KOHU-KOHU






Bismillah
Last minutes setor di event Masak Bareng Yuuk yang kali ini temanya adalah salad. Pastinya udah pada familiar donk ya dengan salad, baik itu salad yang asli Indonesia ataupun yang berasal dari luar negeri. Salad sendiri dapat diartikan sebagai sejenis makanan yang berupa sayur-sayuran atau buah-buahan yang disiram dengan berbagai bumbu atau saus. Salad asli Indonesia juga sangat beragam, misalnya pecel, asinan, rujak manis, rujak cingur, gado-gado, trancam, lotek, urap-urap dan lain sebagainya. 





Kali ini saya membuat kohu-kohu, yaitu salah satu salad tradisional Indonesia yang berasal dari Maluku. Kohu-kohu mirip dengan trancam atau urap-urap. Apabila sayurannya mentah, maka kohu-kohu ini mirip dengan trancam namun apabila sayurannya dimasak terlebih dahulu, maka kohu-kohu mirip dengan urap. Yang membedakan kohu-kohu dengan trancam ataupun urap adalah pemakaian ikan, bisa berupa ikan tongkol, ikan teri basah, cakalang ataupun tuna. Ikannya bisa dikukus atau dibakar terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan sayuran. Bisa disajikan utuh ataupun diambil dagingnya baru kemudian dicampurkan. Bumbu pelengkapnya juga memakai kelapa parut seperti trancam atau urap. Bedanya bumbu kohu ini memakai air jeruk nipis. Hmmm...jadi penasaran. Kali ini saya memakai ikan tongkol yang dikukus dan disuwir-suwir terlebih dahulu sebelum dicampurkan bumbu dan sayurannya.






KOHU-KOHU

Bahan :

1 ekor ikan tongkol ukuran sedang
1 jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
200 g tauge
10 lonjor kacang panjang, iris 1/2 cm
15 tangkai kemangi, petik daunnya
1 buah mentimun, buang isinya dan potong dadu kecil
1/2 buah kelapa, parut memanjang

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 cabe merah
3 cabe rawit
1 sdt terasi goreng
2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat :
- Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sejenak kemudian kukus hingga matang.
- Suwir-suwir ikan tongkol, sisihkan.
- Aduk kelapa parut dan bumbu halus hingga rata kemudian campurkan ke sayuran dan ikan tongkol suwir. Aduk rata.
- Segera sajikan.





Kohu-kohu lebih baik segera disajikan sesaat setelah dicampurkan. Pemakaian timun akan mengakibatkan kohu-kohu berair apabila tidak segera disantap. Rasanya memang unik karena ada aroma ikan di dalamnya. Lain kali ingin juga mencoba dengan ikan yang dibakar, kayanya lebih menggoda ya aromanya. Salad khas Maluku ini memang patut dicoba lho ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »