CAKE KUKUS LABU KUNING LAPIS COKLAT



Bismillahirrohmanirrohim
Aku suka sekali dengan olahan labu kuning. Setiap ke pasar dan melihat penjual labu kuning, pasti disempatkan untuk membeli. Di tempatku, labu kuning tidak harus beli sebutir utuh, tapi biasanya penjualnya sudah menyediakan labu kuning dalam bentuk potongan. Selain dibuat kolak labu, biasanya labu kuning ini aku kukus dan haluskan untuk kemudian disimpan di dalam freezer. Sewaktu-waktu aku ingin membuat olahan labu, harta karun labu kuning ini siap untuk dikeluarkan hihihi. Anak-anakku suka sekali dengan donat dan roti labu kuning. Selain teksturnya yang lebih lembut, tentu saja warnanya jadi lebih cantik. Kalau aku sendiri suka dengan kue lumpur labu kuning. Menurutku tidak kalah enak dibanding kue lumpur kentang lho. 

Kebetulan masih ada sisa 1 pack pure labu kuning di freezer dan kali ini aku olah menjadi cake kukus favorit keluargaku. Resepnya diambil blog inspiratif milik Mbak Diah Didi. Menurut beliau, resep asli didapat dari Tabloid Saji edisi lama. Aku sudah beberapa kali membuat cake labu dengan resep ini, tapi karena keseringan malasnya, biasanya aku langsung tuang aja ke loyang hehehe. Jadi baru kali ini aku bikin sesuai resep asli yang berlapis coklat. Resepnya simpel dengan bahan-bahan yang sederhana, tapi hasilnya enaak banget. Teksturnya moist dan lembut serta manisnya pas. Recomended untuk dicoba deh ^_^




CAKE KUKUS LABU KUNING LAPIS COKLAT

Bahan :
75 gr pure labu kuning (labu kuning dikukus dan dihaluskan)
75 ml santan dari 1/4 butir kelapa (aku pakai 50 ml santan instan ditambahkan air hingga 75 ml)
3 butir telur
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt emulsifier (aku pakai SP)
85 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah)
15 gr susu bubuk full cream
1/4 sdt vanilli bubuk
1/2 sdt pasta coklat

Bahan Taburan :
coklat serut (bisa juga pakai meises) secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan cetakan plastik / cetakan bolu sakura, oles tipis minyak. Gunakan cetakan kecil tapi agak tinggi ya, agar lapisannya bisa terlihat cantik.
- Blender pure labu kuning bersama santan kemudian saring hingga halus. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier hingga mengembang dan kental.
- Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak, sambil diaduk hingga rata. Bisa juga menggunakan mixer speed rendah sebentar saja ya.
- Masukkan campuran labu kuning sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur rata. 
- Ambil 1/3 adonan, beri pasta coklat dan aduk hingga rata.
- Tuang adonan coklat hingga 1/3 tinggi cetakan. Kukus ke dalam kukusan yang sudah panas selama 5-7 menit dengan menggunakan api sedang.
- Tabur coklat serut / meises, kemudian tuang adonan kuning hingga cetakan penuh. Kukus kembali hingga matang kurang lebih selama 10-15 menit.
- Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Notes :
- Apabila memakai dandang, jangan lupa bungkus tutupnya dengan lap bersih sehingga tetesan air tidak jatuh ke kue. Apabila memakai klakat, tidak perlu membungkus tutupnya dengan lap.
- Masukkan adonan ketika air dalam kukusan sudah mendidih dan gunakan api sedang selama proses pengukusan.






Kue ini enaak banget dinikmati dalam keadaan hangat, karena coklat serutnya masih meleleh di dalamnya. Kue ini juga masih tetap lembut ketika dinikmati keesokan harinya lho. Kebetulan kemarin sengaja aku simpan 1 untuk dilihat teksturnya ketika sudah menginap. Ketika masih hangat, kue ini sudah jadi rebutan karena ya itu ingin dapat lelehan coklatnya hihihi. Aku sempatkan ambil 4 buah untuk foto-foto, itu pun setelah selesai yang 3 langsung ludes. Duuh...kayanya anak-anak kangen ya sama cake buatan bundanya heuheuehe. Alhamdulillah..




Karena difoto dalam keadaan dingin, jadinya isian coklatnya gak terlihat meleleh ya. 

Kalau malas buat lapisan, bisa langsung dituang ke dalam cetakan, yaa...seperti yang kulakukan biasanya. Tapi memang rasanya lebih spesial yang ada lapisan dan isian coklatnya, jadi jangan malas kaya aku ya :)

Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga. Happy Steaming...



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

15 komentar

komentar
Friday, 30 May 2014 at 15:37:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak..
Photonya cantik banget..

Reply
avatar
Saturday, 31 May 2014 at 09:42:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak Murlina, terima kasih ya ^_^ Masih belajaran ini

Reply
avatar
Friday, 27 June 2014 at 07:44:00 GMT+7 delete

Kemaren pas belanja liat labu.. tiba2 inget postingan mba yg ini langsung beli deh.. mba mau tny kalau filling nya diganti keju kira2 aneh ga ya rasanya? Makasih mba

Reply
avatar
Friday, 27 June 2014 at 21:10:00 GMT+7 delete

halo Putri...kayanya tetap enak deh, apalagi kalau pakai keju yang quick melt. duuh...jadi pengen nyoba juga nih hehehe

Reply
avatar
Friday, 27 June 2014 at 21:10:00 GMT+7 delete

halo Putri...kayanya tetap enak deh, apalagi kalau pakai keju yang quick melt. duuh...jadi pengen nyoba juga nih hehehe

Reply
avatar
Saturday, 28 June 2014 at 08:07:00 GMT+7 delete

Saya sudah coba mba semalem.. pake keju quick melt.. nyummmyyyy... hhuu.. saya iseng masukin isinya macem2 ada yg isi meses warna warni ada yg isi coklat serut ada yg isi keju.. ahaha jd pas mau makannya tebak2an "ini isinya apa ya".. hehehe

Reply
avatar
nitta
Wednesday, 26 November 2014 at 15:19:00 GMT+7 delete

Selamat Sore Bunda Nina, bund mau nanya cara buat pure labunya gimana ya? mohon petunjuknya bunda, karena saya belum pernah buat bulu bahan labu.. hehehehe
makasih bunda.. :)

Reply
avatar
Tuesday, 10 March 2015 at 14:32:00 GMT+7 delete

Besok aku ujian fraktik mau coba resef ini

Reply
avatar
Monday, 24 August 2015 at 12:31:00 GMT+7 delete

baru tau ternyata labu bisa dijadikan bahan untuk membuat cake... nice sharing :)

Reply
avatar
Friday, 4 December 2015 at 17:12:00 GMT+7 delete

Hai mbak nina, mau tanya ini satu resep jadi brapa ya? Loyangny kecil2 ya mbak ?
Thanks ya buat share resepnya :)

Reply
avatar
Wednesday, 11 May 2016 at 13:13:00 GMT+7 delete

Mba Nina, salam kenal. Sering bnget nih mampir ke sini, hehe..mau tanya, ini memamg ga pakai margarin cair, ya mb? Seperti resep cake biasanya...kebetulan ada sisa labu kuning, liat ini jadi pngen :D....makasih mba Nina..

Reply
avatar
Wednesday, 21 December 2016 at 13:43:00 GMT+7 delete

kalau pakai nya susu kental manis bisa nggak bund?

Reply
avatar