ini. Tapi kalau mau bikin vanilla cupcake yang moist dan soft, resep ini recomended banget ^^
Sukaa deh dengan teksturnya. Eh ya kalau tidak punya vanilla bean, bisa diskip ya, jadi hanya memakai vanilla ekstrak atau vanilla bubuk biasa. Memang kalau pakai vanilla bean, harumnya beda, tapi it's oke lah kalau hanya pakai vanilla biasa.





Selamat mencoba ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonymous
Wednesday, 2 September 2015 at 19:54:00 GMT+7 delete

halo kak nina aku mau tanya dungs ^_^ sebetulnya resep cupcake itu bisa buat di loyang besar gak? jadi kayak bolu gitu. kalo bisa, apa ada perbedaan di proses pembuatannya? makaci sebelumnya

Reply
avatar