HOMEMADE STRAWBERRY JAM




Bismillah....postingan tentang strawberry lagi ya ^^ Kebetulan memang lagi banyak stok strawberry di rumah. Sebenarnya di kulkas juga udah nyimpan frozen strawberry yang biasanya kupakai untuk smoothies, juice atau infused water. Ternyata ketika lewat di tukang buah, liat lagi strawberry berderet dalam wadah mika. Ingat kalau stok selai strawberry yang tinggal seuprit, jadinya belanja strawberry lagi deh hehehe. Walau sering membuat sendiri selai strawberry, ternyata belum pernah diposting di blog ya :D

Selai (jam) adalah salah satu jenis makanan awetan yang berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambahkan gula untuk kemudian dimasak hingga mengental dan berbentuk setengah padat (Wikipedia). Buah-buahan yang diolah menjadi selai pada umumnya adalah buah yang mempunyai rasa sedikit asam, misalnya strawberry, nanas, blueberry, anggur, apricot, srikaya dan lain sebagainya. Dalam proses pembuatan selai, pektin alami yang terkandung dalam buah-buahan akan berekasi dengan gula dan asam sehingga membuat selai menjadi kental. Apabila selai dibuat dari buah-buahan yang mempunyai kandungan pektin rendah, maka perlu ditambahkan pektin agar selai cepat mengental.

Aku sering sekali bikin selai strawberry sendiri. Menurutku dengan membuat sendiri, selain rasanya lebih enak dan sesuai selera, selain itu pastinya kita lebih aman mengkonsumsinya karena tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan. Selai strawberry juga cukup mudah dibuat, jadi selama masih ada fresh strawberry, gak ada salahnya donk kita bikin sendiri. Selama ini, aku cuma pernah membuat selai strawberry dan nanas saja. Selai nanas juga bikinnya pas Ramadhan untuk isian nastar hehehe. Semoga lain kali ada kesempatan untuk membuat selai yang lainnya.






Kalau dulu aku seringnya bikin selai pakai jurus kira-kira aja. Maksudnya bahan-bahannya gak ada yang ditimbang hehehe. Tinggal sesuaikan aja dengan selera kita, misalnya kalau selainya terlalu asam ya tambahkan lagi gulanya sedikit demi sedikit hingga pas. Naah...sejak punya buku Jams, Jellies & Preserves dari Grandma's Special Recipes, aku jadi tau takaran yang pas untuk membuat selai. Alhamdulillah sesuai juga dengan selera keluargaku. Alhamdulillah buku keren tersebut adalah reward dari IDFB pada event Rujak, pada bulan Januari 2013 lalu. Bukunya sangat menarik dengan foto-foto yang cantik di dalamnya. Thanks IDFB.

Back to homemade strawberry jam....berikut ini resepnya ya. Aku hanya membuat 1/4 dari resep asli, yaitu memakai 500 gr fresh strawberry.

HOMEMADE STRAWBERRY JAM

Bahan :
500 gr strawberry segar (berat bersih tanpa daun), cuci bersih .
400 gr gula pasir
4 sdm air lemon

Cara Membuat :
- Persiapan botol selai (sterilisasi) : didihkan air kemudian masukkan botol selai ke dalamnya selama kurang lebih 10 menit. Matikan api dan biarkan botol tetap berada di dalam air tersebut.
- Potong-potong strawberry kemudian letakkan di wajan / pan. Masak dengan api kecil hingga lunak serta mengeluarkan air, kurang lebih selama 10 menit ya. 
- Masukkan gula pasir dan air lemon, masak sambil diaduk-aduk agar bagian bawahnya tidak hangus. 
- Tekan-tekan strawberry hingga buah hancur. Bila menyukai selai dengan tekstur buah kasar, jangan menekan sampai terlalu halus ya.
- Saat selai mulai mengental, besarkan api dan aduk selai hingga benar-benar mendidih sebentar saja. Matikan api.
- Ambil botol selai yang sudah steril, lap dengan tissue atau serbet bersih kemudian tuang selai yang masih panas ke dalam botol. Tutup rapat.
- Setelah dingin, selai siap digunakan.






Notes :
- Bila tidak ada lemon, bisa diganti dengan jeruk nipis. Lemon berfungsi sebagai pengental dalam proses pembuatan selai, karena lemon dan juga jeruk nipis mempunyai kandungan pektin yang tinggi. Proses pembuatan selai yang menggunakan lemon akan mempercepat proses pemasakan sehingga selai tidak akan kehilangan terlalu banyak kehilangan rasa dan aroma asli dari buah tersebut.
- Simpan selai di kulkas agar lebih awet.
- Jangan memasak selai terlalu lama, setelah mengental dan mendidih, masak sebentar saja dan matikan apinya. Setelah dingin selai akan lebih set dan kental dibandingkan dengan disaat masih panas. 







Jadi....selama kita bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahannya, tidak ada salahnya kan membuat selai sendiri. In shaa Allah...lebih enak dan puas dengan hasilnya.
Selamat mencoba ya.

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Friday, 25 April 2014 at 14:15:00 GMT+7 delete

Siang mba nina, pengen buat juga nih jam. kebetulan lg musim strawberry jg disini. mba, mau tanya itu selai stlh masak dituang panas' ke botol lalu di tutup rapat ya. uap air panasnya gpp yah mba?
thanks yaa :)

Reply
avatar
Monday, 28 April 2014 at 22:00:00 GMT+7 delete

iya gpp mbak, bahkan ada yang setelah selai dituang ke dalam botol, lalu disterilkan lagi tuh. Tapi kalau didinginkan dulu sebelum ditutup juga gpp kok

Reply
avatar
Friday, 3 October 2014 at 05:25:00 GMT+7 delete

Hallo mau tanya masaknya pke air ga klo pke berapa ukurannya?

Reply
avatar
Monday, 6 October 2014 at 23:52:00 GMT+7 delete

di resep tidak tercantum air, berarti memang tidak pakai air

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 13 April 2015 at 13:42:00 GMT+7 delete

siang Bun.. kalo strawberrynya di blender dulu alias gak dipotong2 gpp?

Reply
avatar
Monday, 27 April 2015 at 15:11:00 GMT+7 delete

siang mba, ijin copas resepnya yaaa :)

Reply
avatar