VERY BANANA CAKE




Bismillahirrohmanirrohim
Resep very banana cake ini sudah ku bookmark sejak bulan lalu. Biasa deh, sebagai banana cake lover, selalu tertarik dengan judul banana cake yang 'mengundang' untuk dicoba. Resep ini kulihat di dailydelicious, dengan tag line for banana lover like me. Jadi penasaran kan baca judulnya hehehe. Banana cake-nya memang cantik sekali dengan topping pisang dan taburan gula di atasnya. Kebetulan beberapa hari yang lalu stok pisang ambon masih banyak di rumah, belum sampai menghitam sih kulitnya tapi akunya sudah keburu pengen bikin banana cake. Jadinya nekad bikin aja deh, mumpung mood bakingnya mulai muncul hihihi. Takutnya kebablasan jadi baking blue alias malees baking. 



Aku hanya modif sedikit dari resep aslinya, takaran gulanya aku kurangi karena pisang yang kupakai manis sekali. Selain itu di resep asli pakai whipping cream cair, sedangkan aku pakai whipping cream bubuk yang dicairkan. Resep asli memakai loyang ukuran 20x20 cm dengan topping potongan pisang di atasnya dan taburan gula torbinado. Aku gak ngerti, apa yang dimaksud gula torbinado itu. Karena aku pakai loyang tulban, jadi aku skip topping pisang dan tentunya taburan gulanya.

VERY BANANA CAKE

Bahan :
195 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
130 gr butter
120 gr gula pasir halus
1 butir telur
1/2 sdt vanilla
190 gr pisang, haluskan
85 gr whipping cream (aku pakai 20 gr whipcream bubuk ditambahkan air matang hingga berat 85 gr, aduk rata)
1 sdt air lemon

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban), oles margarin dan alasi kertas roti. Karena pakai loyang tulban, jadi aku oles margarin dan taburi sedikit terigu.
- Campur dan ayak, tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Tuang air lemon ke dalam whipping cream, aduk rata dan sisihkan.
- Kocok butter hingga hingga lembut, masukkan gula dan kocok kembali hingga agak pucat. Masukkan vanilla. Kocok hingga tercampur rata.
- Masukkan telur, kocok hingga tercampur rata kemudian masukkan pisang yang sudah dihaluskan. Lanjutkan mengocok hingga rata. 
- Tuang 1/3 bagian tepung terigu, aduk hingga rata kemudian tuang sebagian whipping cream. Aduk rata.
- Tuang kembali 1/3 bagian tepung terigu, aduk rata dan tuang sisa whipping cream. Aduk rata.
- Tuang sisa tepung terigu. Aduk rata (diawali dan diakhiri dengan terigu ya).
- Tuang ke dalam loyang, panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. 
- Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang selama kurang lebih 10 menit baru dibalikkan ke cooling rack.





Teksturnya cukup moist, tidak terlalu padat dan manisnya sudah pas menurutku. Enak sih, tapi kalau disuruh memilih aku tetap lebih suka dengan resep soft & moist banana cake atau resep banana cake ala Joy of Baking yang kuposting disini. Dicobain aja resep-resepnya ya jadi kita bisa milih yang sesuai dengan selera. Seperti biasanya kalau bikin banana cake selalu cepat ludesnya. Ini selama proses foto, udah ada 2 gadis cilik yang gak sabar pingin nyoba cake-nya hehehe. Jadi gak boleh lama-lama ya fotoinnya.

Eh ya...akhir-akhir ini aku ngerasa susah banget dapat foto yang pas kalau memakai banyak properti. Gak tau juga kenapa. Udah berbagai angle dicoba tapi hasilnya tetap aja aneh menurutku, ada yang propertinya seakan-akan mengganggu fokus utama atau bahkan yang lebih parah, gak jelas mana fokusnya hihihi. Jadinya bisa dilihat kalau akhir-akhir ini aku jarang banget pakai properti macam-macam. Hasilnya memang belum oke juga sih, tapi menurutku masih mendingan dibanding dengan yang memakai banyak properti. Maklum super amatir banget  heuheuheu. Semoga nanti ada kesempatan untuk bisa belajar lagi yaa.



Happy Baking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
Monday, 29 September 2014 at 03:39:00 GMT+7 delete

Assalaamu'alaykum...mb bisa dikukus kah?

Reply
avatar
Tuesday, 30 September 2014 at 23:31:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam...
maaf saya belum pernah nyoba

Reply
avatar