PUDING CAPPUCCINO

Bismillahirrohmanirrohim...
last minute menjelang deadline even Masak Bareng Yuuk... Gini nih kalau santai-santai, gak terasa udah mau ditutup aja eventnya hehehe. Sebenarnya sih bikinnya sudah dari minggu lalu, tapi fotonya betah banget diem di kamera dan gak dipindah-pindah apalagi diedit huhuhu. Untuk event kali ini temanya adalah "Puding Dingin".






Puding adalah salah satu dessert yang banyak disukai. Bahan baku puding sebenarnya tidak terbatas pada penggunaan agar-agar saja, tapi bisa juga menggunakan roti, biskuit, gelatin, konyaku atau tepung. Cara pembuatan puding juga tidak terbatas hanya dengan memasak dan mendinginkan saja, tapi bisa juga dipanggang atau dikukus sehingga puding bisa disajikan panas ataupun dingin. Salah satu contoh dari puding yang disajikan panas sebagai hot dessert antara lain adalah puding roti atau bread pudding. Sedangkan puding dingin tentunya sudah sangat populer dengan aneka ragamnya. Puding dingin sangat mudah dikreasikan menurut selera kita. Bisa disajikan dengan aneka buah-buahan, coklat, biskuit dan lain sebagainya. Untuk event kali ini saya membuat puding sederhana yaitu Puding Cappuccino.




Sebenarnya puding cappuccino ini sebagai "tombo kangen" saya akan kopi. Dulu saya adalah salah satu penikmat kopi. Kenal kopi sejak jaman kuliah dan terus berlanjut hingga saya menikah. Tidak sampai menjadi coffee addict, tapi saya dulu memang suka sekali kopi. Sampai pada akhirnya saya mengurangi konsumsi kopi. Saat ini belum tentu 1 bulan sekali saya menikmati kopi hehehe. Jadi puding cappuccino ini memang bener-bener obat kangen akan aroma kopi

PUDING CAPPUCCINO

Bahan Puding :
1 bungkus agar-agar bubuk plain
125 gr gula pasir
2 sdt kopi bubuk instan (saya pakai yang tanpa ampas)
2 sdt cappuccino bubuk
800 ml susu cair
1 kuning telur, kocok lepas
1 sdt pasta kopi (optional atau bisa diganti pasta coklat)

Bahan Mousse :
1 bungkus agar-agar bubuk plain
50 gr gula pasir
300 ml susu cair
1/2 sdt pasta kopi (optional)
2 putih telur
sejumput garam
25 gr gula pasir

Topping :
whipcream kocok, red cherry, coklat bubuk untuk taburan.

Cara Membuat :
- Lapisan Puding : Campur agar-agar bubuk, gula pasir, kopi bubuk dan cappuccino bubuk. Aduk rata. Tuang susu dan masak sambil diaduk hingga mendidih.
- Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang ke dalam kuning telur yang dikocok lepas, aduk hingga rata. Tuang kembali ke dalam larutan puding kemudian aduk cepat dan masak hingga mendidih. Tuang pasta coklat dan aduk rata.
- Tuang ke dalam cetakan atau gelas saji, biarkan hingga mengeras. Sisihkan.
- Lapisan Mousse : Campur agar-agar bubuk dan gula pasir, tambahkan susu cair kemudian masak hingga mendidih. Tuang pasta coklat, aduk rata.
- Dalam wadah yang bersih, kocok putih telur bersama garam dan gula dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku. 
- Tuang larutan puding ke dalam kocokan putih telur, kemudian kocok perlahan hingga tercampur rata.
- Tuang ke atas puding yang sudah beku. Dinginkan.
- Menjelang disajikan hias sesuai selera dengan whipcream kocok dan taburi dengan coklat bubuk.

Untuk membuat puding dengan lapisan yang miring seperti yang saya buat ini dengan cara meletakkan gelas / cup puding di wadah yang sudah diisi dengan beras / kacang-kacangan seperti foto berikut.






Alhamdulillah...lumayan juga untuk obat kangen aroma kopi. Bila menginginkan aroma kopi yang lebih kuat, penggunaan cappuccino bubuk bisa disubstitusi dengan kopi bubuk ya, jadi total penggunaaan kopi bubuk sebaanyak 4 sdt. Bisa ditambahkan sedikit gula pasir apabila ingin rasanya tetap manis. Bisa juga menambahkan sedikit bubuk kopi pada lapisan mousse agar aroma kopinya lebih terasa.






Sekian...entry untuk event Masbar tema Puding Dingin...semoga berkenan ya ibu-ibu admin. Janji deh besok-besok diusahakan untuk setor lebih awal hehehe.
Masak Bareng Yuuk!!!

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »