CUMI MASAK SAUS PADANG



Postingan tentang simple menu lagi. Pastinya tetap menu yang cepat, mudah tapi juga enak. Beberapa hari yang lalu pagi-pagi pergi ke pastrad dalam keadaan gak punya ide mau masak apa hari ini. Lewat di penjual ikan, akhirnya ketemu juga deh pengennya masak apa hehehe. Selain belanja ikan, aku juga beli cumi-cumi yang langsung kuolah sepulang dari pasar. Eh..gak langsung dimasak sih, tapi cuma dibersihkan, dibumbui dan mempersiapkan bumbu-bumbu lainnya kemudian simpan cuminya di kulkas. Menjelang makan siang, aku sudah sampai di rumah lagi dan langsung masak hehehe. Terkesan ribet mungkin ya, kenapa juga gak langsung dimasak, jadi saat makan siang tinggal hap..hap aja. Terkadang pengennya sih gitu, tapi kalau waktunya sudah mepet dan aku harus segera berangkat lagi, yaaa...masaknya lanjut sebelum makan siang. Jadi gak heran kalau masakannya rata-rata simpel dan cepat. Weeew...kepanjangan curcolnya.

Cuminya kuolah menjadi cumi masak saus padang. Tadinya mau dimasak cumi lada hitam, tapi ganti haluan karena pengen yang ada asam pedasnya. Cumi masak saus padang sebenarnya bukan berarti masakan ini berasal dari Padang. Biasanya menu masakan Padang kan kaya akan bumbu dan rempah sehingga kaya rasa juga. Kalau cumi masak saus padang ini, asli bumbunya simpel banget. Entah kenapa dinamakan cumi masak saos padang, mungkin karena warnanya yang merah seperti beberapa jenis masakan Padang. Dulu sudah pernah kuposting ya resepnya, kali ini kutuliskan lagi.




CUMI MASAK SAUS PADANG

Bahan :
500 gr cumi, cuci bersih, buang tinta dan kulitnya
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
1 bawang bombay ukuran sedang, iris memanjang
2 cabe merah besar, iris serong
4 sdm saus tomat
3 sdm saus sambal
1 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula pasir secukupnya
150 ml air
2 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 cabe merah 
4 cabe rawit

Cara Membuat :
- Potong-potong cumi, kucuri jeruk nipis dan beri garam. Aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bawang bombay dan cabe merah hingga harum.
- Masukkan saus tomat, saus sambal dan saus tiram. Aduk rata.
- Tambahkan garam dan gula pasir, masak sambil diaduk hingga meletup-letup.
- Masukkan air, masak hingga mendidih. Test rasa.
- Masukkan cumi, masak hingga bumbu meresap dan matang. Jangan terlalu lama memasaknya ya karena cumi yang dimasak terlalu lama akan jadi keras / alot teksturnya.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.
- Angkat dan siap dihidangkan hangat.

Disajikan dengan nasi hangat...Alhamdulillah nikmat sekali. Semakin pedas kayanya semakin enak rasanya, silahkan disesuaikan dengan selera aja ya.
Happy Cooking


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Monday, 8 May 2017 at 22:51:00 GMT+7 delete

Hai mba salam kenal. Senang liat blognya. Resepnya simpel tapi enak

Reply
avatar