KERING TEMPE RENYAH



Bismillah...
Hasil iseng fotoin kering tempe sisa lauk orderan nasi kuning nih ceritanya. Pas banget karena ada beberapa teman yang sempat inbox dan sms bertanya tentang cara membuat kering tempe yang renyah. Pas ada fotonya juga. Padahal sebenarnya juga sudah pernah posting tentang kering tempe hehehe. Gak apa ya kalau direpost lagi.

Kering tempe atau ada juga yang menyebutnya sambel goreng kering tempe adalah salah satu olahan tempe yang banyak digemari. Tempe dengan irisan kecil nan crispy sangat cocok apabila disajikan sebagai pelengkap nasi kuning atau nasi uduk. Dinikmati dengan nasi putih biasa juga tetap enak, bahkan aku suka banget ngemil kering tempe aja hehehe. Kering tempe ini bisa dibuat dengan cita rasa pedas atau tidak pedas. Silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada yang membuat kering tempe cukup dengan mengiris-iris bumbunya, ada pula yang menghaluskan bumbu-bumbunya terlebih dahulu. Kalau aku lebih suka yang menggunakan bumbu halus. Sebenarnya membuat kering tempe yang renyah tidak sulit kok, hanya memerlukan beberapa tips sederhana saja. Mengenai takaran bumbu silahkan disesuaikan dengan jumlah tempe yang digunakan ya.





KERING TEMPE RENYAH

Bahan :
2-3 papan tempe, iris tipis korek api (jangan ketipisan ya biar gak mudah hancur)
100 gr kacang tanah goreng (kali ini gak pakai)
4 cabe merah, buang bijinya dan iris tipis
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
5 sdm gula pasir (atau sesuaikan dengan selera)
1 sdt garam
100 ml air
minyak untuk menumis dan menggoreng

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah
3 cabe rawit (sesuaikan selera pedas)

Cara Membuat :
- Panaskan minyak yang cukup, goreng tempe hingga matang dan kering. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas dan daun salam.
- Tuang air, bumbui dengan garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera.
- Masak sambil sesekali diaduk hingga air menyusut dan bumbu mengental. Tambahkan 1-2 sdm minyak goreng. Aduk rata dan matikan api.
- Masukkan irisan tempe, kacang goreng dan irisan cabe, aduk hingga benar-benar rata.
- Angkat dan biarkan dingin baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Notes :
- Goreng irisan tempe dalam minyak yang banyak dan memakai api sedang. Jangan kebesaran ya apinya agar tempe tidak cepat gosong. Salah satu ciri tempe yang sudah kering yaitu tempe sudah mengapung.
- Sebelum tempe dimasukkan, pastikan rasa dari bumbu sudah pas. Jadi harus test rasa sebelum tempe dimasukkan ya. Penambahan garam atau gula saat tempe sudah dimasukkan, akan susah menyatu.
- Pastikan kering tempe sudah benar-benar dalam keadaan dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

In shaa Allah...hasilnya adalah kering tempe yang renyah. Enak lho digadoin gini aja, susah berhenti makannya hehehe.
Selamat mencoba ya ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

komentar
Friday, 14 March 2014 at 15:15:00 GMT+7 delete

Akuu dah cb ini mbaa...mantaabbbbbbb...akhirnya sukses jg bikin kering tempe renyah,rasanya jg pas bgt ma sleraku,thengkyu sharingnya ya mbaa...

Reply
avatar
Monday, 17 March 2014 at 23:30:00 GMT+7 delete

asyiiik....terima kasih reviewnya ya Ikka.

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 14 October 2014 at 20:44:00 GMT+7 delete

Makasi resepnya Bun..
Ini barusan dcoba, mantap...

Reply
avatar
Monday, 19 January 2015 at 16:22:00 GMT+7 delete

kalo pake teri,terinya di goreng dulu atau langsung dimasak kedalam bumbu Bunda Nina?

Reply
avatar
Monday, 19 January 2015 at 17:58:00 GMT+7 delete

Sudah saya recook,ternyata sedap Bund. Thanks resepnya.

Reply
avatar
Wednesday, 21 January 2015 at 23:29:00 GMT+7 delete

terinya digoreng dulu sampai kering ya mbak. Terima kasih sudah mencoba

Reply
avatar
Friday, 27 March 2015 at 09:58:00 GMT+7 delete

Bunda nina yang cantik....klo bumbunya di blender dengan menggunakan air bisa ngak...?

Reply
avatar
Monday, 30 March 2015 at 22:29:00 GMT+7 delete

bisa mbak Indah, ntar waktu numis pastikan airnya benar-benar habis baru masukin tempenya yaa

Reply
avatar
Saturday, 24 December 2016 at 16:42:00 GMT+7 delete

Mbk kalo tempenya dijemur dulu sebelum digoreng bisa tdk?

Reply
avatar