MARTABAK TELUR PRAKTIS



Bismillah....
Hasil latah dan mupeng oleh postingan martabak telur bumbu kari punya Mbak Myrna Mercy di Instagram, akhirnya aku bikin jugaaa euy. Kami sekeluarga suka sekali dengan martabak telur, kalau lagi males bikin biasanya ya beli di abang-abang pinggir jalan. Dinikmati selagi hangat...memang enak bangeet. 

Dulu sudah pernah posting juga tentang martabak telur, bisa dilihat disini. Martabak ala Mbak Myrna ini praktis banget karena memakai spring roll pastry atau kulit lumpia siap pakai. Hasilnya enaak kok, lumayan lah bisa dibuat kalau kita punya stok spring roll pastry dan lagi males bikin kulit martabak sendiri. Kalau Mbak Myrna bikinnya pakai bumbu kari, aku cuma bumbui dengan garam, gula pasir dan merica aja. Alhamdulillah sudah enak banget. Terima kasih inspirasinya ya Mbak. Harusnya kalau bikin martabak telur, rasanya kurang lengkap tanpa acar timun. Kali ini aku gak bikin acar timun karena lagi gak punya stok timun di rumah. Cukup dengan cabe rawit aja ya atau kalau versi kakak Naira dicelupin di sambel bangkok. Yummy... Berikut resep yang sudah dimodifikasi menyesuaikan bahan yang kupunya.






MARTABAK TELUR PRAKTIS

Bahan :
10-15 spring roll pastry (kulit lumpia siap pakai). Aku pakai ukuran besar
250 gr daging giling
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 butir telur
3 daun bawang, cincang halus
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan 1 sdm minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan daging giling. Aduk hingga berubah warna.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Masak hingga kering. Angkat dan dinginkan.
- Dalam wadah, kocok lepas telur. Masukkan daun bawang dan tumisan daging, aduk hingga rata.
- Ambil selembar kulit lumpia, beri isian 1-1,5 sdm, lipat bentuk amplop dan rekatkan ujungnya dengan air atau putih telur. Segera goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Lakukan hingga habis.
- Sajikan dengan acar timun, cabe rawit atau saus sambal.

Notes :
Setiap selesai mengerjakan martabak telur harus segera digoreng ya. Jangan buat banyak baru digoreng belakangan karena kulit akan lembek dan robek.




Komentar suamiku....enaknya kebangetan hahaha. Kalau ini sih kayanya memang komentar orang yang kelaperan deh, apalagi sekali makan langsung habis 3. Gimana gak enak, soalnya isiannya banyak banget dagingnya, daun bawangnya kalah deh. Lumayan banget sebagai variasi cemilan di sore hari. Eh ya...kulit martabak telurku ini gak mirip ya sama martabak telur beneran. Harap maklum...namanya juga pakai kulit martabak telur abal-abal hehehe. 
Selamat mencoba ^^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Thursday, 12 November 2015 at 09:06:00 GMT+7 delete

Aslkm mbak nina..
Seneng deh bisa nemuin blog yang ternyata asli orang pare,,
Kebetulan rmh sya deket pare
Mau tanya, beli kulit lumpia lebar dimana mbk?
Saya lihat kok lebih tipis dari kulit pangsit yang biasa di pasar itu y

Reply
avatar
Thursday, 12 November 2015 at 17:10:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak, kulit lumpia memang beda dgn kulit pangsit yg di pasar itu mbak. Ini saya beli di hypermart Kediri, di bagian frozen Food ya

Reply
avatar