NASI BAKAR PRAKTIS



Kenapa dinamakan nasi bakar praktis? Karena nasi bakar ini memanfaatkan sisa nasi dan sisa lauk hehehe. Biasanya kalau ada sisa nasi, yang paling sering sih pastinya dibikin nasi goreng. Memang nasi goreng adalah menu yang praktis dan simpel, cocok buat sarapan. Sisa nasi bisa juga dibuat bitterbalen nasi yang disukai anak-anak. Nah...kali ini sisa nasinya dibuat nasi bakar aja ya. Jauh lebih simpel dibandingkan kita membuat nasi bakar yang biasanya harus menanak nasi terlebih dahulu hehehe. Yang ribet cuma bungkusinnya aja kok. Lebih gampang lagi kalau kita juga punya sisa lauk, tinggal campur aja deh sama nasinya. Kebetulan aku baru bikin (lagi) ayam suwir cabe hijau. Sekalian bikin banyak dan sisanya kubuat nasi bakar ini. Bisa juga pakai campuran ayam suwir bumbu rujak atau bahkan sambel goreng ati ampela

Sekilas nasi bakar praktis yang kubuat ini kurang menarik ya, karena tidak ada warna merahnya hehehe. Jodohnya pakai ayam suwir cabe hijau, jadinya memang sengaja gak dikasih warna merah. Kalau mau lebih cantik, bisa pakai ayam yang berbumbu merah, ditambahkan cabe merah yang diiris tipis. Fotonya juga seadanya, paling 10x jepret, karena keburu ke rumah Mama. Gak mikir deh mau dibuat style gimana, yang penting taruh di meja dengan props seadanya dan jepreet. Ternyata dari 10x jepret itu gak ada yang bagus hahahaha...nasib deh ya. Foto yang dimuat disini udah yang paling mendingan diantara yang gak bagus itu tadi hihihi. Eh ya karena nasinya tinggal dikit, jadi sengaja dibungkusin kecil-kecil, biar jadi banyak >_< 




NASI BAKAR PRAKTIS

Bahan :
2 piring nasi 
daun salam
serai, ambil bagian putihnya, potong memanjang
daun kemangi secukupnya
2 sdt minyak wijen
1 sdt kecap ikan
garam dan merica secukupnya
daun pisang dan batang lidi secukupnya

Bahan Campuran :

Cara Membuat :
- Campurkan nasi dengan minyak wijen, kecap ikan, garam dan merica serta bahan campuran (ayam suwir cabe hijau atau apapun sesuai selera). Aduk hingga rata dan test rasa.
- Ambil selembar daun pisang, letakkan selembar daun salam, batang serai dan daun kemangi. Beri 2-3 sdm campuran nasi dan gulung sambil dipadatkan. Sematkan lidi.
- Lakukan hingga habis.
- Kukus nasi selama kurang lebih 20 menit (kalau pakai nasi yang panas dan teksturnya masih lunak, tidak perlu dikukus lagi). Angkat.
- Bakar nasi hingga kecoklatan di setiap sisinya. 
- Siap disajikan.







Nyaaam....rasanya gak kalah enak dengan nasi bakar yang bikinnya ribet itu lho. Kunci nasi bakar praktis yang enak adalah....buat campuran lauknya seenak mungkin. Biarpun lauknya sederhana tapi kalau rasanya sedap, nasi bakarnya juga ikut sedap deh.  

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »