MONTHLY EVENT PI #32 TRANCAM



Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain. Selama ini salad seolah identik dengan makanan western. Yang populer tentu saja campuran sayur dan buah-buahan kemudian disiram dengan dressing. Dressingnya bisa berupa mayonaise, thousand island, mustard dan lain sebagainya. Padahal Indonesia memiliki berbagai macam jenis salad yang tidak kalah lezatnya apabila dibandingkan salad ala western.

Indonesian salad yang populer antara lain adalah gado-gado, urap, pecel, aneka rujak, asinan atau juga karedok. Masih banyak lagi beragam jenis salad Indonesia yang menarik untuk dinikmati. Untuk monthly event Pawon Ibu ini aku membuat 'trancam atau terancam'




Trancam adalah salah satu salad Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Sekilas trancam ini mirip dengan urap dan karedok. Mirip dengan urap karena sama-sama menggunakan campuran kelapa parut yang sudah diberi bumbu. Perbedaannya antara urap dan trancam adalah, sayuran yang dipakai pada urap direbus terlebih dahulu, sedangkan sayuran pada trancam mentah semuanya. Hal ini yang membuat trancam mirip dengan karedok, karena sama-sama menggunakan sayuran mentah. Bedanya karedok memakai bumbu kacang sebagai campurannya. 

Ada beberapa versi pembuatan trancam baik dari bumbu ataupun proses pembuatannya. Yang pasti sayur yang digunakan wajib sayur mentah ya, karena kalau direbus berarti bukan trancam namanya. Ada trancam yang menggunakan tempe bakar sebagai campurannya, ada yang memakai tempe kukus, bumbunya ada yang memakai terasi, ada pula yang mengukus atau menyangrai dulu bumbunya agar lebih tahan lama bahkan ada yang menambahkan air jeruk limau juga. 

Sayuran yang biasanya digunakan dalam pembuatan trancam antara lain adalah kacang panjang, tauge pendek, timun, daun kemangi dan petai cina. Ada juga yang menggunakan sawi putih dan kol yang diiris halus. Silahkan disesuaikan dengan selera ya. Bumbu kelapa parutnya juga cukup sederhana yaitu bawang putih, kencur, kemiri dan cabe. Ada yang menambahkan bawang merah juga sih, tapi kalau aku bikin ya yang seperti dibuat Mama, yaitu tidak memakai bawang merah dan juga tidak memakai campuran tempe bakar.
Trancam biasanya disajikan sebagai pelengkap ayam bakar atau ayam goreng seperti layaknya urap. Bisa juga disajikan sebagai menu pelengkap tumpeng dan yang pasti enak banget kalau digadoin lho. 







TRANCAM 

Bahan (sesuaikan dengan kebutuhan) :
5 helai kacang panjang, potong kecil-kecil
1 buah timun, buang bijinya dan potong dadu kecil
50 gr tauge pendek, bersihkan kulitnya
2 genggam daun kemangi, iris halus
petai cina (kali ini tidak pakai)
1/2 butir kelapa, parut memanjang

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
1 cabe merah besar
5 cabe rawit (sesuaikan selera pedas)
2 butir kemiri, sangrai
1 ruas kencur
2 helai daun jeruk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
- Campur bumbu halus dengan kelapa parut (bisa dikukus selama 10-15 menit agar tidak cepat basi).
- Campurkan bumbu kelapa dengan sayuran, aduk rata.
- Siap disajikan di piring saji dan segera hidangkan.

Trancam yang dibuat dari bahan-bahan mentah ini sebaiknya segera dimakan sesaat setelah diracik ya. Pemakaian timun bisa mengakibatkan trancam ini berair apabila tidak segera dinikmati. Rasanya enak lhoo. Sayuran segar yang renyah dipadukan dengan bumbu kelapa yang gurih pedas, mantaap deh. Eh ya trancam yang kubuat ini, bumbunya terlihat pucat karena memang hanya memakai 1 buah cabe merah besar. Kalau suka dengan warna bumbu kelapa yang lebih merah, bisa ditambahkan cabe merahnya. Tingkat pedas juga silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing.




Selamat mencoba...semoga cocok dengan selera keluarga ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Wednesday, 21 October 2015 at 03:46:00 GMT+7 delete

Makan trancam enak sekali dan sehat aroma daun kencurnya itu loh yang bikin ketagihan

Reply
avatar