SAUSAGE PINWHEEL PIZZA



Bismillahirrohmanirrohim
Sudah lama penasaran ingin membuat pinwheel pizza. Pizza ini bentuknya lucu seperti roda, atau kalau anakku bilang bentuknya seperti matahari. Tadinya sempat bingung sih, mau bikin pizza atau bikin donat ubi. Bahan-bahannya keduanya sudah disiapkan semua, ubi sudah keluar kulkas, saus bolognese juga siap. Mau bikin keduanya, jelas gak sempat donk ya. Kalau nanya anak-anak, mereka bilang mau semua hehehe. Akhirnya karena beberapa hari kemarin camilannya sudah gorengan, aku putuskan bikin pizza aja.
Sebenarnya bahan-bahan untuk pizza juga seadanya. Cuma punya sedikit daging giling dan sosis, tapi menurutku itu sudah cukup. Kebetulan anak-anak juga paling suka dengan pizza topping sosis.

Pinwheel pizza ini bisa dibuat dengan menggunakan resep crust pizza sesuai selera sih. Mau bikin pizza yang empuk ala roti atau pizza tipis, bisaa aja. Toppingnya juga silahkan disesuaikan dengan selera ya. Kali ini aku lagi gak pengen bikin pizza empuk, pengennya bikin crust ala pizza klasik yang tipis. Resepnya bisa pakai resep andalan masing-masing atau boleh juga pakai resep yang kupakai berikut ini. Tadi coba juga fotoin beberapa step dari pembuatan pinwheel pizza ini, tapi...hasil fotonya jelek banget huhuhuhu. Gini nih kalau bikin pizza pasti anak-anak ngikut bantuin. Bundanya jadi gak konsen sama sekali. Udah gitu ada 1 step yang lupa kefoto, sedangkan adonan udah habis...haduuh. Akhirnya adonan dibuka lagi, jadi hasil fotonya tambah belepotan. Cuma sempat sekali jepret karena anak-anak udah ribut dan ternyata hasilnya blur hahaha. Nasib deh ya. Tapi semoga beberapa foto seadanya ini bisa membantu untuk yang pengen bikin pinwheel pizza.


SAUSAGE PINWHEEL PIZZA

Bahan Crust Pizza :
150 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt ragi instan
135 ml air hangat
1/2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm minyak zaitun

Topping :
saus pizza / saus bolognese secukupnya
daging giling secukupnya
sosis, iris tipis
oregano secukupnya
keju mozarella secukupnya
keju parmesan (optional)

Olesan :
1 kuning telur + 2 sdm susu cair, aduk rata

Cara Membuat Crust Pizza :
- Campurkan ragi instan dan air hangat. Diamkan selama 10 menit hingga timbul buih-buih. Jangan gunakan air yang terlalu panas ya karena dapat merusak ragi.
- Campurkan tepung terigu dan gula, aduk rata. Tuang larutan ragi. Aduk hingga rata dan uleni hingga 1/2 kalis.
- Tambahkan minyak zaitun dan garam, kemudian uleni kembali hingga kalis dan elastis.
- Bulatkan adonan, kemudian diamkan selama 45-60 menit hingga mengembang.
- Adonan siap digunakan.

Penyelesaian :
- Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan uleni kembali sebentar. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama besar.


- Ambil satu bagian adonan, gilas dengan menggunakan rolling pin.


- Pindahkan adonan ke loyang yang sudah dioles tipis margarin, kemudian cetak bulat. Aku memakai tepian loyang bulat untuk mencetaknya.


- Buat titik di tengah adonan, kemudian buat irisan dari titik tersebut. Jangan terlalu panjang ya.


- Olesi saus bolognese dan beri topping di tepi irisan, taburi dengan keju mozarella dan parmesan. Ambil ujung irisan dan lipat ke tepian adonan. Diamkan selama 10-15 menit.


- Olesi permukaan crust dengan bahan olesan dan taburi keju parmesan.
- Panggan dalam oven suhu 190'C hingga matang.
- Angkat dan sajikan hangat.

Maaf yaa....foto tutorialnya benar-benar seadanya. Live from my kitchen hihihi. Semoga melalui foto-foto seadanya ini bisa dimengerti cara pembuatannya ya.

Berikut ini aku share resep saus pizza / saus bolognese. Intinya sama aja dengan yang pernah kutulis disini, hanya aku tidak memakai campuran daging giling dan airnya menggunakan air kaldu. Bisa dibuat dalam jumlah banyak kemudian simpan di wadah tertutup, letakkan di kulkas. Setiap akan menggunakan cukup dipanaskan sebentar saja

SAUS PIZZA

Bahan :
5 buah tomat, buang biji dan kulitnya, blender hingga halus
50 gr pasta tomat
100 gr saus tomat
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt oregano
100 ml air kaldu
2 sdm olive oil untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
- Masukkan tomat, pasta tomat dan saus tomat. Aduk hingga rata.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Tambahkan air kaldu dan oregano. Masak hingga mengental kemudian test rasa.
- Angkat dan siap digunakan.




Anak-anak tentunya senang sekali melihat pinwheel pizza ini. Bagi mereka, bentuknya lucu hehehe. Sayangnya yang kufoto ini, lelehan mozarellanya tidak terlihat ya, karena memang setelah dingin baru sempat fotoinnya. Kalau yang satu bulatan lagi sudah habis sesaat setelah matang, jadi masih keliatan lelehan si mozza, tapi gak bisa difoto donk karena langsung ludes. Alhamdulillah.



Selamat mencoba pinwheel pizza. Happy Baking ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 16 July 2014 at 19:25:00 GMT+7 delete

Mbk nina salam kenal. Nii aq tadi coba bikin pizza kok sepertinya rotinya kurang mateng yaa bagian tengahnya. Berapa lama sii mbak ngovennya?? Aq pakai otrik suhunya sesuai resep mbk nina. Makasiih :)

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 21:14:00 GMT+7 delete

salam kenal Daana, saya pakai oven gas kira-kira 20 menit. Tapi jangan berpatokan pada waktu oven saya, karena masing-masing oven beda karakternya. Makasih ya Daana

Reply
avatar