TELUR DADAR ASAM MANIS



Bismillahirrohmanirrohim...
Sharing menu yang simpel lagi ya. Emang bisanya bikin yang simpel-simpel euy. Kali ini adalah postingan tentang telur dadar. Yuup...siapapun pasti bisa bikin telur dadar kan. Bahkan kakak Naira pun sudah pinter bikin telur dadar. Biasanya telur dadar ini jadi salah satu emergency menu di pagi hari, karena ya itu bikinnya secepat kilat dan biasanya anak-anak suka. Hal itu berlaku juga di rumahku hehehe. Tapi....biasanya telur dadarnya aku 'dandani' sedikit lah, jadi gak hanya menyantap telur dadar dan nasi putih aja. Tujuannya tentu saja biar gak bosen dan anak-anak lebih lahap makannya. Salah satunya adalah dengan membuat telur dadar asam manis. Biarpun hanya telur dadar, tapi ternyata rasanya bisa jadi lebih istimewa. Membuatnya juga cukup mudah, cocok buatku yang susah bangun pagi dan sering masak kilat buat sarapan uuppss...hihihihi. Beneran deh bikinnya cepat kok, gak sampai 30 menit, telur dadar asam manis ini sudah siap dinikmati.





TELUR DADAR ASAM MANIS

Bahan :
4 butir telur
3 butir bawang merah
3 sdm tepung terigu
30 ml air matang
2 buah sosis, iris tipis
50 gr fillet ayam, rebus dan potong dadu kecil
1 batang daun bawang, iris halus
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bahan Saus Asam Manis :
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal (boleh diskip)
1 sdm saus tiram
1/2 nanas, potong sesuai selera
2 sdm kacang polong
2-3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
300 ml air
1 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Telur dadar : Kocok lepas telur, masukkan bawang merah, sosis dan fillet ayam. Aduk hingga rata.
- Campur tepung terigu dan air, aduk hingga mengental kemudian masukkan ke dalam kocokan telur. Aduk hingga rata dan tidak menggumpal.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan daun bawang.
- Panaskan wajan anti lengket, beri minyak secukupnya (aku goreng memakai multi pan atau bisa juga cetakan kue lumpur). Tuang adonan telur, masak hingga api kecil hingga kecoklatan baru dibalik. Masak hingga matang. Angkat dan tiriskan.
- Saus Asam Manis : Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan saus tomat, saus sambal dan saus tiram. Aduk rata.
- Masukkan kacang polong dan nanas. Aduk rata.
- Tuang air kemudian bumbui dengan gula pasir, garam dan merica bubuk. Test rasa hingga pas.
- Tuang larutan terigu sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
- Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang, aduk rata. Angkat,
- Siapkan piring saji, tata telur dadar di atasnya dan siram dengan saus asam manis.
- Siap disajikan hangat.

Notes :
- Pelengkap telur dadar bisa juga menggunakan udang, jamur atau kornet. Bisa juga ditambahkan irisan cabe bila suka.
- Lebih enak saus asam manis ditambahkan wortel, tapi tadi pas gak punya wortel hehehe.

Pengen lebih cepat lagi mengolah telur dadar asam manis ini...siapkan bahan-bahannya semalam sebelumnya. Pagi harinya tinggal cemplang cemplung aja deh. Disajikan dengan nasi hangat...Alhamdulillah nikmat sekali. 
Kalau kurang suka menyantap saus asam manis di pagi hari, bisa juga disajikan dengan saus bolognese homemade. Telur dadar ini juga pastinya nikmat disajikan sebagai pelengkap nasi goreng atau mie goreng.







Telur dadar asam manis ini special entry untuk PR Dapur Asiyah bulan Februari yang bertema Menu Sarapan Sehat Favorit Keluarga. Semoga berkenan yaa..

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »