TERANG BULAN

Bismillahirrohmanirrohim
Mungkin ada yang kurang familier dengan nama jajanan terang bulan, tapi setelah tau penampakannya, pasti deh banyak yang tau. Yups...terang bulan itu sama dengan martabak manis. Di tempatku, memang lebih familier dengan nama terang bulan. Kenapa dinamakan terang bulan ya? Mungkin karena permukaannya yang berlubang-lubang kecil seperti permukaan bulan atau bisa juga karena bentuknya yang bulat seperti bulan purnama. Nanti setelah dilipat / ditumpuk, jadinya kaya bulan separo ya. Kalau udah dipotong-potong...ya gak mirip bulan lagi deh hihihi.








Terang bulan biasanya dijajakan bersama dengan martabak telur. Teksturnya kenyal dan memiliki serat-serat yang cantik. Untuk isiannya bisa terdiri dari coklat, keju, kacang-kacangan bahkan ada juga yang memakai selai. Silahkan disesuaikan aja dengan selera keluarga. Biasanya kalau bikin terang bulan atau martabak manis, aku bikinnya di teflon atau di snack maker yang kecil-kecil itu. Gara-gara liat terang bulan buatan mbak Fifi yang keren banget, jadi deh kepikiran buat hunting cetakannya. Biasanya kalau penjual terang bulan, pakai cetakan yang dari besi. Berat banget deh cetakannya dan tentu saja harganya mahal ya. Kalau punyaku ini bukan yang dari besi, bahannya mirip dengan cetakan kue lumpur atau pukis yang kupunya. Harganya juga murah meriah, cukup 40 ribu saja hehehe. Jauh banget dibandingkan dengan yang bahannya besi, harganya 100 ribu lebih.

Karena terpesona dengan terang bulan buatan mbak Fifi, jadi kali ini aku buat pakai resep mbak Fifi juga. Resep asli bisa dilihat disini. Resepnya mirip sih dengan resep yang biasa aku pakai, cuma resep yang ini memakai baking powder. Aku bikin 1/2 dari resep aslinya dan jadi 2 loyang cetakan ukuran 22 cm.

TERANG BULAN

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
1 kuning telur
350 ml air
1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan tambahan per loyang :
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Bahan taburan per loyang :
1 sdm margarin
1 sdm gula pasir
2-3 sdm meises
50 gr keju cheddar parut
susu kental manis (SKM) secukupnya
(atau bisa memakai taburan sesuai selera ya)

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.
- Beri pewarna kuning telur ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut (versi mbak Fifi bisa juga diuleni).
- Diamkan adonan selama 1 jam. Adonan siap digunakan.
- Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi adonan menjadi 2 bagian (aku memakai cetakan diameter 22 cm). 
- Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa / berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
- Oles terang bulan dengan margarin, taburi meises, keju cheddar dan SKM . Potong 2 bagian sama besar dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarin.
- Siap disajikan.

Notes :
- Cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas ya. Sebelum adonan dituang seluruhnya, bisa ditest dengan menuang sedikit adonan.
- Masak dengan api kecil / sedang agar kulitnya tidak cepat gosong. Aku memakai alas berupa loyang bekas.
- Penambahan baking powder dan soda kue ke dalam adonan sebelum dituang tergantung pada ukuran cetakan ya. 1/4 sdt baking powder dan soda kue untuk cetakan ukuran 22 cm.



sesaat setelah ditaburi gula dan akan ditutup



Seratnya tidak seheboh dan sehalus buatan mbak Fifi, tapi Alhamdulillah masih kelihatan dikit-dikit lah seratnya hihihi. Semoga nanti kalau bikin lagi, seratnya bisa semakin cantik ya. Masih penasaran banget pengen bisa bikin yang terang bulan yang berserat halus. Yang bikin senang lagi...terang bulan ini laris manis, ludes dalam waktu singkat...asyiik kan.




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »