BANANA CEREAL COOKIES

Bismillahirrohmanirrohim
My first cookies in 2014 hihihi. Terakhir bikin cookies bulan Ramadhan tahun lalu dan baru bikin lagi sekarang ini. Kebiasaan setiap habis ngerjain cookies di bulan Ramadhan, pasti deh bikin cookiesnya di tahun berikutnya hahaha. Kayanya masih kebayang-bayang capeknya ngerjain cookies, jadi males banget. 
Kalau sekarang ini, mumpung lama gak bikin cookies jadi disempatkan bikin. Keluargaku pastinya udah gak eneg lagi sama aroma-aroma cookies di rumah seperti halnya kalau Ramadhan tiba hehehe. Kebayang deh, kalau tiap Lebaran pasti udah gak ada yang doyan ama cookies. Mending makan krupuk deh daripada makan cookies. 







Karena masih pemanasan, jadi bikinnya cookies yang gampang-gampang aja, yaitu bikin drop cookies. Sesuai dengan namanya drop cookies ini bikinnya cukup disendokin aja ke loyang, tanpa harus ribet membentuk atau mencetak. Spesial untuk anak-anakku kali ini aku membuat drop cookies yang ada campuran pisang dan cereal, yaitu Banana Cereal Cookies. Resepnya diambil dari Buku Sedap dengan sedikit modifikasi. Selama ini belum pernah bikin cookies yang memakai pisang, jadinya penasaran dengan hasilnya.

BANANA CEREAL COOKIES

Bahan :
100 gr butter dingin, potong dadu kecil
70 gr margarin
75 gr gula pasir yang dihaluskan
125 gr pisang ambon, haluskan (berat tanpa kulit)
2 kuning telur
220 gr tepung terigu protein rendah (bisa pakai protein sedang)
20 gr susu bubuk full cream
25 gr maizena
1/2 sdt baking powder
50 gr cereal (aku pakai Milo yang bentuknya bola-bola kecil)

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, kocok butter, margarin dan gula kurang lebih selama 1-2 menit, hingga asal tercampur rata.
- Masukkan pisang ambon, kocok rata.
- Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
- Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dan baking powder dengan cara diayak sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
- Masukkan cereal, aduk rata.
- Siapkan loyang, alasi dengan silpat atau oles tipis margarin. Cetak cookies dengan cara disendokkan, beri jarak satu dengan yang lainnya.
- Panggang dalam oven suhu 140'C hingga bagian bawah kecoklatan dan matang.
- Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin di atas cooling rack baru dimasukkan ke wadah kedap udara.

Kalau tidak ada cereal, bisa juga diganti dengan chocochips ya. Bisa juga ditambahkan potongan kismis atau kurma di dalamnya. Cookies ini juga bisa dimodifikasi menjadi oatmeal banana cookies, yaitu dengan mensubstitusi beberapa bagian tepung terigu dengan oatmeal. 
Pas dipanggang...aromanya tuh udah keluar kemana-mana. Harumnya butter dipadukan dengan aroma pisang, enaak deh. Kayanya kalau diberi sedikit campuran kayu manis bubuk juga sedap ya. Ntar kapan-kapan coba bikin lagi. Jangan lupa setiap membuat cookies, selalu gunakan api kecil ya. Kalau ovenku maksimal di suhu 140'C, sering juga aku bikin hanya pakai suhu 120'C dengan waktu yang lebih lama. Kalau semua rak di oven terpakai, jangan lupa untuk merotasi loyang sehingga semua cookies bisa matang sempurna dan penampilannya juga cantik.




Surpraise buatku, ternyata banana cookies ini juga renyah lho. Tadinya kan penasaran, apa bisa ya cookies yang ditambahkan pisang bisa renyah, ternyata bisa juga. Setelah matang, aroma pisangnya memang tidak terlalu terasa dibandingkan jika kita membuat banana cake misalnya, mungkin kalah dengan aroma butternya. Di cookiesnya ada bintik-bintik berwarna keemasan, ya itu pisangnya.     




Karena udah lama banget gak makan cookies buatan bundanya, gak heran kalau anak-anak suka bangeet.  Alhamdulillah...
Adek tuh udah langsung pelukin toplesnya dan duduk manis ngemil cookies di teras belakang rumah Yangtinya hihihi. Pantesan dicariin gak ada, ternyata lagi santai-santai ngemil di belakang ^_^



Semoga bisa jadi salah satu inspirasi cookies untuk keluarga ya. Happy Baking



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Tuesday, 27 May 2014 at 22:05:00 GMT+7 delete

hihihi...lumayan lah vero buat pemanasan bundanya dan buat cemilan anak-anak ^_^

Reply
avatar