WHOLE WHEAT BANANA CAKE



Bismillahirrohmanirrohim...
Kali ini aku membut banana bread yang terbuat dari whole wheat atau gandum utuh. Gandum merupakan bahan baku utama dalam pembuatan tepung terigu. Gandum yang digiling hingga biji gandum yang paling dalam akan menghasilkan tepung terigu. Sedangkan gandum yang hanya dibuang biji luarnya saja kemudian digiling akan menghasilkan tepung gandum. Proses penggilingan gandum menjadi tepung terigu mengakibatkan banyaknya nutrisi yang hilang, misalnya fiber (serat), vitamin E dan vitamin B, magnesiun, selenium dan lain sebagainya. Hal ini yang menjadikan tepung gandum mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tepung terigu biasa. 

Whole wheat atau tepung gandum utuh mempunyai banyak manfaat, diantaranya adalah untuk menjaga berat badan ideal, menurunkan kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung, bermanfaat bagi penderita sembelit dan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Segudang manfaat yang bisa diperoleh dari gandum utuh tersebut mengakibatkan roti atau cake gandum banyak disukai terutama oleh orang-orang yang peduli dengan kesehatan.

Kebetulan ada stok pisang yang dibiarkan menghitam kulitnya, pertanda pisang sudah matang sekali. Hmmm....tentu saja yang terbayang adalah banana cake favoritku. Kali ini aku membuatnya dengan menggunakan tepung gandum. Untuk memperkaya rasa, aku memakai gula palem dan madu. Apabila suka dengan yang lebih manis bisa dimix atau ditambahkan sedikit gula pasir ya. Aku memakai pisang ambon yang manis sekali, sehingga aku sudah pas dengan rasa manisnya. Bisa juga menggunakan pisang cavendish ataupun pisang raja. Selalu gunakan pisang yang sudah benar-benar matang ya.







WHOLE WHEAT BANANA CAKE

Bahan :
120 gr butter
150 gr gula palem
1 sdt vanilla
4 buah pisang ambon, potong dadu kecil atau lumatkan.
2 butir telur ukuran besar
220 gr tepung gandum 
1/2 sdt soda kue
70 ml madu

Topping :
almond slice

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang (aku pakai loyang loaf), olesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
- Kocok butter dan gula palem hingga lembut. Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
- Masukkan pisang, kocok hingga tercampur rata.
- Masukkan telur satu persatu, kemudian masukkan madu. Kocok perlahan sebentar saja.
- Masukkan tepung gandum dan soda kue, aduk hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang kemudian taburi almond slice.
- Panggang hingga matang, lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dan keluarkan dari loyang. Biarkan hangat baru dipotong-potong.

Teksturnya memang berbeda dengan banana cake yang memakai tepung terigu. Lebih soft dan moist cake yang menggunakan tepung terigu biasa. Yaa...memang begitulah yang khas dari penggunaan tepung gandum utuh kan. Rasanya tetap enak khas banana cake, apalagi aroma gula palemnya sangat menggoda sekali. Untuk alternatif resep banana cake, mungkin resep ini bisa dicoba ya. Apalagi dengan menkonsumsi gandum utuh, segudang manfaat bisa kita peroleh kan. 
Semoga sesuai dengan selera keluarga ya ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
Friday, 6 February 2015 at 21:45:00 GMT+7 delete

Mbak knapa ya pas saya buat bolu pisang kukus pake tepung gandum kukus malah ga ngembang?

Reply
avatar
Tuesday, 10 February 2015 at 21:15:00 GMT+7 delete

saya belum pernah bikin bolu pisang kukus pakai tepung gandum. Memang tepung gandum itu kan lebih berat dibanding terigu, tapi mengembang atau tidaknya tidak selalu karena faktor tepung gandum ya. CMIIW

Reply
avatar