CA KAILAN UDANG

Postingan tentang simpel menu lagi. Padahal yakin banget deh siapapun pasti bisa bikinnya, tanpa perlu nyontek postingan ini hehehe. Masih dalam rangka request seorang teman yang memintaku untuk posting menu-menu sederhana yang mudah dibuat. Hanya sekedar sharing aja sih, siapa tau yang tadinya bingung mau masak apa jadi ada ide. Aku sering juga mengalami hal itu. Maklum tiap hari masak, tentunya ada kalanya bingung menentukan menu. Kalau udah gitu biasanya aku blog walking, cari inspirasi menu-menu simpel yang kira-kira bisa kubuat. Cara lain mencari inspirasi memasak ya tentu saja dengan pergi ke pasar atau tukang sayur pagi-pagi. Melihat bahan-bahan, pasti deh nanti bisa datang sendiri inspirasi memasaknya hehehe. 





Beberapa hari yang lalu aku bikin ca kailan. Cukup sering juga aku bikin ca, karena memang praktis dan mudah. Biasanya aku membuat ca kangkung, ca sawi, ca tauge, ca brokoli atau ca kailan seperti yang kuposting ini. Kailan sendiri adalah sayuran yang bentuknya mirip dengan sawi / caisim dan juga mirip kembang kol. Sayuran ini berasal dari Cina dan telah banyak dikembangkan di Indonesia. Kailan enak sekali  disajikan sebagai ca. Pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera, bisa menggunakan ayam, jamur, seafood atau bahkan daging sapi. Kali ini aku membuat ca kailan yang dipadukan dengan udang dan tahu.




CA KAILAN UDANG

Bahan :
1 ikat kailan, cuci bersih dan potong-potong
150 gr udang kupas, kerat punggungnya
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit
4 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
2 cabe merah, iris serong tipis
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdm kecap manis
100 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan cabe merah dan udang. Aduk rata dan masak hingga berubah warna.
- Masukkan tahu, tuang air dan bumbui dengan garam, gula pasir dan kecap manis.
- Masukkan kailan, masak hingga layu dan matang. Test rasa hingga pas
- Angkat dan siap dihidangkan.

Sengaja aku tidak menambahkan macam-macam bumbu, karena ingin rasa yang ringan saja. Sebagai variasi, bisa ditambahkan saus tiram. Hmmm...rasanya tidak kalah enak. Ca kailan ini enak apabila dihidangkan untuk sekali makan saja. Jadi memang lebih baik masak sedikit tapi langsung habis. Aku suka dengan kailan yang dimasak tidak sampai benar-benar layu, jadi masih terasa "kriuk"nya. Rasanya kailan sendiri sudah enak kok, ada sensasi manis dan legitnya. Selain dimasak, aku sering juga memanfaatkan kailan sebagai salah satu bahan green smoothies. Enak juga lho.

Happy cooking...semoga bisa menjadi salah satu inspirasi ya.


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »