LONTONG SAYUR LABU SIAM






Bismillahirrohmanirrohim
Yippiie...kali ini aku mau posting tentang salah satu menu favoritku, yaitu lontong sayur labu siam. Biar kata favorit, tapi gak boleh sering-sering makan ini ya, kolesterol tinggi hehehe. Maklum aja, selain memakai santan, sayur labu siamnya memakai udang dan telur puyuh yang memang sumber kolesterol. Jadi sesekali makan, gak apa ya....buat tombo pengen aja. Sebenarnya kalau sayur labu siam sih tetap enak walau tanpa udang dan telur puyuh, biasanya cuma dicampur tahu atau tempe aja. Naah...kalau dikasih tambahan udang dan telur puyuh itu karena nyontek adek iparku yang kalau masak sayur ini enaknya kebangetan hahaha. Biasanya kalau dia datang dari Malang dan bawa sayur ini, aku tinggal beli lontong aja ke pasar, tambahin bubuk kedelai, nikmat deh makan rame-rame. Kemarin entah kenapa jadi kangen menu ini, tapi karena adekku lagi gak pulang, jadinya harus bikin sendiri .




Aku cuma bikin sayurnya aja sih, kalau lontongnya beli hehehe. Aku belum pernah bikin lontong atau ketupat sendiri. Maklum kalau lebaran kan mesti nebeng masakan Mama. Bubuk kedelainya juga ini minta dari Mama, jadi memang cuma modal sayur labu siamnya aja. Lebih enak bikin sayurnya yang super pedes, tapi karena anak-anakku doyan juga jadi aku gak bisa bikin yang pedes. Sebagai gantinya cabe rawitnya aku utuhin aja di kuah sayurnya. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga ya.

LONTONG SAYUR LABU SIAM 

Bahan :
lontong atau ketupat
2 buah labu siam, potong korek api
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit
1 blok tempe, potong dadu , goreng sebentar 
100 gr udang kecil, buang kulitnya
15 butir telur puyuh rebus
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
15 cabe rawit 
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
10 buah cabe merah besar (aku buang bijinya)
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
3 sdt garam (atau sesuai selera)
1-2 sdt gula pasir

Pelengkap :
bubuk kedelai
bawang goreng
kerupuk

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata.
- Masukkan udang, masak hingga berubah warna.
- Tuang santan, masukkan tahu, tempe dan telur puyuh. Masak hingga mendidih sambil diaduk.
- Masukkan labu siam dan cabe rawit bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang.
- Angkat dan siap disajikan dengan lontong dan pelengkapnya.






Alhamdulillah...benar-benar jadi menu "tombo pengen" jadi terasa nikmat banget. Eh ya kalau lebaran, Mama biasanya juga masak sayur labu siam ini, tapi tanpa udang dan telur puyuh tentunya. Biasanya menu Lebaran di rumah Mama terdiri dari rendang, sayur labu siam, opor ayam, sambel goreng ati, telur masak petis dan yang gak boleh ketinggalan adalah mendoan serta krupuk udang. Tuh... jadi inget Lebaran deh ya. 

Selamat mencoba & Happy Cooking

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

komentar
Friday, 6 June 2014 at 16:10:00 GMT+7 delete

Halo Bunda Nina,

Selamat sore, terima kasih buat resepnya yang sangat menggiurkan ini, membuat perut saya berteriak lapar!!! :) Saya Immanuel dari myTaste Indonesia, mohon agar Bunda memasukkannya kembali blog ini ke dalam http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs
Dan mohon di perhatikan untuk menambahkan (http://) di depan nama blog atau url.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

myTaste Indonesia
Immanuel Kabuhung

Reply
avatar
Monday, 9 June 2014 at 21:27:00 GMT+7 delete

Halo Pak Immanuel...terima kasih atas responnya. Sudah saya masukkan kembali dan sudah berhasil. Terima kasih ^^

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 10 July 2014 at 07:59:00 GMT+7 delete

Hi mba, duh semua mknn di blog mba sukses bikin lapar..menggiurkan sekali. Btw klu bikin bubuk kedelai bagaimana caranya? Maklum saya amatiran 😌 thanks ya.
-ira-

Reply
avatar
Monday, 14 July 2014 at 21:11:00 GMT+7 delete

TErima kasih Ira...caranya kedelai disangrai atau digoreng kemudian dihaluskan, bisa ditambahkan sedikit garam agar gurih

Reply
avatar
Tuesday, 30 December 2014 at 10:00:00 GMT+7 delete

Terimakasih artikenya sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, 16 July 2015 at 20:11:00 GMT+7 delete

Thank you for sharing your recipe!

Reply
avatar
Friday, 24 July 2015 at 14:23:00 GMT+7 delete

Mba Nina, aku udah 2x masak sayur ini. Enak banget. Hari ini masak lagi. Tp krn ga punya lontong ya makan pake nasi juga endessss.

Reply
avatar
Tuesday, 15 September 2015 at 23:31:00 GMT+7 delete

bun fungsi bubuk kedelai itu..tuk pa ya..? maap lo mau tau aja.makasi ya....

Reply
avatar
Wednesday, 16 September 2015 at 08:26:00 GMT+7 delete

Cuma sebagai pelengkap aja kok, biar tambah enak dan gurih. Kalau gak suka atau gak punya, bisa diskon juga gpp

Reply
avatar
Wednesday, 16 September 2015 at 08:26:00 GMT+7 delete

Cuma sebagai pelengkap aja kok, biar tambah enak dan gurih. Kalau gak suka atau gak punya, bisa diskon juga gpp

Reply
avatar
Wednesday, 16 September 2015 at 08:26:00 GMT+7 delete

Cuma sebagai pelengkap aja kok, biar tambah enak dan gurih. Kalau gak suka atau gak punya, bisa diskon juga gpp

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 13:43:00 GMT+7 delete

Waaa jadi ngiler siang2 liat resep ini
Iki resep mirip kaya masakan mamaku di Malang, kynya memang asal jawa timur ini 😂😂

Reply
avatar
Monday, 4 July 2016 at 19:52:00 GMT+7 delete

Halooo Aldila..yesss aku di Kediri, deket kan ama Malang ^^

Reply
avatar