PUDING TAPE PANGGANG



Haloo....kali ini aku posting tentang salah satu dessert yang enaak banget, terutama bagi penggemar tape nih, yaitu puding tape panggang. Sebenarnya sih, tadinya males banget mau posting resep ini karena fotonya jelek  euy huhuhu. Tapi karena resepnya oke punya, jadi tetap aku posting deh. Resepnya kan lebih penting dibandingkan fotonya. Abaikan fotonya ya, tapi cobain deh resepnya  hihihi. 

Sebenarnya sudah lama pengen bikin puding tape panggang, tapi ternyata gak kesampaian karena asyik mencoba resep yang lain. Aku memang suka sekali dengan puding bakar, karena teksturnya yang lembut. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, Mbak Hesti posting tentang puding tape panggang ini di blognya. Ahaa...langsung keingetan deh akan "proyek lama" yang terus tertunda. Diniatin banget hunting tape yang enak dan manis dan segera dieksekusi. Kalau gak gitu bisa-bisa malesnya keburu dateng dan entah kapan lagi bikinnya hehehe.




Berikut resep yang aku lihat dari blog mbak Hesti. Terima kasih sharingnya ya mbak

PUDING TAPE PANGGANG

Bahan : 
250 gr tape singkong (pilih yang manis ya)
220 gr gula pasir
625 ml santan
10 sdm tepung terigu serbaguna (agak munjung)
3 butir telur, kocok lepas
3 sdm susu bubuk
1/2 sdt vanilli bubuk
100 gr margarin, lelehkan

Olesan :
1 butir kuning telur kocok lepas
keju cheddar parut secukupnya
kismis (aku pakai kurma yang dicincang)

Cara Membuat :
- Campurkan tape dan gula pasir, aduk hingga tercampur rata.
- Masukkan telur dan margarin leleh. Aduk rata menggunakan hand whisk.
- Masukkan terigu, susu dan vanilli bubuk. Aduk rata kemudian masukkan santan. Aduk hingga tercampur rata. Adonan akan terasa cair ya, pastikan adonan dan tape tercampur dengan rata.
- Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti (aku pakai loyang 20x20x4 cm).
- Panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 40 menit atau hingga permukaannya set. Keluarkan dari oven, oles dengan kuning telur, taburi keju cheddar dan kismis (kurma).
- Panggang lagi selama 15 menit atau hingga matang.
- Keluarkan dari oven, biarkan dahulu di dalam loyang dan setelah agak hangat bisa dikeluarkan. Hati-hati ketika mengeluarkan dari loyang karena teksturnya sangat lembut.
- Sajikan dingin.






Aku buat puding tape ini malam-malam. Setelah dingin aku masukkan ke lemari es dan siap dinikmati keesokan harinya. Naah...besoknya aku lupa kalau punya puding tape di kulkas, jadi gak ingat deh mau foto-foto. Sampai akhirnya ada keluarga datang, baru inget kalau punya puding di kulkas, diserbu lah puding tape ini hihihi. Jadi hanya tersisa beberapa potong aja yang sempat kefoto hehehe. Alhamdulillah ya kalau pudingnya laris manis. 
Untuk penggemar tape, puding panggang ini recomended banget untuk dicoba. Enaak deh, kerasa banget tapenya.

Happy baking...selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

17 komentar

komentar
Thursday, 5 June 2014 at 15:30:00 GMT+7 delete

Mbak Nina.. suka benget deh sama resep2nya.. Makasih yah..
Di step2nya diminta untuk memasukkan santan.. ukurannya berapa ml ya? Thank you

Reply
avatar
Thursday, 5 June 2014 at 21:19:00 GMT+7 delete

ups...kelewatan belum ditulis. Terima kasih koreksinya ya, resepnya sudah saya edit ^^

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 7 June 2014 at 11:58:00 GMT+7 delete

mau nanya mbak ,itu kayak mirip prol tape,beda ditekstur ya mbak,suwun
Umi

Reply
avatar
Monday, 9 June 2014 at 21:13:00 GMT+7 delete

betul mbak Umi, ini mirip dengan prol tape tapi teksturnya lebih lembut. Karena memang pemakaian tepungnya cuma sedikit ya, sedangkan tape dan cairannya banyak

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 14 June 2014 at 10:14:00 GMT+7 delete

santannya santan cair ya? kalau mau pakai santan instan takarannya gimana ya? makasih sblmnya mbak.. :)

Reply
avatar
Monday, 16 June 2014 at 21:39:00 GMT+7 delete

misalkan pakai 200 ml santan instan, tambahkan air hingga 625 ml

Reply
avatar
Thursday, 2 October 2014 at 13:25:00 GMT+7 delete

Mba kalo toppingnya di siram chocolate ganache yummy gk ya??

Reply
avatar
Thursday, 2 October 2014 at 13:55:00 GMT+7 delete

kelihatannya sih yummy...tapi saya belum pernah coba sih

Reply
avatar
Friday, 24 October 2014 at 12:19:00 GMT+7 delete

Udah nyobain resep puding tape panggangnya, hasilnya enak bgt juara pokoknya, kayaknya mlah mirip2 klaptart ya mbak hasilnya cm ndak ada daging kelapanya. Tp keluarin dr loyangnya susah mgkn krn terlalu lembut jd disendokin aja, apa kurang kering ya mbak. Aku naruk loyangnya di rak yg atas. Thx

Reply
avatar
Monday, 27 October 2014 at 23:13:00 GMT+7 delete

Halo mbak Yessy...makasih ya udah nyobain, saya juga sukaa banget sama puding tape ini karena lembut banget.
Mengeluarkan dari loyang memang harus hati-hati, biarkan agak dingin baru dikeluarkan mbak, kalau masih susah mungkin juga karena kurang lama memanggangnya, jadi belum set pudingnya

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 6 November 2014 at 08:15:00 GMT+7 delete

Mbak klo susu bubuk diganti susu cair bisa kah? Kira2 brp ml yah?

Reply
avatar
Sunday, 9 November 2014 at 21:19:00 GMT+7 delete

susu bubuk di resep ini kan bahan kering, jadi tidak bisa diganti dengan susu cair. Kalau tidak ada susu bubuk, skip aja dan tambahkan terigu yang sama takarannya dengan susu bubuk.

Reply
avatar
Wednesday, 11 February 2015 at 15:05:00 GMT+7 delete

Mbak,kalau tape di ganti jadi ubi bisa gk ya?trus ukuran2 lainnya sama kan ya??

Reply
avatar
Thursday, 12 February 2015 at 08:41:00 GMT+7 delete

bisa mbak, mungkin gula bisa ditambah sedikit karena tape lebih manis dibanding ubi

Reply
avatar
Wednesday, 30 March 2016 at 14:57:00 GMT+7 delete

widih... bikin ketagihan aja nih ceritanya :D

Reply
avatar