MISOA GORENG



Bismillahirrohmanirrohim
Haloo...pastinya udah pada tau kan misoa goreng? Gorengan yang satu ini memang cukup familiar dan banyak penggemarnya. Pastinya udah pada bisa juga kan bikinnya, karena memang cukup mudah dan simpel proses pembuatannya. Misoa goreng juga sangat mudah divariasikan menyesuaikan selera keluarga. Kalau aku biasanya bikin dengan campuran wortel dan daging atau ayam cincang. Bisa juga diberi campuran sosis, jamur atau bahkan udang. Bahan pelapisnya juga bisa menggunakan panir, jadi nanti terlihat seperti nugget atau yang lebih umum hanya memakai kocokan telur. Sama enaknya kok.
Misoa goreng ini enak sekali disajikan hangat dengan cocolan saus sambal atau dengan cabe rawit. Teksturnya tentu saja lembut khas misoa.

Pertama kali tau misoa goreng dari salah satu kerabat saat masih SMA dulu. Beliau sering sekali membuat misoa goreng dan aku juga sering banget ngicipin hehehe. Dulu waktu masih belum tertarik belajar masak dan baking, misoa goreng dan macaronie schotel benar-benar jadi andalanku kalau pengen bebikinan di dapur. Yaa...gimana gak jadi andalan, karena memang cuma 2 itu yang bisa aku bikin hihihi.




Pastinya udah pada bisa kan bikin misoa goreng, gak apa ya tetap aku posting resepnya. Kali ini aku bikin dengan isian wortel dan ayam cincang aja karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

MISOA GORENG

Bahan :
250 gr misoa
700 ml air
1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
1 buah wortel iris dadu kecil
100 gr ayam cincang, tumis hingga matang
1 batang daun bawang, cincang halus
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 butir pala, haluskan
1 sdm minyak untuk menumis
minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Pelapis :
3 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih halus hingga harum dan layu. Angkat dan sisihkan.
- Didihkan air, masukkan wortel dan masak sebentar hingga agak lunak.
- Masukkan bumbu tumisan dan ayam cincang. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk dan pala. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masukkan daun bawang dan misoa. Masak hingga air terserap. Matikan api.
- Tuang di loyang yang sudah dioles tipis minyak atau margarin. Biarkan hingga dingin dan set.
- Setelah dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.
- Celupkan ke dalam kocokan telur dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan, siap disajikan hangat dengan saus sambal atau cabe rawit.


Misoa yang sudah set dan dingin


Setelah dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong




Misoa goreng ini oke juga dijadikan salah satu isian snack box. Tinggal taruh di paper cup, beri cabe rawit atau saus sambel sachet, cakep deh. 
Selamat mencoba ya ^_^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

21 komentar

komentar
Tuesday, 28 October 2014 at 13:47:00 GMT+7 delete

Halo mba nina, salam kenal. Seneng bgt nemu resep misoa ini, saya pgn nyoba jadinya mba. Tp mba kl boleh tau, mba pakai loyang ukuran brp ya? Trus hasilnya jadi brp potong?

Reply
avatar
Thursday, 30 October 2014 at 22:54:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Citra. Saya pakai loyang 20 cm. Hasil jadinya, tentu tergantung mau dipotong seberapa besar hehehe. Saya untuk konsumsi keluarga mbak, jadi gak ngitungin hasil jadinya brapa potong.

Reply
avatar
Monday, 24 November 2014 at 13:21:00 GMT+7 delete

Mbk maaf itu dikukus nya dikasih telor gak ya? Apa hanya pas goreng aja

Reply
avatar
Tuesday, 25 November 2014 at 21:13:00 GMT+7 delete

dikukus tanpa telur mbak, seperti yang saya cantumkan di resep

Reply
avatar
Saturday, 3 January 2015 at 11:12:00 GMT+7 delete

misoa beda dengan bihun, kalau misoa dibuat dari tepung terigu

Reply
avatar
Sunday, 18 January 2015 at 19:45:00 GMT+7 delete

Mbak nina itu misoanya di rebus dulu atau langsung dimasak ya mbak ?

Reply
avatar
Wednesday, 21 January 2015 at 23:30:00 GMT+7 delete

langsung dimasak mbak, karena misoa tidak perlu dimasak terlalu lama

Reply
avatar
Sunday, 10 May 2015 at 13:26:00 GMT+7 delete

mbak nina salam kenal.. mau nanya mbak air yang 700ml itu dituanginnya pas kapan mbak, sama satu lagi dikukusnya berapa menit? maap ya mbak pertanyaanya banyak hehe..

Reply
avatar
Wednesday, 13 May 2015 at 21:01:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Novita, air yang 700 ml itu yang dididihkan dan untuk merebus wortel. Di step no 2 ya mbak

Reply
avatar
Friday, 19 June 2015 at 03:02:00 GMT+7 delete

Mbak misoa dit4 ku ngk da, klw diganti bihun bisa ngk y,,,,,

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 07:11:00 GMT+7 delete

Bisa mbak Putri, tapi beda tekstur yaa

Reply
avatar
Anonymous
Wednesday, 22 July 2015 at 15:20:00 GMT+7 delete

Mbak, mau nanya, di dingininnya itu dimasukin ke dalam kulkas atau di taruh luar saja? Terima kasih

Reply
avatar
Saturday, 25 July 2015 at 01:12:00 GMT+7 delete

Bunda Nina, makasih share resepnya.
Saya pernah makan, tp blm perna bikin sndiri.
Itu ada step di kukus nya yah bunda?
Ato langsung di cetak di loyang?

Biasa proses di dinginkan perlu waktu berapa lama yah?

Makasih sebelumnya..

Reply
avatar
Friday, 31 July 2015 at 06:41:00 GMT+7 delete

Kalau msh panas, jangan dimasukkan kulkas, didinginkan suhu ruang aja. Setelah tdk panas, boleh dimasukkan kulkas

Reply
avatar
Friday, 31 July 2015 at 06:41:00 GMT+7 delete

Kalau msh panas, jangan dimasukkan kulkas, didinginkan suhu ruang aja. Setelah tdk panas, boleh dimasukkan kulkas

Reply
avatar
Friday, 31 July 2015 at 06:43:00 GMT+7 delete

Seperti yg tertulis di resep, tdk saya kukus mbak Ovi

Reply
avatar
Monday, 14 September 2015 at 17:02:00 GMT+7 delete

Mba mau tanya ini kalo masak dr malam baru d goreng telornya Bsk pagi bs mb?

Reply
avatar
Monday, 14 September 2015 at 17:08:00 GMT+7 delete

Bisa banget mbak, saya biasanya juga gitu. Pagi tinggal ngeluarin dari kulkas dan digoreng pake telur

Reply
avatar
Tuesday, 5 January 2016 at 17:16:00 GMT+7 delete

Habis dimasukin loyang dikukus ngga mba? ko gada bacaannya dikukus , jd abis masuk loyang diapain mba?

Reply
avatar
Saturday, 9 January 2016 at 20:45:00 GMT+7 delete

Emang gak usah dikukus mbak, dinginkan aja nanti akan set kok

Reply
avatar