PANCAKE DURIAN



Ketinggalan jaman banget ya, baru kali ini bikin dan posting tentang pancake durian. Padahal pancake durian sudah jadi booming sejak beberapa waktu yang lalu bahkan sampai saat ini masih menjadi best seller jualan teman-teman bakulan kue. Jujur sejak awal pancake durian booming, aku sama sekali tidak tertarik apalagi pengen membuatnya. Gimana mau bikin, lha aku sama sekali gak doyan durian hiiiks. Banyak teman-teman yang heran kalau aku gak doyan durian, bahkan ada juga yang bilang aku melewatkan salah satu surga dunia hahahah. Emang gak doyan, gimana donk. Setiap ada bau-bau durian, rasanya udah pengen minggir aja deh heheheheu. Walau aku gak doyan durian, suamiku suka banget. Selama ini dia jarang banget sih bawa durian pulang ke rumah, jadi kalau "pesta durian" ya di rumah temannya. Kalau Naira masih doyan, walaupun gak hobby banget, sedangkan adek persis Bundanya, gak doyan durian. Adikku dan keponakan-keponakanku semua hobby makan durian, jadi bagi mereka aku adalah makhluk aneh yang gak doyan durian hahahah.



Ternyata akhirnya aku bikin juga pancake durian ini. Sukarela dan ikhlas lho bikinnya. Bukan karena mendadak pengen atau karena penasaran, tapi pengen buatin suamiku aja. Kayanya semua makanan yang lagi booming dia pernah nyobain, walau hanya sekedar mencicipi. Kecuali pancake durian ini tentunya hihihihi. Jadi ketika suatu saat dia aku bilang mau bikin pancake durian, dengan sukarela beliau bawa pulang duriannya dan si Mbak yang bantu mengambil daging duriannya. Jangan protes ya kenapa kok gak pakai durian beku Medan seperti versi aslinya, karena memang gak ada di tempatku euy. Jadi daripada gak bikin sama sekali, pakai durian yang ada aja ya. Trus gimana berkompromi dengan aroma durian selama proses pembuataannya? Pakai masker donk hihihi. Kata suamiku, durian yang dipakai ini enaak banget. Untuk kulitnya aku memakai resep dari Sajian Sedap







Ini durian lokal tempatku yang kupakai


PANCAKE DURIAN

Bahan Kulit :
150 gr tepung terigu serbaguna
1 sdm tepung sagu
15 gr gula pasir halus
1/2 sdt garam
1 kuning telur
400 ml susu cair
1 sdm margarin leleh
pewarna kuning dan hijau secukupnya
(bisa juga memakai pasta)

Bahan isian :
whipcream (aku pakai yang bubuk dan dikocok dengan air dingin, bisa juga menggunakan krim kental yang dikocok hingga kaku)
daging durian

Cara Membuat :
- Aduk rata tepung terigu, tepung sagu, gula pasir dan garam.
- Tambahkan kuning telur, susu cair dan margarin leleh. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil.
- Beri warna adonan sesuai selera.
- Panaskan wajan anti lengket (aku pakai diameter 20 cm), tuang 1 sendok sayur adonan, masak hingga matang. Gunakan api kecil ya dan lakukan hingga adonan habis.
- Ambil selembar dadar, beri isian daging durian dan whipcream. Lipat kanan kirinya menyerupai amplop. 
- Dinginkan di dalam freezer dan sajikan dingin.




Katanya nih...katanya yang makan, pancake duriannya enaaak banget. Berasa makan es krim durian katanya. Tetep aja gak tertarik untuk mencobanya heheheh. Sebagai gantinya, aku bikin isian dengan es krim homemade. Lebih enak donk pastinya dibanding isi durian ^^
Selamat membuat pancake durian di rumah yaa...



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
Thursday, 3 April 2014 at 22:14:00 GMT+7 delete

mbak Nina selalu memberikan virus!!!! pengeeeennn... Kirim ke Blitar donk mbak Nin???

Reply
avatar
Thursday, 3 April 2014 at 23:05:00 GMT+7 delete

hahahaha....ini udah virus lamaa mbak, saya yang ketinggalan jaman baru bikin ^^

Reply
avatar
Friday, 4 April 2014 at 20:34:00 GMT+7 delete

aku malah belum pernah bikin walo sering diiming-iming teman. pokoknya top dech foto-foto mbak Nina. Oya mbak, aku pengen bikin chocolate stick cookies ny. Liem seperti yg pernah mbak Nina bikin, tp aku tanya TBK di Blitar malah pada enggak ngerti apa itu Chocolate Stick, penampakannya kayak gimana sich mbak? kalo sempat di upload fotonya ya??? hehehe... makasih...

Reply
avatar
Monday, 7 April 2014 at 20:52:00 GMT+7 delete

terima kasih mbak Eva, foto2 saya masih gini2 aja tuh, suka bingung plus mati gaya hehehe.
Sayangnya saya gak punya lagi stok chocolate stick-nya mbak, bentuknya ya stik gitu, kira2 panjangnya 3x irisan stik yang di foto saya. Coba kalau pas maen ke Kediri, mampir di TBK Prima Jalan Brawijaya, masih banyak stoknya di situ hehehe. Ada merk collata dan tulip

Reply
avatar
Friday, 9 May 2014 at 10:44:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Nina... Jadi ngiler liat pancakenya.. kmaren nyobain bikin pancakenya inih.. tapi kok kulit pancakenya sy ga semulus itu, huhuhu... gimana tuh cara buat kulitnya biar bisa mulus ya mbak? apa adonannya di bolak balik gitu ya? mohon pencerahannya mbak Nin..tq yaa

Reply
avatar
Saturday, 10 May 2014 at 11:29:00 GMT+7 delete

gak mulus gimana mbak? saya tidak ada trik khusus seperti bikin dadar biasa aja, pakai api kecil dan tidak dibalik-balik ya. Nanti yang dijadikan kulit luarnya yang bagian atas, jadi yang bagian menempel di wajan ditaruh di bagian dalam

Reply
avatar
Harumi Baang
Wednesday, 25 March 2015 at 07:17:00 GMT+7 delete

Salam Kenal mba nina.. sy sdh 2x bkin.. berhasil.. enak tp blom memuaskan.. pastilah dikulitx. Awalx bkin asal2.. tp enak. kedua bkin.. kulit sdh lembut dan halus saat slesai. Sdh girang luar biasa.. stlh disimpan di kulkas.. besokx makan.. kulitx bkn keras tp gak selembut klo slesai bkin. Pdhl kan makanx enakan dingin.. and satu lg.. klo dari freezer.. emang lgs dimakan ya? Bknx didiamkan dlu smpe bekunya ilang.. klo sy resep2 campuran hasil baca2 sj seh.. mungkin itu ya penyebabx.. bantu dunk mba nina..

Reply
avatar
Wednesday, 1 April 2015 at 08:09:00 GMT+7 delete

salam kenal Harumi...maaf baru reply.
Kalau dimasukkan kulkas, simpan di wadah kedap udara ya, jadi kulitnya tidak kering dan tetap lembut.
Trus kalau maemnya enaknya gimana...hihihi saya gak tau mbak, karena saya gak doyan pancake durian ini hehehe.cuma buatin aja

Reply
avatar