CAKALANG PAMPIS



Cakalang pampis adalah salah satu masakan tradisional yang berasal dari Manado - Sulawesi Utara. Sajian ini berupa ikan cakalang yang disuwir-suwir dengan bumbu khas Manado. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan Manado sebenarnya bumbunya cukup sederhana tapi kaya akan rempah daun. Hal ini yang membuat cita rasanya jadi luar biasa enak. Untuk membuat pampis, sebenarnya tidak harus menggunakan ikan cakalang. Kita bisa memakai ikan yang mempunyai daging tebal dan durinya sedikit, contohnya adalah tongkol. Selain itu kita bisa memakai tenggiri atau kakap bila suka. Di Manado, ikan cakalang selain banyak diolah menjadi cakalang pampis, sering juga diolah menjadi cakalang fufu atau cakalang asap. Sedangkan menu cakalang pampis ini juga bisa digunakan sebagai isian jajanan khas Manado, diantaranya adalah lalampa dan panada. 

Inspirasi memasak memang bisa datang dari mana saja. Salah satunya menurutku ya datang pada saat kita berbelanja. Beberapa hari yang lalu ketika berbelanja di pasar tradisional, aku lihat ada ikan cakalang yang masih terlihat segar. Yang terbayang saat itu adalah menu cakalang pampis yang syedap ini hehehe. Cakalang pampis yang dimasak kering dan ditempatkan di wadah kedap udara serta disimpan di kulkas bisa jadi menu darurat di kala malas masak lho. Cukup panaskan sebentar dan sajikan bersama nasi hangat, hmmm....menu daruratnya bisa bikin nambah-nambah hehehe. 

CAKALANG PAMPIS

Bahan :
2 ekor ikan cakalang ukuran sedang (kurleb 1 kg)
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
10 helai daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris halus
2 helai daun kunyit, iris halus
2 helai daun pandan, iris halus
1 genggam daun kemangi
garam dan gula pasir secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
7 siung bawang putih
5 cabe merah keriting
5 cabe merah besar
5 cabe rawit
2 cm jahe
2 cm kunyit

Cara Membuat :
- Bersihkan ikan cakalang, kemudian kukus hingga matang selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan dan suwir-suwir. Sisihkan. Berat bersih setelah disuwir ini kurleb 300 gr. 
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Pastikan bumbu ditumis hingga matang ya agar nanti aroma bumbu tidak langu. Bisa ditambahkan minyak seperlunya apabila minyak sudah menyusut sementara bumbu belum matang.
- Masukkan serai, daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk. Aduk hingga rata.
- Bumbui dengan garam dan gula pasir.
- Masukkan ikan suwir. Aduk rata dan test rasa. 
- Masak hingga bumbu meresap dan ikan menjadi kering. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun kemangi dan masak sebentar hingga daun kemangi layu.
- Angkat dan siap disajikan.




Alhamdulillah...terasa nikmat sekali. Menurutku paling enak kalau cakalang pampis ini dimasak super pedas seperti halnya khas Manado. Tapi karena anak-anak juga ikut ngicipin, jadi aku gak bisa bikin yang super pedas. Gini aja udah enak kok. Sekilas cakalang pampis ini mirip dengan abon ikan ya, tapi kalau abon teksturnya lebih halus lagi dan tentunya lebih kering. Menu ini bisa disajikan dengan salah satu sayuran khas Manado, yaitu rica rodo. Dulu pernah sih posting fotonya di menu orderan, tapi ternyata belum ditulis resepnya ya hehehe. Kalau kemarin udah gak sempat lagi foto-foto rica rodo.
Eh ya...kalau membuat cakalang pampis dalam jumlah banyak, selain bisa disimpan dan dijadikan stok makanan, bisa juga dijadikan lalampa atau panada. In shaa Allah...semoga nanti bisa posting juga saat membuat lalampa.




Selamat mencoba, semoga sesuai dengan selera keluarga. Happy Cooking ya 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Saturday, 19 April 2014 at 20:09:00 GMT+7 delete

Mba Nina,garam n gula pasirnya kira2 seberapa yaa,hehehehe msh belum bisa pake ilmu kira2

Reply
avatar
Monday, 21 April 2014 at 23:16:00 GMT+7 delete

hehehe...saya kalau masak memang pakai jurus kira-kira untuk garam dan gula pasirnya. Coba mbak masukkan 1 sdt garam, 1/2 sdt gula. Test rasa dan tambahkan hingga pas. Kalau misalnya keasinan, ya tambahkan gula sedikit lagi.

Reply
avatar
andrianykh
Friday, 25 April 2014 at 21:01:00 GMT+7 delete

ditunggu resep lalampa sama panadanya mbak..

Reply
avatar
Monday, 28 April 2014 at 21:59:00 GMT+7 delete

resep lalampa sudah tayang ya mbak. Panada-nya belum, soalnya belum bikin cakalang pampis lagi hehehe

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 29 April 2014 at 18:06:00 GMT+7 delete

Akhirnyaaaa bunnnnn,,,,kelatannya wenakkkkkk....:G



Indri

Reply
avatar
Tuesday, 29 April 2014 at 21:54:00 GMT+7 delete

Indriii.....ah malu deh ama pakarnya cakalang pampis hihihi. Enaaak deh ya ternyata say

Reply
avatar
Friday, 9 May 2014 at 21:14:00 GMT+7 delete

Wah aku juga suka bikin ini mba, cuma keseringannya pake tongkol, emang menu yang satu ini bikin gembul ya mba bisa nambah berkali2 hehehe

Reply
avatar
Saturday, 10 May 2014 at 11:27:00 GMT+7 delete

haaah...beneer ini salah satu menu bikin gembul dan boros nasi ya hahahah

Reply
avatar
Monday, 16 February 2015 at 03:19:00 GMT+7 delete

Mbak nina, ini bisa disimpan berapa lama ya?

Reply
avatar