BANANA BREAD WITH CREAM CHEESE FILLING



Bismilllahirrohmanirrohim...
Late post again....seperti biasanya hehehe. Bikin banana bread ini udah 1 minggu lebih dan baru bisa diposting sekarang. Kebetulan lagi-lagi dapat kiriman pisang kepok yang manis sekali, jadi enak sekali diolah menjadi cake. Aku lupa sih, namanya pisang kepok apa, karena ternyata pisang kepok juga bermacam-macam jenisnya ya.
Sebenarnya sudah sering juga bikin banana bread, karena memang ini favorit keluarga. Banana bread juga mudah dikreasikan sesuai dengan selera, misalnya saja dengan menambahkan chocochips, keju, kismis, buah kering lainnya dan juga kacang-kacangan. Kali ini aku menambahkan cream cheese sebagai fillingnya.

Menurut Joy of Baking, banana bread bisa dikategorikan sebagai salah satu menu Breakfast and Brunch karena memang cukup mengenyangkan dan dapat dijadikan bekal. Banana bread juga termasuk dalam kategori "quick bread" atau simple cake karena memang membuatnya cukup mudah dan prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Masih setia dengan resep asli dari Joy of Baking yang kemudian dimodifikasi dengan menggunakan cream cheese filling. Ide memakai cream cheese filling ini karena aku dulu pernah membuat Pumpkin Bread ala Joy of Baking. Suka banget dengan fillingnya dan ternyata cocok juga digunakan pada banana bread.

BANANA BREAD WITH CREAM CHEESE FILLING

Bahan :
230 gr tepung terigu protein sedang
100 gr gula pasir
30 gr gula palem
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gr butter / margarin leleh (aku mix)
400 gr pisang yang matang (aku pakai pisang kepok), lumatkan dengan garpu
1 sdt vanilla 

Cream Cheese Filling :
115 gr cream cheese suhu ruang
35 gr gula pasir
1 butir telur ukuran kecil (atau 1/2 butir telur ukuran sedang)
---> campur semua bahan, mixer sebentar hingga lembut dan tercampur rata.

Topping :
almond slice atau bisa sesuai selera

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C dan siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 20x10x7 cm). Oles dasar dan sisi loyang dengan margarin kemudian taburi terigu. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam. Tambahkan gula pasir dan gula palem. Aduk rata dan sisihkan.
- Dalam sebuah wadah, campurkan pisang, telur, margarin / butter leleh dan vanilla. Aduk hingga rata.
- Masukkan ke dalam campuran terigu, aduk balik hingga tercampur rata, jangan overmix ya.
- Tuang 2/3 adonan ke dalam loyang, kemudian tuang cream cheese filling di atasnya. Ratakan.
- Tuang kembali sisa 1/3 adonan, ratakan kemudian taburi almond slice.
- Panggang selama kurang lebih 50-60 menit atau hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dan dinginkan di cooling rack.

Notes :
- Saat melakukan test tusuk, adonan cream cheese filling akan terasa basah, nanti akan set dengan sendirinya ketika dingin. Lakukan juga test sentuh di tepi-tepi loyang sampai ke bawah, apabila sudah tidak ada adonan menempel berarti sudah matang.







No comment soal rasanya ya hihihi. Niatnya sih untuk bekal jalan-jalan keesokan harinya, ternyata paginya tinggal 2 slice aja tuh. Yang belum pernah nyoba bikin banana bread, hayuuk monggo dicobain, siapa tau bakal jadi salah satu resep favorit keluarga ^^

Happy Baking 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »