MACARONI BOLOGNESE



Ada beberapa rekan yang menanyakan simpel menu yang bisa disajikan untuk sarapan. Kriterianya diantaranya adalah, anti ribet, cepat dan yang pasti enak hehehe. Menurutku macaroni bolognese ini memenuhi semua kriteria tersebut di atas dengan satu syarat sudah ada stok saus bolognese homemade ya. Aku biasa membuat saus bolognese dalam jumlah banyak sehingga bisa distok dengan menyimpannya di dalam lemari es dan siap digunakan sewaktu-waktu. Saus bolognese ini tidak hanya digunakan sebagai saus pizza dan spaghetti saja, tapi aku bisa juga menambahkan pada telur dadar, sebagai topping roti atau mengolahnya dengan macaroni seperti ini. Kalau malas bikin, bisa sih beli saus bolognese siap pakai tapi menurutku homemade is the best hehehe. Bukan memuji buatan sendiri, tapi dengan membuat sendiri kita bisa menggunakan bahan-bahan pilihan dan pastinya tanpa penyedap serta bahan pengawet. Rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Just my humble opinion ya ^^

Kembali ke macaroni bolognese. Selain macaroni schotel, macaroni yang ditumis ini jadi favorit anak-anakku. Pelengkapnya bisa disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada. Kali ini aku memakai smoked beef, kacang polong beku dan paprika. Soalnya memang adanya itu sih hehehe. Kebetulan lagi gak punya stok sosis atau bakso. Bikinnya tentu saja cukup mudah, cukup tumis-tumis sebentar jadi deh.






MACARONI BOLOGNESE

Bahan :
150 gr macaroni 
1 liter air + 1 sdt olive oil
1/2 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang 
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
3 lembar smoked beef, iris persegi
2 sdm kacang polong beku
1/2 paprika ukuran kecil, potong dadu kecil
3 sdm saus bolognese homemade
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk (bisa pakai blackpepper bila suka)
1/2 sdt oregano
2 sdm olive oil untuk menumis

Cara Membuat :
- Rebus macaroni dalam air yang sudah diberi olive oil. Masak hingga al dente, yaitu sudah matang tapi belum terlalu lunak. Angkat dan tiriskan.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan smoked beef, kacang polong beku dan paprika. Aduk rata.
- Masukkan saus bolognese, aduk hingga rata.
- Masukkan macaroni, aduk hingga tercampur rata kemudia bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Test rasa.
- Sesaat sebelum diangkat, taburi dengan oregano. Aduk rata.
- Angkat dan segera sajikan hangat.

Paling enak dinikmati sesaat setelah matang. Sebenarnya kalau anak-anak gak suka sih kalau dikasih paprika, pasti deh paprikanya disingkirin di pinggir piringnya hehehe. Tadi dikasih paprika biar lebih cantik aja warnanya. Resep saus bolognese homemade sudah beberapa kali aku posting ya, salah satunya bisa dilihat disini.
Selamat mencoba, siapa tahu jadi salah satu alternatif menu yang simpel buat keluarga. 


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »