TEPO TAHU




Bismillahirrohmanirrohim
Tepo tahu adalah salah satu makanan khas yang berasal dari kota Ngawi - Jawa Timur. Ada juga yang menyebutkan kalau tepo tahu berasal dari Magetan yang memang letaknya berdekatan dengan Ngawi alias tetangga hehehe. Tepo sendiri mirip dengan lontong namun teksturnya lebih lembut. Bentuk tepo juga berbeda dengan lontong. Apabila lontong dibungkus daun pisang dengan bentuk memanjang, maka tepo biasanya dibungkus dengan bentuk segitiga sehingga menyerupai piramid. Bisa dikatakan kalau tepo tahu berarti mirip dengan lontong tahu atau ada juga yang menyebutnya tahu tek. Lontong tahu atau tahu tek biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kalau ditempatku bumbu kacangnya dicampur dengan petis. Sedangkan tepo tahu tidak memakai bumbu kacang tapi memakai kuah berwarna coklat. Menurutku tepo tahu ini lebih mirip dengan kupat tahu magelang ya heheheh, hanya beda di bumbu dan pelengkapnya saja.

Tepo tahu seperti halnya lontong tahu atau kupat tahu, terdiri dari tahu goreng atau tahu telur goreng dengan pelengkap yang terdiri dari tauge, kol, seledri dan bawang goreng. Tepo tahu memakai taburan kacang tanah goreng juga sebagai pelengkapnya, bahkan ada juga yang memakai irisan tomat. Rasa kuahnya sedap lho, padahal bahan-bahannya juga simpel sekali. Ada semburat asam dari air asam jawa, manis dan aroma yang khas dari gula merah dan juga pastinya rasa pedas dari cabe rawitnya. Biasanya disajikan dengan krupuk yang sudah diremuk atau krupuk kecil.






Kali ini aku tidak membuat tepo sendiri, tapi memakai lontong biasa yang kubeli di tukang sayur langganan hehehe. Semoga masih bisa dikatakan sebagai tepo tahu ya ^^

TEPO TAHU
(untuk 2 porsi)

Bahan :
2 buah tepo / lontong (boleh juga kalau adanya ketupat)
2 blok tahu, potong dadu
2 butir telur kocok lepas
1/2 sdt garam
100 gr kol, cincang halus
50 gr tauge, siram dengan air panas atau direbus sebentar 
2 batang seledri, cincang halus
3 sdm kacang tanah goreng
bawang merah goreng secukupnya
minyak goreng 

Bahan Kuah :
2 siung bawang putih, goreng
5 buah cabe rawit, goreng
2 sdm gula merah, sisir halus
2 sdm air asam jawa 
300 ml air mendidih
3-4 sdm kecap manis
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
- Rendam tahu dengan garam dan sedikit air, sebentar saja kemudian campurkan dengan kocokan telur. Panaskan minyak kemudian goreng hingga telur berserabut dan tahu matang. Angkat dan tiriskan.
Apabila ingin membuat tahu telur yang padat, maka gunakan minyak sedikit saja agar tahu telur hasilnya padat. Apabila ingin membuat tahu telur dengan telur berserabut dan tahu masih memisah, gunakan minyak yang banyak.
- Kuah : Haluskan bawang putih, cabe rawit dan gula merah. Pindahkan ke mangkok dan tambahkan air asam jawa serta air mendidih. Aduk hingga rata. Tambahkan kecap manis serta garam dan gula hingga rasanya pas.

Penyajian :
- Siapkan piring saji, tata tepo / lontong dan tahu telur di atasnya.
- Tambahkan kol, tauge, seledri, kacang tanah dan bawang goreng. 
- Tuang kuah dan siap disajikan dengan krupuk kecil atau krupuk yang sudah diremuk.

Notes :
- Bisa juga disajikan tanpa memakai telur
- Bisa memakai tauge panjang seperti yang dipakai untuk urap atau tauge kecil seperti yang dipakai untuk pelengkap rawon. Kalau aku suka pakai tauge panjang. Bisa juga ditambahkan irisan tomat.
- Ada yang tidak memakai air asam jawa dan sebagai gantinya memakai cuka. Silahkan disesuaikan dengan selera ya.
- Kalau kurang suka dengan kuah yang encer bisa ditambahkan sedikit kacang tanah yang dihaluskan. Jangan terlalu banyak ya, karena nanti bisa terlalu kental kuahnya.



Bagiku tepo tahu ini bisa jadi salah satu alternatif menu lontong tahu. Selama ini kalau bikin lontong tahu seringnya pakai bumbu kacang yang dicampur petis. Enak juga lho, tapi kalau pengen yang lebih seger, tepo tahu ini bisa dicoba ya.
Kakak Naira doyan juga lho, walaupun kepedesan hehehe. Biasanya kalau bikin bumbu kacang selalu bikin 2 versi yaitu pedas dan tidak pedas. Kalau tadi gak sempat bikin yang gak pedas ternyata Naira udah minta makan. Alhamdulillah...ludes. Kalau adek lebih suka gadoin tahu telurnya aja.

Selamat mencoba ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »