LUMPIA PRAKTIS ISI AYAM-UDANG



Bismillah..
Marhaban ya Ramadhan...Alhamdulillah masih diberi kesempatan bertemu dengan Ramadhan. Semoga Allah SWT memberkahi semua amal ibadah kita, diberi kelancaran dan kemudahan. Aamiin ya Rabb. Ramadhan Kareem..

Masih tentang postingan cemilan yang praktis dan simpel. Ini aja ngerasa seneeng banget bisa mencuri sedikit waktu untuk bikinnya hehehe. Kebetulan masih ada stok spring roll pastry siap pakai dan kebetulan juga pingin maem lumpia, jadi yuuk kita bikin lumpia praktis aja ya. Isiannya juga menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas, kebetulan cuma ada ayam, udang dan telur aja. Jadilah lumpia praktis isi ayam dan udang. Yang namanya lumpia memang paling enak pakai rebung, tapi karena lagi gak belanja rebung dipakai aja bahan yang ada. Kalau bikin lumpia rebung, biasanya isiannya juga aku campur dengan ayam dan telur atau bahkan udang, jadi rasanya tambah mantap. Postingan tentang lumpia isi rebung, silahkan dilihat disini ya.




Karena memang dengan bahan-bahan seadanya, kali ini juga tanpa pelengkap kucai atau acar. Aku cuma punya cabe rawit aja hehehe, jadi aku sempatkan bikin saus lumpianya. Biasanya saus cocolan lumpia itu ada yang memakai ebi, ada juga yang memakai tauco sehingga rasanya bisa enak banget. Lagi-lagi karena keterbatasan bahan, jadi aku bikin saus lumpia suka-suka aja deh. Lumayan juga kok hasilnya. Lumpianya sengaja aku bikin kecil-kecil, biar jadi banyak hehehe karena isiannya terbatas.





LUMPIA PRAKTIS ISI AYAM & UDANG

Bahan :
15 lembar spring roll pastry (atau bisa pakai kulit lumpia siap pakai)
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian Ayam & Udang :
200 gr ayam cincang
100 gr udang kupas, cincang
2 butir telur, kocok lepas dan buat orak arik
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
2 sdm saus tiram
2 sdt kecap ikan
1 sdt minyak wijen
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
1 batang daun bawang, cincang.
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Lumpia :
250 ml air
50 gr gula merah, sisir halus
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt cuka makan
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
2 siung bawang putih, cincang halus
3 cabe rawit, iris halus 

Cara Membuat Isian Ayam Udang :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan ayam dan udang cincang, aduk rata dan masak hingga berubah warna.
- Masukkan telur orak arik, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Masak hingga matang dan bumbu meresap. Test rasa hingga sesuai selera.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata.
- Angkat dan siap digunakan.

Cara Membuat Saus Lumpia :
- Masak air dan gula merah hingga mendidih.
- Masukkan gula pasir, garam dan cuka makan. Aduk hingga rata.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk kemudian masukkan bawang putih dan cabe rawit. Aduk hingga mengental.
- Angkat dan siap digunakan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar spring roll pastry atau kulit lumpia, beri isian secukupnya.
- Lipat bentuk amplop dan gulung sambil dipadatkan. Rekat bagian ujungnya dengan air atau putih telur.
- Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng lumpia hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
- Siap disajikan dengan saus, acar dan kucai bila suka.







Alhamdulillah lumayan banget untuk obat kangen nguprek di dapur dan juga bikin kesampaian makan lumpia walau lumpianya seadanya hehehe. Asyik juga untuk takjil buka puasa lho atau untuk cemilan setelah sholat tarawih. Yang pasti tetap anti ribet dan simpel banget. Isiannya silahkan disesuaikan dengan selera keluarga aja ya. 



"L" for Lumpia ^_^

Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat mencoba ya...

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
Wednesday, 20 May 2015 at 15:08:00 GMT+7 delete

Bun.. salam kenal. Aku pengen eksekusi lumpia ini. Cuma suamiku slalu pulang malem bgt. Kira2 kalau lumpianya disimpan itu di freezer atau dikulkas bawah? kmudian tahan berapa lama ya bun? Trima kasih :)

Reply
avatar
Tuesday, 26 May 2015 at 21:34:00 GMT+7 delete

kalau bikinnya siang trus mau digoreng malam, cukup di kulkas bawah aja mbak. Kalau buat besok atau lusa bisa di freezer. Sampai berapa lama saya gak tau juga karena saya biasanya selalu buat mendadak.

Reply
avatar