SUS ISI AYAM SOSIS



Bismillah...
Masih dalam usaha melawan baking blue yang betaaah banget nempel huhuhuhu. Baking blue tapi pengennya ngemil yang enak-enak dan gak mau beli. Siapa juga yang mau bikinin cemilan buatku hiiiks. Jadinya ya gini deh....niat bikin sus tapi maunya yang cepat selesai dan cepat dimaem. Caranya ya dengan menuang seluruh adonan beserta isiannya ke dalam pinggan. Gak pake ribet nyetakin satu persatu, gak pake lama mengisi fillingnya hihihihi. Jurus orang males ini yah. 

Karena lagi pengen cemilan yang gurih-gurih, jadi aku bikin sus dengan isian ayam dan sosis. Kebetulan kulkas juga lagi sepi, cuma ada telur 4 butir, ayam dan sosis aja. Melas banget deh pokoknya. Telur yang tinggal 4 butir itu bisa banget kalau diolah menjadi sus. Bikin tumisan isian juga asal cemplung aja deh, yang penting jadi. What a surpraise....ternyata sus isi ayam sosis yang seadanya ini ...enaaak banget. Laris manis pokoknya. Alhamdulillah..






SUS ISI AYAM SOSIS

Bahan Kulit Sus :
200 ml air
125 gr margarin
1 sdm gula pasir
100 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
4 butir telur ukuran sedang

Bahan Isian :
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
100 gr fillet dada ayam, potong dadu kecil
3 buah sosis ayam, iris tipis
50-100 ml air
1 sdm tepung terigu
garam, gula pasir, merica bubuk dan pala bubuk secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Kulit Sus : Didihkan air, gula pasir dan margarin. Masukkan campuran tepung terigu, aduk rata hingga kalis. Matikan api dan biarkan hangat.
- Setelah hangat, masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Sisihkan.
- Isian : Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan fillet ayam dan sosis. Aduk hingga berubah warna.
- Masukkan tepung terigu, aduk rata dan tuang air. Bumbui dengan garam, gula pasir, merica bubuk dan pala bubuk. Test rasa.
- Masak hingga mengental. Angkat dan sisihkan.
- Siapkan loyang / pinggan, oles tipis margarin.
- Masukkan adonan sus ke dalam piping bag dan semprotkan ke dasar pinggan. Beri isian dan ratakan.
- Semprotkan kembali adonan sus di atas isisan hingga menutupi seluruh permukaannya. 
- Panggang dalam oven 180'C hingga matang dan berwarna kecoklatan.
- Angkat dan sajikan hangat.

Notes :
Bisa menggunakan tepung protein tinggi atau protein sedang saja ya. Kalau aku lebih suka dimix, sehingga kulit sus tetap kokoh dan juga tidak terlalu crunchy. 




Daan...ternyata baking blue parah merembet juga ke acara foto-foto. Malesnya minta ampun. Tiap hari masak dan bikin cemilan sederhana, tapi kebanyakan lewat aja tanpa difoto. Dipaksain foto juga hasilnya berantakan, seperti pada foto sus ini hihihi. Semoga cepat berlalu ya baking blue-nyaaa ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »