FETTUCCINE AGLIO E OLIO



Fettuccine adalah salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia. Pasta sendiri adalah makanan olahan yang banyak digunakan pada masakan Italia dan berasal dari campuran tepung terigu, telur, air dan garam. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus. Pasta mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Konon di Italia sendiri ada lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta pasta jenis baru (Wikipedia).
Di Indonesia, pasta yang populer adalah spaghetti, makaroni dan lasagna. Kita dapat dengan mudah mendapatkan menu-menu pasta populer tersebut di berbagai resto dan bahkan sekarang banyak pula olahan pasta homemade dengan berbagai variasinya. Di Indonesia, fettuccine memang kalah populer dibandingkan dengan spaghetti. Fettuccine berbentuk pipih seperti kwetiau namun lebih tebal. Rasanya menurutku sama saja dengan spaghetti. Karena bentuknya yang pipih dan tebal ini, untuk merebusnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan apabila kita merebus spaghetti.

Biasanya kita mengolah fettuccine atau spaghetti dengan tambahan saus bolognese. Kalau kita tidak mempunyai stok saus bolognese di rumah, mungkin bisa mencoba yang satu ini fettuccine aglio e olio atau bila memakai spaghetti tentunya menjadi spaghetti aglio e olio.






Aglio e olio dalam bahasa Italia berarti garlic and oil atau bawang putih dan minyak. Spaghetti / fettuccine aglio e olio merupakan salah satu menu tradisional Italia yang konon berasal dari daerah Abruzzo. Dibandingkan dengan olahan pasta yang memakai saus bolognese, menu yang satu ini rasanya lebih minimalis tentunya karena hanya memakai bawang putih dan olive oil. Biasanya ditambahkan pula cabai bubuk, parsley sebagai garnish dan taburan keju parmesan untuk memperkaya rasa. Dalam resep tradisional pasta aglio e olio, memang tidak memakai tambahan keju. Pasta aglio e olio bisa dipadukan dengan seafood, smoked beef ataupun ayam. Kali ini aku mencoba membuat olahan fettuccine aglio e olio dengan memakai smoked beef. Karena tidak mempunyai parsley, jadi aku pakai saja irisan seledri sebagai garnishnya (jurus ngawuur hihihi). Aku tambahkan juga kacang polong beku, irisan cabe merah dan parmesan cheese. Semula aku mengira rasanya akan sangat biasa saja, tapi ternyata rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan pasta yang memakai saus bolognese. Rasanya memang terasa lebih light karena bumbu-bumbu yang minimalis, tapi enaaak. Yang paling kusuka dari aglio e olio tentu saja karena pembuatannya yang cepat dan mudah hehehe. 

FETTUCCINE AGLIO E OLIO

Bahan :
200 gr pasta fettuccine (pakai spaghetti juga boleh)
1 liter air
2 sdm olive oil
3 siung bawang putih, memarkan
1 cebe merah, buang bijinya dan iris tipis
3 lembar smoked beef, potong memanjang
2 sdm kacang polong beku
1 sdt garam
1/4 sdt merica hitam
1/2 sdt gula pasir

Taburan :
parsley cincang (aku gak punya)
1 sdm keju parmesan parut

Cara Membuat :
- Rebus pasta hingga al dente (matang tapi belum terlalu lembek). Angkat dan tiriskan.
- Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan irisan cabe hingga harum. 
- Masukkan smoked beef dan kacang polong. Aduk rata. Bumbui dengan garam, merica hitam dan gula pasir. 
- Masukkan pasta fettuccine, aduk sebentar hingga rata. Test rasa hingga sesuai selera.
- Angkat dan hidangkan panas dengan taburan parsley dan keju parmesan parut.

Notes :
- Apabila memakai keju parut, hati-hati dalam penggunaan garam ya agar tidak terlalu asin ^^
- Bisa juga kalau tidak memakai merica, jadi hanya memakai bumbu garam dan gula




Silahkan divariasikan sesuai selera ya. Bisa jadi salah satu pilihan apabila bosan dengan olahan pasta yang biasanya kita buat. Kalau aku sih menu yang gampang dan cepat kaya gini, bakal sering dibuat deh kayanya hehehe. Alhamdulillah...fettuccine aglio e olio buatanku ini laris manis alias ludes dalam waktu singkat ^^


Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
Thursday, 20 March 2014 at 04:18:00 GMT+7 delete

Mba ninaaa...... ini menu yg plg sering sy buat. 2mgg yg lalu sempet sy foto tp blom di posting di blog. Foodstylist nya persis bgt ky gini, propnya juga, beneran loh hehee....... tp tetep fp msh jauh, bagus ini banget

Reply
avatar
Thursday, 20 March 2014 at 08:33:00 GMT+7 delete

Mbak Isnaaa....saya baru pertama kali ini bikin dan ternyata enaak ya. Selama ini kalau gak pakai bolognese, paling digoreng dengan tambahan macam2 kecap / saus.
Ini mah fotonya seadanya mbak, begitu mateng langsung jepret sekalian wajannya hahahah. Masih kalah bagus dibandingkan fp-nya mbak Isna. Aku sukaa banget deh liatnya ^^

Reply
avatar
Thursday, 20 March 2014 at 19:30:00 GMT+7 delete

Belum bisa moto yang beginian. Bening sekali... Mesti kursus fp di kediri kayaknya.

Reply
avatar
Friday, 21 March 2014 at 09:02:00 GMT+7 delete

Duuuh...foto mbak Rika yang keren-keren, aku suka mati gaya kalo foto heheh. Harusnya aku yaa yang belajar ke pontianak

Reply
avatar
Saturday, 12 April 2014 at 10:57:00 GMT+7 delete

Mba Nin, resepnya untuk brp porsi ya? Thanks - hera

Reply
avatar